Computational Thinking with the Guided-Discovery-Learning Model Using Ethnomathematics-Based LKPD.EDM in Elementary School
Ramadhan Kurnia Habibie, State University Of Surabaya, Indonesia
Ika Rahmawati, State University of Surabaya, Indonesia
Abstract
Full Text:
PDFReferences
Ahya, D. B. (2021). Model-Model Pembelajaran (F. Sukmawati (ed.)). CV. Pradina Pustaka Grup.
Anggraini, G., & Pujiastuti, H. (2020). Peranan permainan tradisional engklek dalam mengembangkan kemampuan matematika di Sekolah Dasar. JUMLAHKU: Jurnal Matematika Ilmiah STKIP Muhammadiyah Kuningan, 6(1), 87–101.
Christi, S. R. N., & Rajiman, W. (2023). Pentingnya Berpikir Komputasional dalam Pembelajaran Matematika. Journal on Education, 5(4), 12590–12598.
Effendi, R., Herpratiwi, H., Sutiarso, S., Septian, R., Irianto, S., Andriani, A., Aini, H. N., & Fathoni, A. (2021). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Matematika Berbasis Budaya Lokal Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(4), 920–929.
Evendi, H., Rosida, Y., Jurnal, D. Z.-J.-K., & 2023, undefined. (2023). Pembelajaran Berdiferensiasi dalam Pembelajaran Matematika di Kurikulum Merdeka SMPN 4 Kragilan. journal-nusantara.com, 2(2). https://journal-nusantara.com/index.php/Joong-Ki/article/view/1454
Fatimah, C., Asmara, P. M., Mauliya, I., & Puspaningtyas, N. D. (2021). Peningkatan Minat Belajar Siswa Melalui Pendekatan Matematika Realistik Pada Pembelajaran Metode Penemuan Terbimbing. Mathema: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2), 117–126.
Khairunnisa, A., Juandi, D., & Gozali, S. M. (2022). Systematic Literature Review: Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa dalam Menyelesaikan Masalah Matematika. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 6(2), 1846–1856. https://doi.org/10.31004/cendekia.v6i2.1405
Maulida, S. H. (2020). Pembelajaran matematika berbasis etnomatematika melalui permainan tradisional engklek. LEMMA: Letters of Mathematics Education, 7(1).
Mokalu, V. R., Panjaitan, J. K., Boiliu, N. I., & Rantung, D. A. (2022). Hubungan Teori Belajar dan Teknologi Pendidikan. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(1), 1475–1486. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i1.2192
Okpatrioka. (2023). Research And Development ( R & D ) Penelitian Yang Inovatif Dalam Pendidikan. Jurnal Pendidikan, Bahasa dan Budaya, 1(1), 86–100.
Perdana Aprilianti, P., Astuti, D., & Dahlan, A. (2020). Pengembangan LKPD Berbasis STEM Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar SMP Kelas VIII. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 3(6). https://doi.org/10.22460/jpmi.v3i6.691-702
Purnawanto, A. T. (2022). Perencanaan Pembelajaran Bermakna dan Asesmen Kurikulum Merdeka. Jurnal Ilmiah Pedagogy, 20(1), 75–94. https://www.jurnal.staimuhblora.ac.id/index.php/pedagogy/article/view/116
Purwati, R. (2020). Potensi Pengembangan Komunikasi Matematis Siswa Sekolah Dasar Melalui Pendekatan Realistic Mathematic Education. EduBase : Journal of Basic Education, 1(2), 1. https://doi.org/10.47453/edubase.v1i2.168
Rachmawaty, L. (2020). Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran Matematika Tentang Faktor dan Kelipatan Bilangan Melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match di Kelas IV SDN Polisi 5 Kota Bogor. Jurnal Edukha, 1(1), 13–26.
Rudhito, M. (2019). Matematika Dalam Budaya: Kumpulan Kajian Etnomatematika. https://books.google.com/books?hl=id&lr=&id=5YzZDwAAQBAJ&oi=fnd&pg=PA3&dq=Etnomatematika+adalah+salah+satu+pendekatan+yang+menggabungkan+aspek+budaya+dengan+matematika+dalam+konteks+pembelajaran+&ots=AT7i0gPJFt&sig=jkOll9ofqxHsTAORCzdK7PqZvXo
Sari, M. P., Kautsar, F., Maulana, A., Lorensa, F., Putri, D. R. B., Dzawisiadah, L., & Sari, N. H. M. (2021). Pemanfaatan Permainan Tradisional Engklek Sampar sebagai Media Pembelajaran Matematika Berbasis Etnomatematika. SANTIKA: Seminar Nasional Tadris Matematika, 1, 447–458.
Septian, R., Irianto, S., & Andriani, A. (2019). Pengembangan lembar kerja peserta didik (LKPD) matematika berbasis model realistic mathematics education. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 5(1), 59–67.
Supiarmo, M. G., & Susanti, E. (2021). Proses berpikir komputasional siswa dalam menyelesaikan soal pisa konten change and relationship berdasarkan self-regulated learning. Numeracy, 8(1), 58–72.
Thana, P. M., & Hanipah, S. (2023). Kurikulum Merdeka: Transformasi Pendidikan SD Untuk Menghadapi Tantangan Abad ke-21. Prosiding Konferensi Ilmiah Dasar, 4, 281–288. http://prosiding.unipma.ac.id/index.php/KID
Utami, A. (2023). Implementasi Pembelajaran Matematika Realistik Berbasis Etnomatematika. JP2M (Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Matematika), 9(1), 116–124. https://doi.org/10.29100/jp2m.v9i1.1841
Wiryanto, & Jannah, M. (2022). Pengembangan Media Kartu Domino Hitung Matematika-Kode Quick Response (KOMIKA-QR) Pada Materi Pecahan Siswa Sekolah Dasar.
Wulansari, L., Abdullah, T., Suhardi, E., & Iskandar, A. (2023). Inovasi Guru di Era Merdeka Belajar. https://books.google.com/books?hl=id&lr=&id=RPzEEAAAQBAJ&oi=fnd&pg=PA1&dq=penting+bagi+guru+dalam+Kurikulum+Merdeka+untuk+menguasai+teknik-teknik+pembelajaran+yang+inovatif+dan+adaptif,+seperti+penerapan+metode+aktif,+koperatif,+dan+experiential+learning+&ots=TAuTJjLhT7&sig=0Dl8fFB7shOyA8APJr3s2DIRqAE
Yuni, Y., & Fisa, L. (2020). Pembelajaran Penemuan Terbimbing terhadap Kemampuan Generalisasi Matematis Siswa Sekolah Menengah Pertama. Journal of Instructional Mathematics, 1(1), 20–30. https://doi.org/10.37640/jim.v1i1.267
DOI: https://doi.org/10.21831/didaktika.v7i1.75845
DOI (PDF): https://doi.org/10.21831/didaktika.v7i1.75845.g21917
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Annas Solihin, Ramadhan Kurnia Habibie, Ika Rahmawati
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
DIDAKTIKA has been abstracted and indexed by