LANDASAN DAN IMPLEMENTASI PENDIDIKAN MULTIKULTURAL DI INDONESIA

Authors

  • Rukiyati Rukiyati FIP UNY

DOI:

https://doi.org/10.21831/hum.v12i1.3651

Abstract

Pendidikan multikultural adalah sebuah ide, pendekatan untuk perbaikan sekolah dan gerakan kesetaraan, keadilan sosial  dan demokrasi. Pendidikan multikultural menekankan komponen dan kelompok budaya yang beragam, tetapi dapat dibangun konsensus berupa penghargaan pada prinsip-prinsip utama, konsep-konsep dan tujuan. Tujuan utama pendidikan multikultural adalah untuk merestrukturisasi sekolah sehingga semua siswa memperoleh pengetahuan, sikap  dan keahlian yang dibutuhkan dalam memfungsikan bangsa dan dunia yang secara etnis dan ras berbeda.

Kata kunci: pendidikan multikultural, sekolah.

Downloads

Published

2012-09-01

How to Cite

[1]
Rukiyati, R. 2012. LANDASAN DAN IMPLEMENTASI PENDIDIKAN MULTIKULTURAL DI INDONESIA. Humanika: Kajian Ilmiah Mata Kuliah Umum. 12, 1 (Sep. 2012). DOI:https://doi.org/10.21831/hum.v12i1.3651.