EFEKTIVITAS MODEL EVALUASI PENDIDIKAN KARAKTER PADA RUMPUN PEMBELAJARAN EKONOMI
Ali Muhson, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Sukidjo Sukidjo, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Yeni Nur Prilanita, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Nenden Susilowati, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Abstract
Abstrak: Tujuan dari penelitian ini akan melakukan implementasi Model Evaluasi Pendidikan Karakter pada Rumpun Pembelajaran Ekonom. Penelitian menggunakan pendekatan Research & Development yang dikembangkan Borg and Gall. Subjek penelitian adalah mahasiswa di Fakultas Ekonomi yang sedang mengambil matakuliah rumpun ekonomi dengan jumlah responden sebanyak 186 mahasiswa yang terdiri empat prodi S1 yang ada di Fakultas Ekonomi. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji manova. Hasil dari penelitian ini ada dua. Pertama, asesmen karakter mahasiswa dalam pembelajaran ekonomi menyatakan bahwa pada awal semester (pengamatan awal) karakter mahasiswa cenderung rendah tetapi setelah pengimplementasian pendidikan karakter pada pertengahan semester (pengamatan akhir) karakter mahasiswa cenderung sedang ke tinggi. Kedua, Pembelajaran ekonomi yang menerapkan model evaluasi pendidikan karakter dapat dikatakan efektif dalam meningkatkan karakter mahasiswa. Terbukti dengan adanya rata- rata antara pretest dan posttest yang signifikan.
Abstract: This research aims to implement the Character Education Evaluation Model in the Economist Learning Cluster. The study used the Research & Development approach developed by Borg and Gall. The research subjects were students at the Faculty of Economics. They were taking economic classes with 186 students as respondents consisting of four undergraduate study programs in the Faculty of Economics. The data analysis technique used was the Manova test. The results of this study are twofold. First, the assessment of student character in economic learning states that at the beginning of the semester (initial observation), the character of the student tends to be low, but after the implementation of character education in the middle of the semester (final observation) the character of the student tends to be high. Second, economic learning that applies the character education evaluation model can be effective in improving student character. It is proven by the significant mean between pretest and posttest.
Keywords
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.21831/jep.v18i1.40322
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Citation & Indexing:
This site is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International