Peran Instruktur dalam Transfer of Skill pada Peserta Magang

Adin Ariyanti Dewi, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peran instruktur yaitu pengrajin marmer senior yang sesungguhnya dalam proses transfer of skill kepada peserta magang yaitu pengrajin marmer junior pada proses pembuatan kerajinan marmer, serta faktor pendukung dan penghambat proses pemagangan dalam pembuatan kerajinan marmer. Penelitian ini menggunakan metode penelitian mix method, yaitu gabungan antara metode kuantitaif dan metode kualitatif. Pemilihan sample dalam penelitian ini menggunakan purposive sampling dengan teknik pengumpulan data kuantitaif menggunakan google form yang disebar secara online kepada 50 responden melalui whatsapp. Selanjutnya dilanjutkan dengan data kualitatif melalui wawancara terbuka menggunakan google form pada 5 responden yang mewakili populasi untuk memperkuat data kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran instruktur dalam transfer of skill pada peserta magang ada lima yaitu: 1) sebagai pelatih, 2) sebagai pembimbing, 3) sebagai pendamping, 4) sebagai fasilitator, dan 5) sebagai motivator. Selain itu juga terdapat faktor pendukung dan penghambat dalam proses transfer keterampilan serta nilai (value) yang muncul di dalam aktivitas tersebut.

Full Text:

PDF

References


Adawiyah, W. R. (2013). Faktor Penghambat Pertumbuhan Usaha Mikro Kecil. Menengah (UMKM): Studi di Kabupaten Banyumas. Universitas Jenderal Sudirman.

Adisusilo, S. (2013). Pembelajaran Nilai Karakter, Konstruktivisme dan VCT Sebagai Inovasi Pendekatan Pembelajaran Afektif. PT RajaGrafindo Persada.

Aini, P. N., & Taman, A. (2012). Pengaruh Kemandirian Belajar dan Lingkungan Belajar Siswa terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 1 Sewon Bantul Tahun Ajaran 2010/2011. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 10(1), 48–65.

Ainurisa, A., & Elbadiansyah. (2019). Peran Kompetensi Instruktur Dalam Meningkatkan Vocational Skills Peserta Pelatihan Pada Sub Kejuruan Administrasi Perkantoran Balai Latihan Kerja (BLK) Samarinda. CENDEKIA (JURNAL PENDIDIKAN DAN PENGAJARAN) IKIP PGRI KALTIM, 3(1), 39–46. https://cendikia.ikippgrikaltim.ac.id/index.php/cendikia/article/view/94

Alfan. (2013). Pengantar Filsafat Nilai. CV Pustaka Setia.

Boot, W. R., Basak, C., & Erickson, K. I. (2010). Transfer of skill engendered by complex task training under conditions of variable priority. Acta Psychologica, 135(3), 349–357. Transfer of skill engendered by complex task training under conditions of variable priority - ScienceDirect

Creswell, J. W. (2015). Penelitian Kualitatif & Desain Riset. Pustaka Pelajar.

Dewi, A. A. (2019). Regenerasi Proses Belajar Kreativitas melalui Manjing (Studi Fenomenologi Pengenalan Usaha dan Manajemen Pemasaran Pengrajin batu marmer di Desa Gampingan Kabupaten Tulungagung). Universitas Negeri Malang.

Dewi, A. A. (2020). Manjing Proses Pewarisan Budaya pada Kelompok Pengrajin Marmer. Diklus: Jurnal Pendidikan Luar Sekolah, 4(1), 1–10. https://doi.org/10.21831/diklus.v4i1.27689

Dewi, A. A., Dayati, U., & Wijayanto, A. (2022). Internships Help Marble Craft Craftsman Develop Creativity (Manjing). Jurnal Pendidikan Dan Pemberdayaan Masyarakat (JPPM), 9(2), 165–174. Internships Help Marble Craft Craftsman Develop Creativity (Manjing) | Dewi | JPPM (Jurnal Pendidikan dan Pemberdayaan Masyarakat) (uny.ac.id)

Djamarah, S. B. (2002). Strategi Belajar Mengajar. Rineka Cipta.

Drowatzky, J. N. (1981). Motor Learning: Principles And Practices, 2nd. Ed. Minneapolis. Burgess Publissing Comapany.

Fuller, A. , and L. U. (2010). ‘Knowledge workers’ as the new apprentices: The influence of organisational autonomy, goals and value on the nurturing of expertise. Vocations and Learning: Studies in Vocational and Professional Education, 3(3), 203–222.

Harahap, S. (2015). Arti Penting Nilai Bagi ManusiaDalam Kehidupan Masyarakat. JURNAL ILMIAH HUKUM DIRGANTARA, 6(1). https://journal.universitassuryadarma.ac.id/index.php/jihd/article/view/113

Kresdiana, H. (2013). Transfer Pengetahuan Kemampuan Berinovasi dan Kinerja Organisasi (Suatu Kajian Empiris). Universitas Brawijaya Press.

Miles, M. B., Huberman, • A Michael, & Saldaña, J. (2014). Qualitative Data Analysis A Methods Sourcebook Edition.

Notoatmodjo, S. (2003). Pengembangan Sumber Daya Manusia. PT. Rineka Cipta.

Permen. (2017). Permen Ketenagakerjaan RI No 8 Tahun 2017 Bab IV Pasal 11 ayat 2 tentang Standar Balai Latihan Kerja.

Sebri, V., Savioni, L., & Triberti, S. (2020). Do You Transfer Your Skills? From Sports to Health Management in Cancer Patients. Frontiers in Psychology, 11(546), 1–9. https://www.frontiersin.org/articles/10.3389/fpsyg.2020.00546/full#:~:text=Skill%20transfer%20is%20a%20process,which%20they%20were%20originally%20learned.

Sudjana, D. (2000). Strategi Pembelajaran Dalam Pendidikan Luar Sekolah. Nusantara Press.




DOI: https://doi.org/10.21831/foundasia.v14i1.59097

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Our journal indexed by:

  

View My Stats