Implementasi Pelatihan Mandiri Terbimbing Penilaian Awal Literasi Membaca Bagi Guru Kelas Sekolah Dasar

Nikmatur Nikmatur Rohmah, Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Muhammadiyah Jember, Indonesia
Halifah Hastuti Triyani, SDN Wonorejo 03 Kencong Jember, Indonesia

Abstract


Platform Merdeka Mengajar (PMM) dirancang sebagai media pelatihan mandiri. Namun faktanya pemanfaatan PMM untuk meningkatkan  pemahaman guru belum optimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan mengevaluasi pelatihan mandiri terbimbing penilaian awal literasi membaca bagi guru kelas sekolah dasar. Desain penelitian deskriptif kualitatif. Tempat penelitian di SDN Wonorejo 03 pada September 2023 melibatkan 6 orang guru kelas dan 52 orang siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, observasi partisipatif, wawancara terstruktur, dan studi dokumen. Teknik analisis data menggunakan deskriptif eksploratif dengan kerangka hermeneutika. Hasil studi ini menemukan pengembangan model pelatihan meliputi: identifikasi problem, investigasi konsep melalui PMM, membangung logika melalui bimbingan oleh Kepala Sekolah, project aksi nyata dan menemukan evidence metode early grade reading assessment (EGRA), interpretasi,  refleksi dan umpan balik. Evaluasi hasil pelatihan menunjukkan bahwa guru lebih aktif menggunakan PMM dan dapat melakukan penilaian awal metode EGRA. Penelitian ini menyimpulkan bahwa dalam pelatihan mandiri terbimbing merupakan interaksi antara Guru,  Kepala Sekolah, Platform Merdeka Mengajar, dan siswa dalam situasi belajar yang bermakna.


Full Text:

PDF

References


Arnes, A., Muspardi, M., & Yusmanila, Y. (2023). Analisis Pemanfaatan Platform Merdeka Mengajar Oleh Guru PPKn untuk Akselerasi Implementasi Kurikulum Merdeka. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 5(1), 60–70. https://doi.org/10.31004/edukatif.v5i1.4647

Astuti, N. P. E., Arnyana, I. B. P., Dantes, I. N., & Wirawan, I. P. H. (2023). “Santi Sarma” Implementasi Kebijakan Penggunaan Platform Merdeka Mengajar Menuju Guru Produktif Dan Inovatif. Pendas :Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(1), 1–14. file:///C:/Users/HP/Downloads/7569-Article Text-31006-1-10-20230428.pdf

Baker, E. L. (2012). Assessment in Learning. In Encyclopedia of the Sciences of Learning (pp. 316–321). Springer Science. https://link.springer.com/referenceworkentry/10.1007/978-1-4419-1428-6_22

Dewajani, S., Hill, L., & Denise, A. (2023a). Mengenal Asesmen Awal Pembelajaran Literasi Kelas Awal. Platform Merdeka Mengajar. Kemdikbudristek. https://guru.kemdikbud.go.id/pelatihan-mandiri/modul/91?from=topik&menuId=21&topik=21&topik_name=Asesmen Awal Pembelajaran Literasi %5BKemitraan dengan Inovasi%5D

Dewajani, S., Hill, L., & Denise, A. (2023b). Panduan Melakukan Asesmen Membaca Kelas Awal (Adaptasi Egra - Early Grade Reading Assessment). Platform Merdeka Mengajar. https://guru.kemdikbud.go.id/pelatihan-mandiri/modul/91?from=topik&menuId=21&topik=21&topik_name=Asesmen Awal Pembelajaran Literasi %5BKemitraan dengan Inovasi%5D

Gai Mali, Y. C. (2016). Project-Based Learning in Indonesian EFL Classrooms: from Theory to Practice. IJEE (Indonesian Journal of English Education), 3(1), 89–105. https://doi.org/10.15408/ijee.v3i1.2651

Jhon, W. (2021). Challenges in the implementation of character education in elementary school: experience from Indonesia. Ilkogretim Online - Elementary Education Online, 20(1), 1351–1363. https://doi.org/10.17051/ilkonline.2021.01.130

Kemdikbudristek. (2023a). Peran Platform Merdeka Mengajar dalam Impelemnatsi Kurikulum Merdeka. Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset Dan Teknologi. https://kurikulum-demo.simpkb.id/platform-merdeka-belajar/

Kemdikbudristek. (2023b). Rapor Pendidikan Satuan Pendidikan Sekolah Dasar Wonorejo 03 Kecamatan Kencong Kabupaten Jember.

Marisana, D., Iskandar, S., Kurniawan, & Trie, D. (2023). Penggunaan Platform Merdeka Mengajar untuk Meningkatkan Kompetensi Guru di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 7(1), 139–150. https://doi.org/10.31004/basicedu.v7i1.4363

Markula, A., & Aksela, M. (2022). The key characteristics of project-based learning: how teachers implement projects in K-12 science education. Disciplinary and Interdisciplinary Science Education Research, 4(1), 1–17. https://doi.org/10.1186/s43031-021-00042-x

Maros, M., Korenkova, M., Fila, M., Levicky, M., & Schoberova, M. (2023). Project-based learning and its effectiveness: evidence from Slovakia. Interactive Learning Environments, 31(7), 4147–4155. https://doi.org/10.1080/10494820.2021.1954036

Riyadi, R., Kamsiyati, S., Kurniawan, S. B., Surya, A., & Nikmaturrohmah, P. (2021). A Preliminary Investigation of Elementary School Teachers’ Abilities on Numeracy Literacy. Proceedings of the 5th International Conference on Learning Innovation and Quality Education, 1–6. https://doi.org/10.1145/3516875.3517006

Sahelatua, L. S., Vitoria, L., & Mislinawati. (2018). Kendala Guru Memanfaatkan Media IT Dalam Pembelajaran Di SDN 1 Pagar Air Aceh Besar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP Unsyiah, 3(2), 131–140. https://jim.usk.ac.id/pgsd/article/viewFile/8579/3601

Setiariny, E. (2023). Pemanfaatan Platform Merdeka Mengajar Sebagai Upaya Meningkatkan Kualitas Pembelajaran. Jurnal Lingkar Mutu Pendidikan, 20(1), 23–33. https://doi.org/10.54124/jlmp.v20i1.81

Setyowati, S. (2010). Grounded Theory Sebagai Pilihan Metode Riset Kualitatif Keperawatan. Jurnal Keperawatan Indonesia, 13(2), 119–123. https://doi.org/10.7454/jki.v13i2.241

Tekyiwa Amua-Sekyi, E. (2016). Assessment, Student Learning and Classroom Practice: A Review. Journal of Education and Practice, 7(21), 1–6. www.iiste.org

Thirsk, L. M., & Clark, A. M. (2017). Using Qualitative Research for Complex Interventions: The Contributions of Hermeneutics. International Journal of Qualitative Methods, 16(1), 1–10. https://doi.org/10.1177/1609406917721068

Twinkl. (2023). Initial Assessment. Twinkl-Partner Merdeka Mengajar. https://www.twinkl.co.id/teaching-wiki/initial-assessment

Wijayanti, S. (2020). Indonesian Students’ Reading Literacy. Advances in Social Science, Education and Humanities Research, 390(Icracos 2019), 61–65. https://doi.org/10.2991/icracos-19.2020.13

Yansa, H., & Retnawati, H. (2021). Identifikasi Praktik dan Hambatan Guru dalam Asesmen Kognitif Matematika di Masa Pandemi COVID-19. Jurnal Elemen, 7(1), 86–99. https://doi.org/10.29408/jel.v7i1.2585

Zulfikri. (2022). Panduan Pembelajaran dan Asesmen Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Menengah. Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan Kementerian Pendidikan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.




DOI: https://doi.org/10.21831/didaktika.v7i1.71464

DOI (PDF): https://doi.org/10.21831/didaktika.v7i1.71464.g21908

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Nikmatur Nikmatur Rohmah, Halifah Hastuti Triyani

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

DIDAKTIKA has been abstracted and indexed by

View Didaktika Stats