LATAR SOSIAL DAN POLITIK PENGGUNAAN BUSANA ADAT DAN TATAKRAMA DI SURAKARTA DALAM SERAT TATAKRAMA KEDHATON

Sri Harti Widyastuti,

Abstract


Abstrak

Busana adat adalah harta kultural yang dimiliki suatu bangsa.Seiring dengan perkembangan zaman, busana adat mengalami kemunduran dalam hal pemakaian. Hal itu akan mengancam kelestariannya.Di beberapa wilayah Jawa  Tengah dan DIY busana adat mulai diperhatikan untuk dilestarikan pemakaiannya. Namun demikian, pakem busana adat itu sendiri masih belum begitu jelas.Salah satu pakem yang dapat digunakan untuk merunut dan menjadi acuan adalah manuskrip.Serat Tatakrama Kedhaton. Serat ini merupakan salah satu manuskrip beraksara dan berbahasa Jawa krama alus yang ditulis oleh Pakubuwana IV dari Keraton Surakarta.

Deskripsi busana adat dan perbedaan pemakaian atribut serta busana untuk para pejabat di Keraton menunjukkan adanya pemilahan stratifikasi sosial dan ekonomi yang cukup baik.Demikian pula perbedaan tatakrama yang diatur untuk para pejabat di keraton Surakarta menunjukkan adanya perhatian yang tinggi terkait dengan kedisiplinan.Penghilangan tatakrama dengan melakukan sembah dari pejabat keraton yang lebih rendah kepada pejabat yang lebih tinggi, menunjukkan adanya upaya Pakubuwana IV untuk mengembalikan pandangan pejabat keraton tentang hakiki kesetiaan dan upaya meluruskan pada siapa manusia menyembah.Hal ini disebabkan Pakubuwana IV merupakan seorang raja Surakarta yang sangat taat dalam ajaran agama Islam.

Kata Kunci: social, politik, adat, tata karma, Serat Tatakrama Kedhaton

 

Abstract

The traditional clothes is the assets of nation. In several region of Central Java and Yogyakarta, the people begin to pay attention on it.  But, the standard of its usage wa not explicit. One of the instruction was used as the sources is  Serat Tatakrama Kedhaton. This letter was written in Javanese script by Pakubuwana IV from Keraton Surakarta. This research will descrbe how the usage of  traditional clothes, from the history of the name, the usage, who used it, and the meaning of the traditional clothes.

Keywords: tradition, Serat Tatakrama Kedhaton


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/ikadbudi.v4i10.12017

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


ISSN : 2089-7537

E-ISSN: 2685-8282

Cited By