Pengembangan Media Interaktif Berbasis Articulate Storyline untuk Pembelajaran Pendidikan Seks Materi Pubertas Kelas VI di Sekolah Dasar

Aprilia Eka Wiranti, State University of Malang, Indonesia
Sri Estu Winahyu, State University of Malang, Indonesia
Esti Untari, State University of Malang, Indonesia

Abstract


Penelitian dan pengembangan ini ditujukan untuk memproduksi media interaktif berbasis perangkat lunak Articulate Storyline untuk pembelajaran pendidikan seks materi pubertas pada kelas VI yang dinyatakan valid oleh ahli materi, ahli media, guru serta praktis oleh peserta didik. Model yang digunakan dalam penelitian dan pengembangan adalah ADDIE. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah observasi, wawancara, angket, dan dokumentasi. Subjek uji coba melibatkan 2 ahli materi, 2 ahli media, 1 guru pengguna, dan 27 peserta didik kelas VI SDN Tanjungrejo 2 Malang. Hasil yang didapatkan antara lain skor 87,5% (sangat valid) untuk uji kevalidan materi, 95% (sangat valid) untuk uji kevalidan media, 85% (sangat valid) untuk uji kevalidan oleh guru pengguna, dan 87,4% (sangat praktis) untuk uji kepraktisan oleh peserta didik. Dari hasil tersebut, dapat dinyatakan bahwa media interaktif untuk materi pubertas yang dikembangkan tergolong valid dan praktis untuk digunakan.

Full Text:

PDF

References


Anas, M. 2014. Alat Peraga dan Media Pembelajaran. Jakarta: Pustaka Education.

Arifin, M. S. 2015. Pengembangan Materi Pembelajaran, (Online), (http://muhsyamsularifin.blogs.uny.ac.id/wp-content/uploads/sites/1979/2015/12/PENGEMBANGAN-MATERI-PEMBELAJARAN.pdf), diakses 9 Juni 2023.

Branch, R. M. 2009. Instructional Design: The ADDIE Approach. New York: Springer.

Dimyati, Azima. 2019. Pengembangan Profesi Guru. Yogyakarta: Gre Publishing.

Halimah, I. N. & Indriani, F. 2021. Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Articulate Storyline pada Pembelajaran Tematik Abad 21 bagi Siswa Sekolah Dasar. Sekolah Dasar: Kajian Teori dan Praktik Pendidikan, 30(2), 159-170. DOI: 10.17977/um009v30i22021p159.

Hamid, M. A., & dkk. 2020. Media Pembelajaran. Medan: Yayasan Kita Menulis.

Ismadi. 2019. Peran Guru dalam Mengatasi Pelecehan Seksual pada Anak. Temanggung: Desa Pustaka Indonesia.

Juniari, I. G. A. O., & Putra, I. M. 2021. Pengembangan Media Pembelajaran Multimedia Interaktif Model DDD-E Pada Muatan Pelajaran IPA Kelas V SD. Jurnal Edutech Undiksha, 9(1), 140–148. DOI: 10.23887/jeu.v9i1.33091.

Musfiqon, H. M. 2012. Pengembangan Media dan Sumber Pembelajaran. Jakarta: Prestasi Pustakaraya.

Mustafida, Fita. 2016. Kajian Media Pembelajaran Berdasarkan Kecenderungan Gaya Belajar Peserta Didik SD/MI. Madrasah, 6(1), 77–95. DOI: 10.18860/jt.v6i1.3291.

Nugraha, B. D. & Wibisono, S. 2016. Adik Bayi Datang Dari Mana? A-Z Pendidikan Seks Usia Dini. Jakarta: Mizan Publika.

Nurfadhillah, S., dkk. 2021. Media Pembelajaran Tingkat SD. Sukabumi: Jejak Publisher.

Nurfadillah, , S., S., dkk. 2021. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta didik SD Negeri Pinang 1. Bintang: Jurnal Pendidikan dan Sains, 3(1), 153–163. DOI: 10.36088/bintang.v3i1.1288.

Nurrita, T. 2018. Pengembangan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. MISYKAT: Jurnal Ilmu-Ilmu Al-Quran, Hadist, Syari’ah Dan Tarbiyah, 3(1), 171. DOI: 10.33511/misykat.v3n1.171.

Prastowo, A. 2015. Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta: DIVA Press.

Priyono, S. 2016. Pengaruh Penerapan Pembelajaran Kontekstual Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV SD Negeri Karangjati. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 5(9), 894–903. https://doi.org/10.33578.

Santrock, J. W. 2007. Perkembangan Anak. Terjemahan Penerbit Erlangga. Jakarta: Penerbit Erlangga.

Sumaryani. 2014. Pengalaman Ibu dalam Memberikan Pendidikan Seks Pada Anak Usia Prasekolah (3-6 Tahun ) di PAUD Menur RW 09 Kelurahan Cipinang Jakarta Timur. Skripsi tidak diterbitkan. Jakarta: Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.

Trimansyah. 2021. Kecenderungan Media Pembelajaran Interaktif. Jurnal Studi Pendidikan, 11(2), 13–27. DOI: 10.47625/fitrah.v12i1.311.

Utami, Y. S., & Wahyudi. 2021. Pengembangan Media Interaktif Berbasis Articulate Storyline pada Pembelajaran Tematik Peserta Didik Kelas V SD. Jurnal Riset Pendidikan Dasar, 04(1), 62–71. DOI: 10.26618/jrpd.v4i1.5056.




DOI: https://doi.org/10.21831/didaktika.v6i2.63943

DOI (PDF): https://doi.org/10.21831/didaktika.v6i2.63943.g20824

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Aprilia Eka Wiranti, Sri Estu Winahyu, Esti Untari

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

DIDAKTIKA has been abstracted and indexed by

View Didaktika Stats