PENTINGNYA PENDIDIKAN KARAKTER ANAK USIA DINI DALAM MEWUJUDKAN WARGA NEGARA YANG BAIK
Abstract
Seorang anak sekolah bernama Christopher harus pulang terlambat, dan baru sampai di rumah kurang lebih pukul 18.00 sore, anak tersebut bercerita bahwa di sekolahannya ada anak laki-laki siswa baru kelas 1 SMP menangis, gara-gara ibunya terlambat menjemput. Chirtopher sebagai kakak kelas sekaligus Dewan Penggalang (DP) Pramuka di SMP 1 Negeri Yogyakarta berkewajiban untuk mendampingi dan menolongnya. Dengan menggunkan hand phone, personal tersebut berusaha menghubungi orang tuanya sehingga orang tuanya segera datang untuk menjemputnya. Hal di atas merupakan gambaran bahwa dalam keluarga anak tersebut belum dilatih tentang kemandirian dalam mengahadapi permasalahan sehingga karakternya masih lemah belum siap menghadapi hal yang tiba-tiba di luar sekenario.
Dalam usaha untuk menggambarkan tentang karakter anak masa kini, banyak anak-anak sekarang yang tidak disliplin dalam berlalu lintas; belum lama ini anak Satpam Fakultas Bahasa dan Seni UNY, ketika menuju ke lapangan olah raga, mereka berboncengan bertiga dengan naik sepeda motor tanpa helem pengaman dan terjadi tabrakan (kecelakaan) di Jalan Godean sehingga satu orang meninggal, sedang yang lain patah kaki serta tangannya. Dalam berita sebelumnya ada anak SMP Tegal naik sepeda motor di jalan raya dan bertabrakan dengan mobil tengki sehingga mereka mati semua. Gambaran di atas adalah sebagai wujud dari ketidak disiplinan anak-anak yang memiliki karakter tidak baik dan merupakan prodak jiwa zaman. Tulisan ini berusaha untuk menjelaskan tentang bagaimana pentingnya pendidikan karakter bagi anak usia dini agar ketika mereka dewasa memiliki karakter yang baik berdisiplin dan tertib dalam segala hal.
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.21831/hum.v8i1.21003
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2018 Sigit Dwi Kusrahmadi
Supervised by
Our Journal has been Indexed by
Humanika: Kajian Ilmiah Mata Kuliah Umum by http://journal.uny.ac.id/index.php/humanika is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.