PERCIKAN PEMIKIRAN PENDIDIKAN HUMANIS RELIGIUS

Authors

  • Rukiyati - - FSP FIP UNY

DOI:

https://doi.org/10.21831/hum.v13i1.3325

Abstract

Abstrak : Terminologi pendidikan humanis religius diperkenalkan akhir-akhir inisebagai konsep pendidikan yang menarik dibincangkan lebih lanjut, setidaknyakarena dipandang sesuai dengan dasar falsafah pendidikan di Indonesia: Pancasila.Walaupun demikian, secara konseptual belum banyak ahli yang membahasnya.Penjernihan konsep pendidikan humanis religius perlu dilakukan sebagai upayamerumuskan teori pendidikan yang khas Indonesia. Merujuk pada tujuan pendidikannasional, dapat diketahui bahwa pendidikan di Indonesia sedikit banyak dilandasioleh konsep pendidikan humanis religius. Pemaparan lebih lanjut merupakanpercikan pemikiran penulis dengan metode analisis-sintesis mencoba menarikmakna yang terkandung di dalam konsep pendidikan humanis religius, dan landasanontologis yang mendasarinya. Di samping itu, juga dilakukan refleksi atas fenomenapendidikan yang terjadi di Yogyakarta dilihat dari perspektif pendidikan humanisreligius.

Kata kunci: Refleksi Pemikiran, Pendidikan, Humanis-Religius.

Downloads

Published

2013-09-01

How to Cite

[1]
-, R. -. 2013. PERCIKAN PEMIKIRAN PENDIDIKAN HUMANIS RELIGIUS. Humanika: Kajian Ilmiah Mata Kuliah Umum. 13, 1 (Sep. 2013). DOI:https://doi.org/10.21831/hum.v13i1.3325.