Analisis kelayakan buku bahasa Jawa Sayaga Basa Jawa kelas XI SMA/MA berdasarkan BSNP

Ranitvanheni Nur Ahin, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Suwarna Suwarna, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia

Abstract


Buku teks merupakan buku penunjang pelaksanaan pembelajaran. Penelitian ini memiliki tujuan untuk menjabarkan kelayakan isi, penyajian, bahasa, dan kegrafikan buku Sayaga Basa Jawa kelas XI SMA/MA yang berdasarkan indikator kelayakan buku dari Badan Standar Nasional Pendidikan atau BSNP. Penelitian ini bersifat deskriptif-kualitatif. Sumber data yang digunakan berupa buku Sayaga Basa Jawa kelas XI SMA/MA terbitan Erlangga. Analisis data penelitian ini menggunakan metode dari Miles, Huberman, dan Saldana yakni berupa data collection, kondensasi data, display data, saha verifikasi. Dengan menggunakan keajegan, ketelitian, dan ketekunan pengamatan sebaga cara validasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa buku Sayaga Basa Jawa kelas XI SMA/MA memiliki aspek kelayakan isi sebesar 84% yang dikelompokkan dalam kategori layak, aspek kelayakan penyajian sebesar 85% yang dikelompokkan dalam kategori layak, aspek kelayakan bahasa sebesar 88% yang dikelompokkan dalam kategori layak, dan aspek kelayakan kegrafikan sebesar 96% yang dikelompokkan dalam kategori layak sangat. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, buku Sayaga Basa Jawa kelas XI SMA/MA termasuk dalam kategori layak untuk sumber pembelajaran.


Keywords


Analisis Kelayakan, Bahasa Jawa, Penelitian, Kualitatif

Full Text:

PDF PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/ikadbudi.v13i1.71272

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Cited By

   

 

Ikadbudi