STRATEGI PENINGKATAN KOMPETENSI GURU DALAM PROSES BELAJAR MENGAJAR

Monica Febriana Suwandi, Satya Wacana Christian University, Indonesia
Carolina Lita Permatasari, Satya Wacana Christian University

Abstract


Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasikan nilai-nilai strategis, menganalisis lingkungan strategis yang mempengaruhi, dan merumuskan strategi yang dapat berfungsi secara efektif dan efisien dalam peningkatan kompetensi guru. Fokus penelitian ini mengenai strategi peningkatan kompetensi guru, sehingga menggunakan analisis SWOT sebagai instrumen utama dalam mengukur lingkungan untuk memperoleh strategi yang diperlukan dalam proses penyusunan perencanaan peningkatan kompetensi guru. Informan yang digunakan dalam pengumpulan data yaitu kepala sekolah, guru, siswa, pihak Dinas Pendidikan, yayasan, orang tua siswa, dan stakeholder terkait. Penentuan informan tersebut menggunakan teknik snowballing. Proses analisis yang dilakukan dengan identifikasi lingkungan internal dan eksternal untuk menilai kelemahan, kekuatan, peluang, dan ancaman dalam peningkatan kompetensi guru. Kemudian menganalisis strategi berdasarkan data-data yang ditemukan, baik mengenai kelemahan, kekuatan, peluang, maupun ancaman yang dimiliki ke dalam analisis SWOT, sehingga menghasilkan strategi SO, WO, ST, dan WT. Langkah selanjutnya yaitu mengidentifikasi isu-isu strategis berdasarkan hasil dari analisis SWOT dengan menggukanan tes litmus untuk menentukan alternatif-alternatif strategi, sehingga diperoleh penetapan strategi peningkatan kompetensi guru sebagai usaha intensifikasi pelaksanaan program pengembangan kompetensi guru.

 

Abstract: This study aims to identify strategic values, analyze the influencing strategic environment, and formulate strategies that can effectively and efficiently increase teacher competence. This research focuses on strategies for improving teacher competence. It uses SWOT analysis to measure the environment to obtain the system needed in planning teacher competency improvement. The informants used in data collection were school principals, teachers, students, the Education Department, foundations, parents of students, and related stakeholders. Determination of the informants using snowballing techniques. The analysis process is carried out by identifying the internal and external environment to assess weaknesses, strengths, opportunities, and threats in increasing teacher competence. Then analyze the strategy based on the data found, both regarding the flaws, strengths, opportunities, and threats that are owned into the SWOT analysis, to produce SO, WO, ST, and WT strategies. The next step is to identify strategic issues based on the SWOT analysis results by using a litmus test to determine strategic alternatives to obtain a method for improving teacher competence to intensify the implementation of teacher competency development programs.


Keywords


Manajemen Strategi; Identifikasi Lingkungan; Analisis SWOT; Tes Litmus

Full Text:

PDF

References


Bryson, M John. 2007. Perencanaan Strategis Bagi Organisasi Sosial. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

David, R Fred. 2009. Strategic Management, Manajemen Strategik Konsep. Jakarta : Salemba Empat.

http://www.ivet.ac.id/universitas-ikipsemarang.php

Masyur, Hadi. 2011. Strategi Manajemen Peningkatan Mutu Pendidikan Yang Berorientasi Pada Kepuasan Siswa : Analisis Pelayanan Pendidikan Pada Siswa Pendidikan Dasar dan Menengah di Kota Bandung. Repository Indonesia University of Education.

Moleong, Lexy J. 2007. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Mustofa. 2007. Upaya Pengembangan Profesionalisme Guru Di Indonesia. Jurnal Ekonomi dan Pendidikan. Volume 4 Nomor 1.

Nurhayati. Emmy. 2018. Strategi Peningkatan Produktivitas Untuk Mencapai Target Produktivitas dan Efisiensi Perusahaan. IEJST (Industrial Engineering Journal of The University of Sarjanawiyata Tamansiswa). Volume 2 Nomor 1.

PP No. 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan

Rangkuti, Freddy. 2005. Analisis SWOT: Teknik Membedah Suatu Kasus. Jakarta: Gramedia.

Rifma. (2016) Optimalisasi Pembinaan Kompetensi Pedagogik Guru Dilengkapi Model Pembinaan Kompetensi Pedagogik Guru. Jakarta: Kencana.

Saifulloh Moh, Muhibbin Zainul, Hermanto. 2012. Strategi Peningkatan Mutu Pendidikan di Sekolah. Jurnal Sosial Humaniora. Volume 5 Nomor 2.

Schein, Edgar H. 2004. Organizational Culture and Leadership. San Fransisco : Third Edition, Jossey-Bass Publishers

Siagian, P Sondang. 2005. Manajemen Stratejik. Jakarta: Bumi Aksara.

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods). Bandung : Alfabeta.

Surya, Mohammad, dkk. 2010. Landasan Pendidikan: Menjadi Guru Yang Baik. Bogor: Ghalia Indonesia

Suyanto, dan Asep Jihad.2013.Menjadi Guru Profesional, Strategi meningkatkan Kualifikasi dan Kualitas Guru di Era Global. Jakarta : Esensi Erlangga Group.

Tangkilisan, Hessel Nogi S. 2003. Manajemen Modern Untuk Sektor Public. Yogyakarta: Balairung & Co.




DOI: https://doi.org/10.21831/jep.v18i1.38688

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 Citation & Indexing:

 

 Creative Commons License

This site is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International