STRATEGI PEMBELAJARAN BAHASA JAWA DI SMP MUHAMMADIYAH BOARDING SCHOOL YOGYAKARTA

Suwarna Suwarna, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Panca Aditya Subekti, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia

Abstract


ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan strategi pembelajaran bahasa Jawa dan faktor yang melatarbelakangi penggunaan berbagai macam strategi tersebut sehingga menjadikan pembelajaran bahasa Jawa di SMP Muhammdiyah Boarding School(MBS)Yogayakarta berbeda dari sekolah umum lainnya. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Sumber data penelitian adalah siswa dan guru bahasa Jawa dengan objek penelitian strategi pembelajaran bahasa Jawa di sekolah tersebut. Teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara, dokumentasi dan angket. Keabsahan data dengan cara uji kredibilitas, transferabilitas, dan reabilitas. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan pengambilan kesimpulan. Strategi yang digunakan dalam kegiatan pembelajaran berdasarkanposisi bahasa Jawa sebagai bahasa kedua dan bahasa asing di MBS, ada   strategi memori, kognitif, kompensasi, meta-kognitif,  afektif, dan sosial. Faktor pemilihan strategi tersebut antara lain: tujuan pembelajaran, siswa, kurikulum, sarana prasarana, materi dan waktu, akses informasi dan komunikasi

Kata kunci: Strategi Pembelajaran, Bahasa ke Dua dan Asing, Basa Jawa, Boarding School

 

ABSTRACT

This study aims to determine the strategy used in the Javanese language learning in SMP Muhammadiyah Yogyakarta Boarding School (MBS) and factors behind the selection of strategies. This study is a qualitative research. Data sources were students and teachers with the Javanese language object Javanese language learning strategy research at the school. The technique of collecting data was through observation, interviews, documentation and questionnaire. Validity of test data was by credibility, transferability and reliability. Data were analyzed using data reduction, data presentation and conclusions. The strategy used in the learning activities based on the position of the Javanese language as a second language and foreign languages in MBS, there are memory strategies, cognitive, compensation, meta-cognitive, affective, and social.The strategy selection factors islearning objectives, students, curriculum, facilities, materials and time, access to information and communication.

Keyword: Learning Strategy, Second and Foreign Languages, Javanese language, Boarding School


Full Text:

PDF

References


Badruzzaman, Muhammad. (2015). Kurikulum dan Implementasi Pembelajaran Bahasa Arab di Pesantren (Studi Kasus di Pondok Pesantren Nurul Ummah Kota Gede dan Muhammadiyah Boarding School Yogyakarta, Prambanan, Sleman, Yogyakarta). Tesis magister, tidak diterbitkan, Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga, Yogyakarta

Dick, W & Carey, L.(1990).The Systematic Design of Instruction.Third Edition, Harper Collins Publishers.

Frelbreg, H.J & Driscoll,A. (1992). Universal Teachimg Strategies.Boston:Allyn & Bacon

Gubernur. (2011).Peraturan Daerah Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta No 5, Tahun 2011, tentang Pengelolaan dan Penyelenggaraan Pendidikan Berbasis Budaya

Gulo, W. (2002). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Grasindo

Gubernur. (2013).Peraturan Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta No 64, Tahun 2013, tentang Mata Pelajaran Bahasa Jawa Sebagai Muatan Lokal Wajib

Nur, M. (2004). Strategi-strategi Belajar.Surabaya: Unipress

O‟Malley, J. M., & A. Chamot. (1990). Learning Strategies in Second Language Acquisition.Cambridge: Cambridge University Press.

Oxford, R. L. (1990). Language Learning Strategies: What Every Teacher Should Know.New York: Newbury House Publishers.

Permana, P.C & Nurhayati, E. (2014). Ragam Bahasa Serat Kalatidha Serta Relevansinya dalam Pembelajaran Bahasa Jawa Siswa SMP Negeri 7 Yogyakarta. Program Studi Linguistik Terapan Program Pascasarjana Universitas Negeri Yogyakarta., Volume 1, Nomor 1, Mei 2014.

ISSN:2406-9213, hal 39-53

Pringgawidagda, S. (2002). Strategi Penguasaan Berbahasa. Yogyakarta: Adicita Karya Nusa

Sanjaya, W. (2009). Pembelajaran dalam Implementasi Kurikulum Berbasis Kompetensi. Jakarta: Kencana Prenada Group.




DOI: https://doi.org/10.21831/ikadbudi.v6i1.18201

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Cited By

   

 

Ikadbudi