Meningkatkan kemandirian belajar peserta didik sekolah dasar menggunakan Model SOLE saat pandemi Covid-19

Fery Muhamad Firdaus, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Nirmala Arum Pratiwi, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Sri Riyani, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Jatmiko Utomo, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia

Abstract


Pelaksanaan program belajar dari rumah (BDR) jenjang sekolah dasar pada masa pandemi Covid-19 tidak lepas dari permasalahan. Salah satunya, peserta didik belum menunjukkan kemandirian belajar. Hal ini juga muncul pada peserta didik kelas IV SD Negeri Sleman V, untuk itu perlu dilakukan penelitian tindakan kelas untuk meningkatkan kemandirian belajar mereka. Tindakan yang dipilih ialah menerapan model pembelajaran SOLE (Self Organized Learning Environment). Penelitian ini berupa penelitian tindakan kelas dengan model milik Strange yang dilaksanakan dalam dua siklus. Instrumen penelitian yang digunakan berupa angket yang memuat sembilan indikator kemandirian belajar untuk peserta didik dengan reliabilitas 0.87 dan berjumlah 23 butir pernyataan. Analisis data menggunakan teknik deskriptif komparatif, yakni membandingkan persentase ketuntasan dan rerata kemandirian belajar peserta didik pada Siklus 1 dengan Siklus 2. Hasil dari tindakan menunjukan model SOLE dapat meningkatkan kemandirian belajar peserta didik kelas IV SD Negeri Sleman V. Hal tersebut ditunjukkan pada peningkatan presentase peserta didik dengan kemandirian belajar kategori baik pada Siklus 1 sebesar 61,3 % menjadi 77,4% pada Siklus 2.

Full Text:

1-8 PDF

References


Alhawiti, M. M. (2013). Strategies and action plans for integrating ict into saudi elementary schools curricula: The case of tabuk district of education. International Journal of Information and Education Technology, 177–184.

Ariyanti, I. (2019). Uji validitas dan reliabilitas instrumen angket kemandirian belajar matematik. THETA: Jurnal Pendidikan Matematika. 1(2), 53–57. Diambil dari

Burdina, G. M., Krapotkina, I. E., & Nasyrova, L. G. (2019). Distance learning in elementary school classrooms: An emerging framework for contemporary practice. International Journal of Instruction, 12(1), 1–16.

Celina, H., Kharrufa, A., Preston, A., Comber, R., & Olivier, P. (2016, June). SOLE meets MOOC: designing infrastructure for online self-organised learning with a social mission. In Proceedings of the 2016 ACM Conference on Designing Interactive Systems (484-496).

Dolan, P., Leat, D., Mazzoli Smith, L., Mitra, S., & Todd, L. (2013). Self-Organised Learning Environments (SOLEs) in an English School : an example of transformative pedagogy? Online Educational Research Journal. 3 (11), 1-19.

Handayani, Ni Nyoman Lisna. (2017). Pengaruh model self-directed learning terhadap kemandirian dan prestasi belajar IPA Siswa Kelas VIII SMP N 3 Singaraja. Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran, 1(1).

Kirkman, S., Coughlin, K., & Kromrey, J. (2007). Correlates of satisfaction and success in self-directed learning: relationships with school experience, course format, and internet use. International Journal of Self-Directed Learning, 4(1): 39-52

Mashabi, S. (2020, 11 April). Survei Kemen PPPA: 58 Persen Responden Tak Senang Belajar dari Rumah. Kompas. https://www.google.com/amp/s/amp.kompas.com/nasional/read/2020/04/11/13511231/survei-kemen-pppa-58-persen-responden-tak-senang-belajar-dari-rumah

Mitra, S. (2013). SOLE toolkit. Newcastle University.

Moore, J. L., Dickson-Deane, C., & Galyen, K. (2011). E-learning, online learning, and distance learning environments: Are they the same? The Internet and Higher Education, 14(2), 129–135.

Mulyaningsih, I. E. (2014). Pengaruh interaksi sosial keluarga, motivasi belajar, dan kemandirian belajar terhadap prestasi belajar. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 20(4), 441.

Purwaningsih, A. Y., & Herwin, H. (2020). Pengaruh regulasi diri dan kedisiplinan terhadap kemandirian belajar siswa di sekolah dasar. Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan, 13(1), 22-30.

Rahmayani, F., Bahrani, B., & Hadi, S. (2020). Problematika sistem pembelajaran full day school di sd islamic center samarinda. Tarbiyah Wa Ta'lim: Jurnal Penelitian Pendidikan dan Pembelajaran, 7(2), 49-68.

Suhendri, H. (2011). Pengaruh kecerdasan matematis–logis dan kemandirian belajar terhadap hasil belajar matematika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 1(1). 19-39.

Tjabolo, S. A., & Herwin. (2020). The influence of teacher certification on the performance of elementary school teachers in Gorontalo Province, Indonesia. International Journal of Instruction, 13(4), 347-360. https://doi.org/10.29333/iji.2020.13422a

Weisblat, G. Z., Stiles, E. A., & McClellan, J. D. (2019). Does the innovation really work?: effectiveness of self-organized learning environment (SOLE) in the classroom. Childhood Education, 95(2), 60-66.

Yaumi, M. (2016). Action research: Teori, model dan aplikasinya. Jakarta: Prenada Media.




DOI: https://doi.org/10.21831/foundasia.v12i1.37786

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Our journal indexed by:

  

View My Stats