Kemampuan komunikasi matematis tulis siswa Samin dalam memecahkan masalah geometri

Setyo Riyadi, STKIP Al Hikmah Surabaya, Indonesia
Kurnia Noviartati, STKIP Al Hikmah Surabaya, Indonesia
Zainal Abidin, STKIP Al Hikmah Surabaya, Indonesia

Abstract


Keterampilan komunikasi matematis merupakan salah satu tujuan pembelajaran matematika. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan kemampuan komunikasi matematis siswa Samin dalam menyelesaikan masalah geometri. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian adalah anggota masyarakat adat Samin yang duduk di kelas VII SMPN 1 Margomulyo. Tahapan penelitian meliputi persiapan, pengumpulan data, analisis data, dan pembuatan laporan. Instrumen penelitian yang digunakan adalah Tes Kemampuan Matematika (TKM), Tes Kemampuan Komunikasi Matematika (TKKM), dan Pedoman Wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterampilan komunikasi matematika tertulis siswa dalam menulis ide matematika (penggunaan model matematika, rumus atau simbol) dengan jelas dan tepat untuk menyelesaikan suatu masalah tergolong rendah, Keterampilan komunikasi matematis tertulis siswa dalam menulis alasan jawaban yang diberikan adalah relatif rendah, keterampilan komunikasi matematika tertulis siswa dalam menulis ulang gagasan orang lain dengan menggunakan bahasanya sendiri tergolong sedang, dan keterampilan komunikasi matematika tertulis siswa dalam mengungkapkan kembali ide orang lain diklasifikasikan rendah.

Written mathematical communication skills of Samin students in solving geometric problems

Abstract

Mathematical communication skills are one of the goals of mathematics learning. The purpose of this study is to describe the mathematical communication ability of Samin students in solving geometric problems. The type of this research was a descriptive study with a qualitative approach. The research subjects were members of the Samin indigenous people who were in Class VII at SMPN 1 Margomulyo. The stages of the research included preparation, data collection, data analysis, and report making. The research instruments used were the Mathematics Ability Test (TKM), the Mathematical Communication Ability Test (TKKM), and Interview Guidelines. The results show that the students 'written mathematical communication skills in writing mathematical ideas (the use of mathematical models, formulas, or symbols) clearly and precisely to solve a problem were classified as low. The students' written mathematical communication skills in writing the reasons for the answers given were relatively low, students' written mathematical communication skills in re-writing others' ideas using their own language were moderate, and students' written mathematical communication skills in re-expressing other people's ideas were classified as low.


Keywords


komunikasi matematis; masalah geometri; siswa Samin; mathematical communication; geometric problems; Samin students

Full Text:

PDF

References


Adhe, K. R. (2014). Penanaman karakter anak usia 5-6 tahun pada masyarakat Samin. Jurnal Pendidikan Usia Dini, 8(2), 275–290. https://doi.org/10.21009/JPUD.082

Agustyaningrum, N. (2012). Implementasi model pembelajaran learning Cycle 5E untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa kelas IX B SMP Negeri 2 Sleman [Universitas Negeri Yogyakarta]. https://eprints.uny.ac.id/7389/

Ardina, F. R., & Sa’dijah, C. (2016). Analisis lembar kerja siswa dalam meningkatkan komunikasi matematis tulis siswa. Jurnal Pendidikan : Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 1(2), 171–180. https://doi.org/10.17977/jp.v1i2.6119

Darkasyi, M., Johar, R., & Ahmad, A. (2014). Peningkatan kemampuan komunikasi matematis dan motivasi siswa dengan pembelajaran pendekatan quantum learning pada siswa SMP Negeri 5 Lhokseumawe. Jurnal Didaktik Matematika, 1(1), 21–34. http://www.jurnal.unsyiah.ac.id/DM/article/view/1336

Fahradina, N., Ansari, B. I., & Saiman, S. (2014). Peningkatan kemampuan komunikasi matematis dan kemandirian belajar siswa SMP dengan menggunakan model investigasi kelompok. Jurnal Didaktik Matematika, 1(1), 54–64. http://www.e-repository.unsyiah.ac.id/DM/article/view/2077

Hodiyanto, H. (2017). Kemampuan komunikasi matematis dalam pembelajaran matematika. AdMathEdu : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, Ilmu Matematika Dan Matematika Terapan, 7(1), 9–18. https://doi.org/10.12928/admathedu.v7i1.7397

Junaedi, I. (2010). Pembelajaran matematika dengan strategi Writing in Performance Tasks (WiPT) untuk meningkatkan kemampuan menulis matematis. Kreano : Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 1(1), 11–20. https://doi.org/10.15294/kreano.v1i1.218

Jurotun, J. (2015). Meningkatkan komunikasi matematis peserta didik melalui “Disco LeMPer” berbantuan software Geogebra. Kreano : Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 6(1), 1–6. https://doi.org/10.15294/kreano.v6i1.4471

Laksananti, P. M., Setiawan, T. B., & Setiawani, S. (2017). Analisis kemampuan komunikasi matematis dalam menyelesaikan masalah pokok bahasan bangun datar segi empat ditinjau dari kecerdasan emosional siswa kelas VIII-D SMP Negeri 1 Sumbermalang. KADIKMA, 8(1), 88–96. https://doi.org/10.19184/kdma.v8i1.5268

Melalatoa, M. J. (1995). Ensiklopedi suku bangsa di Indonesia. Direktorat Jendral Kebudayaan.

Miles, M. B., & Huberman, A. M. (2009). Qualitative data analysis: An expanded sourcebook (2nd ed.). Sage Publications. https://books.google.co.id/books?hl=id&lr=&id=U4lU_-wJ5QEC&oi=fnd&pg=PA10&dq=Qualitative+data+analysis+Miles&ots=kFTH2HVZ1T&sig=ctEW_Fy8_VcHJaSI16_m2hLHAKA&redir_esc=y#v=onepage&q=Qualitative data analysis Miles&f=false

Muhlizi, A. F. (2014). Revolusi mental untuk membentuk budaya hukum anti korupsi. Jurnal Rechts Vinding : Media Pembinaan Hukum Nasional, 3(3), 453–472. https://doi.org/10.33331/rechtsvinding.v3i3.36

Munawaroh, S., Ariani, C., & Suwarno, S. (2015). Etnografi masyarakat Samin di Bojonegoro: Potret masyarakat Samin dalam memaknai hidup. Balai Pelestarian Nilai Budaya (BPNB) Yogyakarta.

Oktafiya, Y. (2016). Ajaran Samin dan kearifan lokal: Eksistensi masyarakat Samin pada era modernisasi di Dusun Jepang desa Margomulyo kecamatan Margomulyo Kabupaten Bojonegoro [Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya]. http://digilib.uinsby.ac.id/13190

Pinasti, V. I. S., & Irenewaty, T. (2016). Kajian historisitas masyarakat Samin di Blora dalam perspektif pendidikan karakter. Prosiding Seminar Nasional LPPM UNY 2016, 449–459. http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/40285

Rassia, V. (2016). Peningkatan kemampuan komunikasi matematis melalui penerapan Lasswell communication model pada siswa kelas VIII SMPN 52 Bandung (Studi eksperimen pembelajaran matematika siswa kelas VIII SMPN 52 Bandung) [Universitas Pasundan]. http://repository.unpas.ac.id/13220/

Sugiyono, S. (2013). Metode penelitian pendidikan: Pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan R & D (17th ed.). Alfabeta.

Umar, W. (2012). Membangun kemampuan komunikasi matematis dalam pembelajaran matematika. Jurnal Infinity, 1(1). https://doi.org/10.22460/infinity.v1i1.p1-9

Wahyuni, A., & Pertiwi, S. (2017). Etnomatematika dalam ragam hias Melayu. Math Didactic: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2), 113–118. https://doi.org/10.33654/math.v3i2.61

Wardhani, S. (2008). Analisis SI dan SKL mata pelajaran matematika SMP/MTs untuk optimalisasi pencapaian tujuan (Titik Sutanti (ed.)). Pusat Pengembangan Dan Pemberdayaan Pendidik Dan Tenaga Kependidikan Matematika.

Wijayanto, A. D., Fajriah, S. N., & Anita, I. W. (2018). Analisis kemampuan komunikasi matematis siswa SMP ada materi segitiga dan segiempat. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 97–104. https://doi.org/10.31004/cendekia.v2i1.36

Yunianto, R. (2014). Keefektifan CTL menggunakan model STAD dan GI ditinjau dari prestasi, komunikasi, dan sikap terhadap matematika. Pythagoras : Jurnal Pendidikan Matematika, 9(1), 31–44. https://doi.org/10.21831/pg.v9i1.9061

Zayzafuun, F. Z. (2016). Pengaruh penggunaan Model Connecting Organizing Reflexting Extending (CORE) dalam pembelajaran matematika terhadap peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa SMA [Universitas Pasundan]. http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/10716




DOI: https://doi.org/10.21831/ej.v2i1.36192

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Ethnomathematics Journal

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 


Printed ISSN (p-ISSN): 2798-9755 | Online ISSN (e-ISSN): 2776-3676

Creative Commons LicenseEthnomathematics Journal by https://journal.uny.ac.id/index.php/ethnomath/index is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
 

Visitor Statistics