ANALISIS STRUKTUR NARATIF MULABUKANING DAKWAH RASUL DALAM WAYANG KEKAYON KHALIFAH LAKON I

Lutfianto Lutfianto, SMAN 1 Pajangan Bantul Yogyakarta, Indonesia

Abstract


Abstrak

Perjalanan dakwah rasul tidak hanya ada dalam sirah Nabawiyah, perjalanan dakwah rasul juga terdapat dalam cerita wayang.Wayang tersebut adalah Wayang Kekayon Khalifah. Dalam tulisan ini penulis akan menghadirkan teks lakon 1 Mulabukaning Dakwah Rasul. Selain itu penulis juga akan menganalisis teks tersebut dengan analisis naratif. Hal ini bertujuan untuk membantu pemahaman pembaca tentang Lakon Mulabukaning Dakwah Rasul.Hasil penelitian menunjukkan bahwa lakon Mulabukaning Dakwah Rasul terdiri dari tiga babak.Dari ketiga babak tersebut pembaca dapat mengambil hikmahnya.Pertama, Pembaca mengidentifikasikan gambaran tentang keberadaan dan ketiadaan Khalifah dan Khilafah.Kedua,Pembaca dapat mengambil nilai-nilai dari peristiwa ini sebagai suatu petunjuk kegigihan perjuangan manusia (Rasulullah) dalam menyampaikan risalah, termasuk juga di sini adalah ajakan/ dakwah.Ketiga, pembaca dapat mengambil nilai-nilai dari peristiwa ini sebagai suatu petunjuk kegigihan perjuangan manusia dalam berdakwah.Pembaca juga dihimbau untuk membentuk kelompok dakwah untuk mewujudkan keberhasilan dakwah Islam.

Kata kunci: Struktur Naratif, Wayang Kekayon Khalifah, Mulabukaning Dakwah Rasul

Full Text:

PDF

References


Abdul Malik bin Hisyam Al-Muafiri, Abu Muhammad. 2005. Sirah Nabawiyah Ibnu Hisyam. Jakarta. Darul Falah.

Adnan, Muhammad. 1985. Tafsir Al-Quran Suci Basa Jawi. Bandung. P.T Al-

Ma‟arif.

An-Nabhani, Taqiyuddin. 1994. Negara Islam; Tinjauan Faktual Upaya Rasulullah SAW membangun Daulah Islamiyah Hingga Masa Keruntuhannya. Bogor. Pustaka Thariqul „Izzah.

Balai Bahasa Yogyakarta. 2006. Pedoman Umum Ejaan Bahasa Jawa Huruf Latin yang disempurnakan. Yogyakarta. Kanisius.

Caritagama, Ki Lutfi. 2015. Seri Wayang Kekayon Khalifah Lakon 1 Mulabukaning Dakwah Rasul. Yogyakarta.Attuqo.

Gericke, JFC dan T. Roorda. 1901. Javaansch-nederlandsch handwoordenboek dell I. Leiden. Boekhandel en Drukkerij Voorden E.J Brill.

Gericke, JFC dan T. Roorda. 1901. Javaansch-nederlandsch handwoordenboek dell II. Leiden. Boekhandel en Drukkerij Voorden E.J Brill.

Groenen, C., 1993. Analisis Naratif Kisah Sengsara (Yoh 18-19). Yogyakarta: Kanisius.

Machali, Rochayah, 2000. Pedoman Bagi Penerjemah. Jakarta: Grafindo Poerwadarminta, W.J.S. 1939. Baoesastra Djawa. Batavia: J.B. Walters

Uitgevers.

Prabowo, Dhanu priyo. 2007. Glosarium Istilah Sastra Jawa. Yogyakarta.Narasi.

Diktat Kumpulan Sekar Alit Sekar Tengahan Sekar Ageng lan Lagon-Lagon Siswa Sekar Kawedanan Hageng Krodomardawa Kraton Ngayogyakarta Hadiningrat




DOI: https://doi.org/10.21831/ikadbudi.v6i1.18200

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


ISSN : 2089-7537

E-ISSN: 2685-8282

Cited By