Hubungan akreditasi sekolah dan supervisi oleh kepala sekolah dengan kualitas sekolah
Umbu Tagela, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Kristen Satya Wacana, Indonesia
Yustinus Windrawanto, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Kristen Satya Wacana, Indonesia
Abstract
Permasalahan kualitas sekolah berkaitan dengan beberapa hal, antara lain adalah supervisi oleh kepala sekolah dan hasil akreditasi sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk megetahui hubungan antara akreditasi sekolah dan supervisi oleh kepala sekolah dengan kualitas sekolah. Dalam penelitian ini, populasinya adalah semua kepala sekolah SMP Swasta sekota Salatiga sebanyak 16 orang, sekaligus sebagai total sampel. Pengumpulan data penelitian melalui angket. Teknik analisis yang digunakan adalah korelasi ganda dan regresi ganda, dengan SPSS. Hasil uji korelasi membuktikan hipotesis yaitu supervisi kepala sekolah dan akreditasi sekolah memiliki hubungan positif dan signifikan dengan kualitas sekolah yang ditunjukkan oleh hasil uji korelasi yaitu nilai r.hitung (0,604) > nilai r.tabel (0,338) pada taraf signifikansi 5%.
Abstract
School quality is related to several aspects, i.e principal supervision, and school accreditation status. This study aims to determine the relationship between school accreditation and supervision by the principal and school quality. In this research, the population is sixteen principal Junior High School in Salatiga City, as well as the total sample. Research data collection through questionnaires. The analysis technique used is multiple correlation and multiple regression, with SPSS. The results of the correlation test prove the hypothesis that the supervision of the principal and school accreditation has a positive and significant relationship with school quality as indicated by the results of the study. correlation test is the value of r. Calculate (0.604)> r table value (0.338) at the 5% significance level.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Astuti, R., & Dacholfany, M. I. (2016). Pengaruh supervisi pengawas sekolah dan kepemimpinan kepala sekolah terhadap kinerja guru SMP di Kota Metro Lampung. Jurnal Lentera Pendidikan Pusat Penelitian, 1(2), 204-217. Retrieved from http://ojs.ummetro.ac.id/index.php/lentera/article/view/295
Azizah, A., & Sobri, A. Y. (2016). Strategi kepala sekolah dalam meningkatkan mutu pendidikan. Jurnal Ilmu Pendidikan, 20(2), 208-214. Retrieved from http://ap.fip.um.ac.id/wp-content/uploads/2016/11/12.-arachmil-september-2016.pdf
Giri, I. M. A. (2016). Supervisi pendidikan dalam peningkatan mutu pendidikan di sekolah. Jurnal Penjaminan Mutu, 2(1), 44-53. doi: http://ejournal.ihdn.ac.id/index.php/JPM/article/download/60/69
Hanief, M. (2016). Menggagas teknik supervisi klinik sebagai upaya peningkatan mutu pembelajaran. Vicratina: Jurnal Pendidikan Islam, 1(2). Retrieved from http://riset.unisma.ac.id/index.php/fai/article/view/162/168
Hasanah, M. L., & Kristiawan, M. (2019). Supervisi Akademik dan Bagaimana Kinerja Guru. Tadbir: Jurnal Studi Manajemen Pendidikan, 3(2), 97-112. Retrieved from http://journal.iaincurup.ac.id/index.php/JSMPI/article/view/1159
Herabudin, H. (2009). Administrasi & supervisi pendidikan. Bandung: Pustaka Setia.
Jihad, A., Murniati, A. R., & Yusrizal, Y. (2019). Hubungan motivasi kerja dan supervisi kepala sekolah dengan kinerja guru SMP Negeri di Kecamatan Babahrot Aceh Barat Daya. Jurnal Administrasi Pendidikan: Program Pascasarjana Unsyiah, 7(1), 7-12. Retrieved from http://www.jurnal.unsyiah.ac.id/JAP/article/view/13176/10065
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. (2007). Peraturan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 003/H/AK/2017 tentang Kriteria dan Perangkat Akreditasi SMP/MTs.
Makawimbang, J. H. (2011). Supervisi dan peningkatan mutu pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Nurgiyantoro, B., & Gunawan, M. (2004). Statistik terapan untuk penelitian ilmu-ilmu sosial. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.
Presiden Republik Indonesia. (2005). Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan.
Sahertian, P. A. (2000). Konsep dasar dan tehnik supervisi pendidikan: Dalam rangka pengembangan sumber daya manusia. Jakarta: Rineka Cipta.
Setiyaningsih, C. D. (2017). Status akreditasi dan kualitas sekolah di sekolah dasar negeri. JMSP (Jurnal Manajemen dan Supervisi Pendidikan), 1(2), 138-145. Retrieved from http://journal2.um.ac.id/index.php/jmsp/article/download/1868/1099
Sudarjat, J., Abdullah, T., & Sunaryo, W. (2015). Supervision, leadership, and working motivation to teachers’ performance. International Journal of Managerial Studies and Research (IJMSR), 3(6), 146-152. Retrieved from https://lppm.unpak.ac.id/Intl_journal_unpak/2015%20Jaja%20Sudarjat%20&%20Thamrin%20Abdullah%20&%20Widodo%20Sunaryo.pdf
Sukardjo, M. & Komarudin, U. (2009). Landasan pendidikan: Konsep dan aplikasinya. Jakarta: Rajawali Pers.
DOI: https://doi.org/10.21831/jamp.v8i2.33905
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2020 Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Our journal indexed by:
ISSN 2461-0550 (online) || ISSN 2337-7895 (print)
Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan by http://journal.uny.ac.id/index.php/jamp is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. |