Kajian sosial budaya moda transportasi tradisional sampan Leper Indragiri Hilir

Deni Afriadi, Universitas Lancang Kuning, Indonesia
Jefrizal Jefrizal, Universitas Lancang Kuning, Indonesia
Iik Idayanti, Universitas Lancang Kuning, Indonesia

Abstract


Penelitian ini fokus pada kajian sosial budaya tentang keberadaan Sampan Leper di Desa Pekan Arba Kecamatan Batang Tuaka, Kabupaten Indragiri Hilir, Provinsi Riau. Moda transportasi tradisional ini sudah ada sejak puluhan tahun yang lalu dan masih menjadi moda transportasi di tengah perkembangan dan banyaknya pilihan moda transportasi modern. Kajian ini menelaah  keberadaan, peran serta fungsi Sampan Leper di tengah masyarakat Indragiri Hilir. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan teknik pengumpulan data analisis, wawancara dan dokumentasi. Adapun hasil dari penelitian ini menjabarkan tentang kondisi Sampan Leper, karakteristik masyarakat pengguna, fungsi sosial budaya, peran pelaku dan instansi terkait, pewarisan dan nilai sosial budaya. Sampan leper telah menjadi bagian integral dari kehidupan sehari-hari masyarakat di kawasan ini, terutama sebelum adanya pembangunan jembatan yang menghubungkan berbagai kampung. Pembangunan infrastruktur memang memberikan banyak manfaat, namun ada kekhawatiran bahwa tradisi dan kearifan lokal, seperti penggunaan sampan leper, dapat terancam punah jika tidak ada upaya yang dilakukan untuk melestarikannya.


Keywords


Sampan Leper, Sosial Budaya, Indragiri Hilir

Full Text:

PDF

References


Aminurrashid, Harun. (2011). Panglima Awang. Malaysia: Dewan Bahasa dan Pustaka (DBP).

Daroeso, Bambang. (1986). Dasar dan Konsep Pendidikan Moral Pancasila. Surabaya: Aneka Ilmu.

Edi Susrianto Indra Putra. (2019). Studi Etnografi Orang Banjar Di Kabupaten Indragiri Hilir Propinsi Riau. Jurnal Selodang Mayang. 5 (3): 179-186.

Hamidy, UU. (2015). Jagad Melayu dalam Lintasan Budaya di Riau. Pekanbaru: Bilik Kreatif Proses.

Jamil, Taufik Ikram dkk. (2018). Pendidikan Budaya Melayu Riau; Buku Sumber Pegangan Guru. Pekanbaru: Lembaga Adat Melayu Riau.

KBBI. 2022. Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI). [Online]. Available At : https://kbbi.web.id.nilai [Diakses 24 Maret 2022].

Muthalib, A. (2008). Tuan Guru Sapat, Kiprah dan Peranannya dalam Pendidikan Islam di Indragiri Hilir Riau pada Abad ke-XX. Yokyakarta: Eja Publisher.

Yaapar, Md. Salleh. (2019). Malay Navigation and Maritime Trade: A Journey Through Anthropology and History. IIUM Journal of Religion and Civilisational Studies (IJeCs) 2:1.




DOI: https://doi.org/10.21831/ikadbudi.v13i1.69297

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Cited By

   

 

Ikadbudi