Pembelajaran Sastra Melalui Musikalisasi puisi Jawa untuk Meningkatkan Motivasi Minat Belajar

Galang Prastowo, Yogyakarta State University, Indonesia

Abstract


Artikel ini bertujuan untuk mendeskripsikan mengenai pembelajaran sastra melalui musikalisasi puisi Jawa untuk meningkatkan motivasi atau minat belajar peserta didik. Musikalisasi puisi Jawa digunakan sebagai strategi pembelajaran sastra yang dapat menyenangkan siswa dan mengandung unsur hiburan, sehingga pembelajaran tidak membosankan dan memiliki kreativitas agar siswa dan guru dapat melakukan kegiatan pembelajaran dengan penuh semangat dan antusias yang tinggi. Melalui bantuan multimedia berupa musikalisasi dalam sebuah pembelajaran, pendidik juga dapat menyajikan teks, gambar, suara, dan video dengan tampilan yang lebih konkrit, dan lebih menarik bagi peserta didik. Dengan demikian, materi pembelajaran yang disajikan dapat lebih menggugah minat dan memotivasi peserta didik untuk belajar, selain itu juga dapat mengakomodasi semua kegiatan pembelajaran bahasa dan sastra secara interaktif melalui keterampilan mendengarkan, membaca, menulis dan berbicara.

 


Keywords


Pembelajaran sastra, musikalisasi puisi Jawa, motivasi/minat belajar

Full Text:

PDF

References


Anggraeni, Sri Wulan. 2016. Penggunaan Media Lagu Anak dalam Meningkatkan Hasil Pembelajaran Menulis Puisi. Jurnal Sekolah Dasar. Vol. 1, No. 1, Hal. 49-60.

Ansari, Khairil. 2018. Penilaian Pembelajaran Sastra Indonesia Berketerampilan Pikir Taraf Tinggi (HOTS). Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia I Unimed 2018.

Atmazaki. 2013. Penilaian Alternatif dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia. Padang: UNP Press.

Depdiknas. 2001. Kurikulum Berbasis Kompetensi. Jakarta: Depdiknas.

Hartono. 2005. Pembelajaran Sastra Berbasis Kompetensi di Sekolah Menengah. Jurnal Cakrawala Pendidikan, Th. XXIV, No. 3, November 2005.

Lazar, Gillian. 2002. Literature and Language Teaching, Answer Guide Teachers and

Trainers. United Kingdom: Cambridge University Press.

Nurgiantoro, Burhan. 2017. Penilaian Pembelajaran Bahasa Berbasis Kompetensi. Yogyakarta: Gadjahmada Perss.

Nurizzati. 2017. Pengembangan Perangkat Asesmen Autentik Kemampuan Bersastra Aspek Membaca dan Menulis Siswa SMP Negeri Kota Padang. Disertasi. Universitas Negeri Padang.

Sumayana, Yena. 2017. Pembelajaran Sastra di Sekolah Dasar Berbasis Kearifan Lokal (Cerita Rakrat). Bandung: Mimbar Sekolah Dasar. Vol.4, No. 1, Hal. 21-28.

Syarifudin, Muhammad, dan Nursalim. 2019. Strategi Pengajaran Sastra. Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Vol. 5 No. 2, November 2019.

Teeuw, A. 1988. Sastra dan Ilmu Sastra/Pengantar Ilmu Sastra. Jakarta: Pustaka Jaya.

Tripungkasingtyas. 2015. Pembelajaran Sastra di Sekolah Dasar Melalui Karya Sastra Cerita Rakyat sebagai Salah Satu Bentuk Pengenalan Budaya Nusantara. Konferensi Nasional Bahasa dan Sastra III Pascasarjana Pendidikan Bahasa Indonesia Universitas Sebelas Maret. Hal: 518-521.

Wellek, Rene dan Warren, Austin. 1989. Teori Kesusastraan. (Penerjemah Melanie Budianta). Jakarta: Gramedia.

Widawati, Rika. 2014. Syair Lagu dalam Pengajaran Sastra. Jurnal Edutech, Vol.1, No. 2, Juni 2014.




DOI: https://doi.org/10.21831/ikadbudi.v10i2.61623

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


ISSN : 2089-7537

E-ISSN: 2685-8282

Cited By