Pengaruh motivasi, budaya organisasi, lingkungan, dan kepuasan kerja terhadap kinerja guru SMA Kota Juang

Zainuddin Iba, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Kebangsaan Bireuen, Indonesia
Saifuddin Saifuddin, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Kebangsaan Bireuen, Indonesia
Marwan Marwan, Universitas Almuslim Bireuen, Indonesia
Win Konadi, Universitas Almuslim Bireuen, Indonesia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (a) pengaruh motivasi terhadap kinerja guru, (b) pengaruh budaya organisasi terhadap kinerja guru, (c) pengaruh lingkungan kerja terhadap kinerja guru, dan pengaruh kepuasan kerja terhadap kinerja guru. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan survei yang dilakukan terhadap 63 guru. Data dikumpulkan melalui kuesioner. Metode analisis data ialah statistik dengan pendekatan analisis jalur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) terdapat pengaruh faktor motivasi kerja guru terhadap kinerja guru, yakni sebesar 14,54 %. (2) Terdapat pengaruh faktor budaya organisasi, yakni budaya sekolah terhadap kinerja guru, sebesar 24,68 persen. (3) Terdapat pengaruh faktor lingkungan kerja terhadap kinerja guru. (4) Terdapat pengaruh faktor kepuasan kerja terhadap kinerja, yakni sebesar 13,88 persen. Hasil analisis dari nilai koefisien determinasi menjelaskan bahwa kontribusi faktor motivasi guru, budaya organisasi dan lingkungan kerja, dan kepuasan kerja terhadap kinerja guru, sebesar 70,4 %, sementara sisanya (nilai residu) dari peran variabel yang tidak diteliti sebesar 29,6%. Nilai residu tersebut menunjukkan bahwa terdapat faktor-faktor lain yang dapat mempengaruhi variabel kinerja guru, seperti iklim organisasi, fasilitas kerja, pendidikan dan pelatihan.

Abstract

This study aims to determine (a) the influence of motivation on teacher performance, (b) the influence of organizational culture on teacher performance, (c) the effect of work environment on teacher performance, and the effect of job satisfaction on teacher performance. This research is quantitative research with a survey conducted on 63 teachers. Data were collected through a questionnaire. The method of data analysis used is statistics with a path analysis approach. The results showed that (1) there is an influence of teacher work motivation factors on teacher performance, which is equal to 14.54%. (2) There is an influence of organizational culture factors, namely school culture on teacher performance, amounting to 24.68 percent. (3) There is an influence of work environment factors on teacher performance. (4) There is an influence of job satisfaction factors on performance, which is equal to 13.88 percent. The results of the analysis of the coefficient of determination explain that the contribution of teacher motivation factors, organizational culture and work environment, and job satisfaction to teacher performance is 70.4%, while the rest (residual value) from the role of the variables not studied was 29.6%. The residual value indicates that there are other factors that can influence teacher performance variables, such as organizational climate, work facilities, education, and training.


Keywords


budaya organisasi; lingkungan kerja; kepuasan kerja; kinerja guru; motivasi kerja; job satisfaction; motivation; organizational culture; teacher performance; work environment

Full Text:

PDF

References


Arianto, D. A. N. (2013). Pengaruh kedisiplinan, lingkungan kerja dan budaya kerja terhadap kinerja tenaga pengajar. Jurnal Economia, 9(2), 191-200. Retrieved from https://journal.uny.ac.id/index.php/economia/article/view/1809

Cokroaminoto, C. (2007). Membangun kinerja melalui motivasi kerja karyawan. PT Gramedia Pustaka Utama.

Gibson, J. L., Ivancevich, J. M., & Donelly, J. H. (1996). Organisasi dan manajemen: Perilaku, struktur, proses (D. Wachid, trans.) (4th ed.). Erlangga.

Greenberg, J., & Baron R. A. (2003). Behavior in organizations: Understanding and managing the human side of work (8th ed.). Prentice-Hall.

Hasibuan, M. S. P. (2005). Organisasi dan motivasi. Bumi Aksara.

Hasibuan, M. S. P. (2012). Manajemen sumber daya manusia. Bumi Aksara.

Hasibuan, M. S. P. (2014). Manajemen sumber daya manusia (revised ed.). Bumi Aksara.

Imroatun, S., & Sukirman, S. (2016). Pengaruh lingkungan kerja, kompensasi kerja, dan motivasi kerja terhadap kinerja guru Ekonomi/Akuntansi di SMA Negeri Se-Kabupaten Wonosobo. Economic Education Analysis Journal, 5(1), 181-194. Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/eeaj/article/view/9995

Indraswari, M. (2011). Pengaruh budaya organisasi dan motivasi terhadap kepuasan kerja dalam mempengaruhi kinerja karyawan kantor unit PT Telkom Regional IV Semarang. Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro, Semarang.

Julianti, L. M. (2010). Pengaruh budaya kerja terhadap kinerja karyawan pada Pabrik Kelapa Sawit (PKS) Rambutan PTPN III (Persero). Undergraduate thesis, Universitas Sumatera Utara, Medan.

Laschinger, H. K. S., Finegan J. E., Shamian J., & Wilk, P. (2004). A longitudinal analysis of the impact of workplace empowerment on work satisfaction. Journal of Organizational Behavior, 25(4), 527-545. https://doi.org/10.1002/job.256

Mangkunegara, A. A. A. P. (2015). Manajemen sumber daya manusia. PT Remaja Rosdakarya.

Nitisemito, A. S. (2006). Manajemen personalia (revised ed.). Ghalia Indonesia.

Pedhazur, E. J. (1982). Multiple regression in behavioral research. Holt Rinehart and Winston.

Robbins, S. P. (2002). Prinsip-prinsip perilaku organisasi (5th ed.) (H. Halida & D. Sartika, trans.). Erlangga.

Sari, F. M. (2013). Pengaruh kompetensi dan lingkungan kerja terhadap kepuasan kerja dan kinerja guru di SD negeri Kecamatan Gondang Mojokerto. DiE: Jurnal Ilmu Ekonomi & Manajemen, 9(2), 137–153. Retrieved from http://jurnal.untag-sby.ac.id/index.php/die/article/view/213

Syafrina, N., & Manik, S. (2018). Pengaruh lingkungan kerja terhadap kinerja karyawan pada PT. Bank Syariah Mandiri. Al-Masraf: Jurnal Lembaga Keuangan dan Perbankan, 3(2), 181-191. Retrieved from https://journal.febi.uinib.ac.id/index.php/almasraf/article/view/200

Tetuko, B. (2012). Pengaruh motivasi kerja, budaya organisasi, kepemimpinan kepala sekolah terhadap kepuasan kerja dan kinerja guru SMA swasta di Kabupaten Grobogan. Educational Management, 1(2), 129-134. Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/eduman/article/view/818




DOI: https://doi.org/10.21831/jamp.v9i1.36970

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2021 Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Our journal indexed by:



ISSN 2461-0550 (online) || ISSN 2337-7895 (print)

 

RJI Main logo

Creative Commons LicenseJurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan by http://journal.uny.ac.id/index.php/jamp is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
View My Stats