PENINGKATAN KETERAMPILAN BERBICARA MENGGUNAKAN MODEL COOPERATIVE LEARNING PADA MATA KULIAH SESORAH
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penerapan model cooperative learning memberikan pengaruh yang signifikan terhadap pengingkatan hasil belajar mahasiswa terkait keterampilan berbicara pada mata kuliah Sesorah. Metode penelitian yang digunakan merupakan metode quasi experiment. Penelitian ini dilaksanakan di pada mata kuliah Sesorah di Prodi Pendidikan Bahasa Jawa, Universitas Negeri Yogyakarta. Dalam penelitian terdapat dua kelompok sampel yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol, yang mana kedua kelompok sampel ini berjumlah sebanyak 25 peserta didik tiap masing-masing kelompoknya. Untuk kelompok eksperimen di laksanakan pembelajaran menggunakan model cooperative learning sedangkan untuk kelas kontrol menggunakan model pembelajaran konvensional. Berdasarkan perhitungan analisis uji-t yang telah dilakukan untuk menguji hipotesis diperoleh nilai thitung sebesar 6.397 dan ttabel sebesar 2.060, sehingga didapatkanlah pernyataan thitung > ttabel. Dengan begitu dapat disimpulkan bahwa model cooperative learning memberikan pengaruh yang signifikan terhadap peningkatan hasil belajar yang berkaitan dengan keterampilan berbicara mahasiswa pada mata kuliah Sesorah.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Adhia, H. (2017). Studi Penggunaan Handout dalam Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Artikulasi terhadap Pembelajaran Matematika Siswa Kelas X Jurusan Administrasi Perkantoran (AP) SMKN 1 Kota Solok. LEMMA, III(2), 9–15.
Azhari, I., Sahputra, R., & Hadi, L. (2018). Pengaruh Model Kooperatif Tipe Artikulasi terhadap Keterampilan Komunikasi Siswa pada Materi Sifat-sifat Koloid. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 7(7), 10–17. https://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/26663.
Delvia, R., Rifma, Taufina, Rahmi, U., & Zuleni, E. (2019). Peningkatan Keterampilan Berbicara Siswa dengan Bercerita di Sekolah Dasar, 3(4), 1022–1030.
Maharani, F.I, & Taufina. (2020). Pengaruh Model Kooperatif Tipe Jigsaw Terhadap Hasil Belajar Pada Pembelajaran IPS Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(3), 586–592. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i3.402.
Hasnan, S. M., Rusdinal, R., & Fitria, Y. (2020). Pengaruh Penggunaan Model Discovery Learning Dan Motivasi Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(2), 239–249. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i2.318
Huda, M. (2017). Model-model pengajaran dan pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Belajar
Khairoes, D., & Taufina, T. (2019). Penerapan Storytelling Untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara Di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 3(4), 1038–1046. https://doi.org/10.31004/basicedu.v3i4.220
Kuwati, M., Saptuti, T., Suyanto, I. (2012). Model Pembelajaran TGT dalam Peningkatan Pembelajaran PKN Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Kalam Cendekia PGSD Kebumen, 1(2). https://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/pgsdkebumen/article/download/258/148.
Prasetyo, B. & Jannah, L.M. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif. Jakarta: Rajawali Press
Putri, E. N. D., & Taufina, T. (2020). Pengaruh Model Kooperatif Tipe Make A Match Terhadap Hasil Belajar Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(3), 617–623. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i3.405
Rosa, F. O. (2015). Analisis Kemampuan Siswa Kelas X pada Ranah Kognitif, Afektif dan Psikomotorik. Omega: Jurnal Fisika Dan Pendidikan Fisika, 1(2), 24–28.
Rukeishi & Cahyana. 2015. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: PT Grafindo Persada.
Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, RnD. Bandung: Alfabeta
Sukma, E., & Sihes, A. J. (2016). Kompetensi Kognitif Pembelajaran Apresiasi Sastra di Sekolah Dasar. Gramatika, 2(1), 1–11. https://doi.org/10.22202/jg.2016.v2i1.1395.
Sundayana, R. (2014). Statistika Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Supardi. (2013). Aplikasi Statistika Dalam Penelitian. Jakarta: Change Publication.
Suparman, T., Prawiyogi, A. G., & Susanti, R. E. (2020). Pengaruh Media Gambar Terhadap Hasil Belajar Ipa Pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(2), 250–256. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i2.332.
DOI: https://doi.org/10.21831/ikadbudi.v11i1.61357
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Cited By
Ikadbudi