Strategi manajemen humas dalam penyelesaian konflik di media online Tribunnews network

Anugerah Tesa Aulia, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia

Abstract


Ditengah era yang serba digital rawan terjadi konflik di media online sehingga peran manajemen humas dalam perusahaan sangat dibutuhkan. Manajemen humas digunakan untuk mengatur segala strategi komunikasi dalam penyelesaian konflik yang terjadi di perusahaan. Konflik terbagi menjadi dua macam, konflik internal maupun eksternal. Konflik internal terjadi pada lingkungan perusahaan dan konflik eksternal terjadi antara perusahaan dengan publik. Kebebasan seseorang dalam mengakses media online sangat berpeluang menimbulkan konflik secara internal maupun eksternal. Pada pembahasan kali ini peneliti mengacu pada studi kasus yang terjadi di media online Tribunnews Network.  Tribunnews Network sendiri merupakan portal berita yang memiliki jaringan luas diberbagai daerah di seluruh Indonesia. Sulitnya pengontrolan dalam jaringan luas tersebut sering menimbulkan konflik yang sering terjadi pada portal berita Tribunnews Network. Maka diperlukannya srategi dari manajemen humas yang sesuai untuk menangani konflik yang terjadi di Tribunnews Network. Penelitian ini menggunakan metode penelitian pendeketan kualitatif dan jenis penelitian deskriptif, sedangkan pengumpulan data dilakukan dengan wawancara informal dengan informan yang dipilih dari beberapa kriteria yang sesuai dengan penelitian ini. Hasil dari penelitian ini menjelaskan tahapan strategi yang digunakan manajemen humas Tribunnews Network untuk menyelesaikan konflik internal maupun konflik eksternal.

Amidst of the digital era, conflicts are prone to occur in online media, so the role of public relations management in companies is very much needed. Public relations management is used to organize all communication strategies in resolving conflicts that occur in the company. Conflict is divided into two types, internal and external conflict. Internal conflict occurs in the company environment and external conflict occurs between the company and the public. A person's freedom to access online media has the potential to cause internal and external conflict. In this discussion, the researcher refers to a case study that occurred in the online media Tribunnews Network. Tribunnews Network itself is a news portal that has a wide network in various regions throughout Indonesia. The difficulty of controlling this wide network often leads to conflicts that often occur on the Tribunnews Network news portal. So an appropriate strategy from public relations management is needed to handle conflicts that occur in the Tribunnews Network.This research uses a qualitative research approach and descriptive research type, while data collection is carried out by informal interviews with informants selected based on several criteria that are appropriate to this research. The results of this research explain the stages of strategy used by Tribunnews Network's public relations management to resolve internal and external conflicts


Keywords


Manajemen Humas, Konflik, Media Online, Tribunnews Network

Full Text:

PDF

References


Bachri, B. S. (2010). Meyakinkan validitas data melalui triangulasi pada penelitian kualitatif. Teknologi Pendidikan, 10(1), 46-62.

Campbell, F. E., Herman, R. A., & Noble, D. (2006). Contradictions in “reputation management”. Journal of Communication Management, 10(2), 191-196.

Gregory, A. (2020). Planning and managing public relations campaigns: A strategic approach. Kogan Page Publishers.

Harlow, R. F. (1976). Building a public relations definition. Public relations review, 2(4), 34-42.

Kartikasari, S. N. (2000). Mengelola Konflik: Keterampilan & Strategi Untuk Bertindak. Jakarta: The British Council, hlm, 4, 22.

Kates, A., & Erickson, P. J. (2008). Virtual collaboration in a matrix organization. The Handbook of High Performance Virtual Teams; Jossey-Bass: San Francisco, CA, USA, 619-651.

Littlejohn, S. W., Foss, K. A., & Oetzel, J. G. (2011). Theories of human communication . Long Grove, IL. Waveland Press, Inc, 30, 32.

Moleong, L. J. (2007). Metodologi penelitian kualitatif edisi revisi.

Onong, U. E. (2005). Ilmu komunikasi teori dan praktek. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Pace, R. W. (2013). Komunikasi organisasi, strategi meningkatkan kinerja perusahaan.

Ruslan, R. (1997). Kiat dan strategi kampanye public relations. PT RajaGrafindo Persada.

Sugiyono, S. (2013). Kualitatif, dan kombinasi (mixed methods). Alfabeta.

Thomas, K. W., Fann Thomas, G., & Schaubhut, N. (2008). Conflict styles of men and women at six organization levels. International Journal of Conflict Management, 19(2), 148-166.

Thomas, G. F., & Stephens, K. J. (2015). An introduction to strategic communication. International Journal of Business Communication, 52(1), 3-11.

White, J., & Dozier, D. M. (2013). Public relations and management decision making. In Excellence in public relations and communication management (pp. 91-108). Routledge.




DOI: https://doi.org/10.21831/hum.v24i2.77815

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Anugerah Tesa Aulia

Supervised by

RJI Main logo


Our Journal has been Indexed by

    


Creative Commons License
Humanika: Kajian Ilmiah Mata Kuliah Umum by http://journal.uny.ac.id/index.php/humanika is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

View My Stats