Implementasi kebijakan kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru di SMK Daarut Tauhiid Boarding School Bandung
Abstract
Artikel ini ditulis dengan tujuan untuk mengetahui pengimplementasian kebijakan kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru di SMK DTBS Bandung. Permasalahan utama dalam artikel ini adalah apa kebijakan kepala sekolah dan bagaimana kepala sekolah mengimplementasikan kebijakan tersebut. Pendekatan yang digunakan adalah kualitatif. Hasil penelitian menujukan ada 3 (tiga) kebijakan kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru, yakni (1) Guru wajib mengumpulkan dokumen pembelajaran; (2) Meningkatkan kualitas proses pembelajaran, dan (3) sertifikasi keahlian untuk guru produktif. Ketiga kebijakan tersebut diimplementasikan melalui (1) pemberian reward and punishment, (2) pengawasan kinerja guru secara ketat, (3) komunikasi terbuka dengan guru, (4) pemberdayaan MGMP, (5) kunjungan rutin ke kelas, (6) melengkapi sarana prasarana, (7) penyusunan kurikulum khas SMK DTBS, (8) penyelenggaraan pelatihan, (9) membangun kerjasama dengan pihak luar, (10) menghilangkan remedial test, (11) melakukan koordinasi berjenjang, (12) pembiayaan secara penuh oleh sekolah, serta (13) pembuatan surat perjanjian.
This article aims to see the implementation of the headmaster policy to improve the teacher performance in SMK DTBS Bandung. The main focus in the article are what the headmaster policy and how the headmaster implements the policy. The research method used is qualitative. The result showed the headmaster issued 3 (three) policies in improving teacher performance, which is (1) Teachers are obliged to collect learning documents; (2) Improve the quality of the learning process, and (3) Certification for teachers. The three policies are implemented by (1) reward and punishment, (2) teacher performance supervision, (3) communication, (4) empowerment of MGMP, (5) class visits, (6) completing the infrastructure, (7) preparation of a typical school curriculum, (8) training arrangements, (9) cooperation with other parties, (10) omitting the remedial test, (11) coordination patterns, (12) full financing by schools, and (13) agreement letter
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Beddu, A., Suaib, D., & Jennah, A. (2016). Pengaruh kepemimpinan visioner kepala sekolah terhadap kinerja guru SMP Negeri 12 SIGI. Jurnal Katalogis, 4(7), 193–204. https://doi.org/https://doi.org/10.17509/jap.v24i1.6525
Damayanti, D. (2017). Kemampuan manajerial kepala sekolah, iklim sekolah, dan mutu sekolah dasar. Jurnal Administrasi Pendidikan, 24(1), 154–162. https://doi.org/https://doi.org/10.17509/jap.v24i1.6525
Herawan, E., & Suryadi. (2019). Efektivitas manajemen mutu pembelajaran guru bidang produktif di Sekolah Menengah Kejuruan. Jurnal Pedagogia Ilmu Pendidikan, 17(2), 179–189. https://doi.org/10.17509/pdgia.v17i1.13980
Hidayat, R., M, V. D., & Ulya, H. (2019). Kompetensi kepala sekolah abad 21: Sebuah tinjauan teoretis. Kepemimpinan dan Pengurusan Sekolah, 4(1), 61–68. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.34125/kp.v4i1.394
Mukhtar. (2015). Strategi kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru pada SMP Negeri di Kecamatan Masjid Raya Kabupaten Aceh Besar. Jurnal Magister Administrasi Pendidikan, 3(3), 103–117.
Mulyasa, E. (2005). Menjadi kepala sekolah profesional; Dalam konteks menyukseskan MBS dan KBK. Remaja Rosdakarya.
Muslimah. (2018). Kepemimpinan visioner kepala sekolah dalam pembinaan budaya sekolah di Provinsi Jambi. Universitas Islam Negeri Sulthan Thaha Syaifuddin.
Nurhaidah, & Musa, M. I. (2016). Pengembangan kompetensi guru terhadap pelaksanaan tugas dalam mewujudkan tenaga guru yang profesional. Jurnal Persona Dasar, 2(4), 8–27.
Rumapea, P. (2005). Hubungan kewenangan kepala sekolah dengan kinerja guru. Ilmu Pendidikan, 12(1), 1–11. https://doi.org/https://doi.org/10.21831/jpv.v2i2.1028
Susanto, H. (2012). Faktor-faktor yang mempengaruhi kinerja guru Sekolah Menengah Kejuruan. Jurnal Pendidikan Vokasi, 2(2), 197–212.
Syafaruddin. (2008). Efektifitas kebijakan pendidikan. Rineka Cipta.
Yuliani, T. (2015). Faktor-faktor yang mempengaruhi kinerja guru SMA Negeri di Balikpapan. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Akuntansi Dan Keuangan, 270–280.
Zahra, E. L. (2013). Kepemimpinan kepala sekolah dalam mengelola sekolah. Jurnal Manajemen Pendidikan, 4(1), 617–627.
DOI: https://doi.org/10.21831/hum.v21i1.39013
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 Waway Qodratulloh Suhendar
Supervised by
Our Journal has been Indexed by
Humanika: Kajian Ilmiah Mata Kuliah Umum by http://journal.uny.ac.id/index.php/humanika is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.