Pengembangan Bahan Ajar digital Interaktif Berbasis Inkuiri Pada Mata Pelajaran IPA Kelas V Sekolah Dasar

Sayyidah Kaamilah, Universitas Negeri Jakarta, Indonesia
Herlina Usman, Universitas Negeri Jakarta, Indonesia
Yofita Sari, Universitas Negeri Jakarta, Indonesia

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan sebuah bahan ajar digital interaktif berbasis inkuiri yang dapat membantu peserta didik memahami mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam, terutama pada materi Pencernaan Makanan Pada Manusia. Penelitian ini menggunakan metode R&D (Research And Development) dengan model pendekatan ADDIE yang terdiri dari lima tahap, yaitu: Analisis, Desain, Pengembangan, Implementasi, dan Evaluasi. Teknik analisis data menggunakan hasil observasi, wawancara, dan kuesioner, serta teknik pengumpulan data dilakukan melalui uji one to one dan small group. Subjek penelitian ini melibatkan 30 peserta didik kelas V Sekolah Dasar. Validasi dilakukan oleh beberapa pakar, yaitu pakar media, pakar materi, dan pakar bahasa. Berdasarkan hasil penelitian, hasil uji validasi pakar media sebesar 87,72%, hasil uji validasi dari pakar materi mendapatkan rata-rata 89,90%, kemudian untuk pakar bahasa memperoleh rata-rata 89,25%. Sedangkan hasil uji  coba perorangan (one to one) sebesar 88,8% sehingga termasuk pada tingkatan baik, hasil uji  coba kelompok kecil (small group) sebesar 91% sehingga masuk kedalam tingkatan sangat baik, dan hasil uji lapangan (field  test). Dengan mempertimbangkan standar tersebut, pengembangan buku digital ini dapat dianggap pantas untuk dimanfaatkan dalam pengajaran IPA, terutama pada topik sistem pencernaan manusia.

Kata Kunci: bahan ajar interaktif, pencernaan makanan pada manusia, dan inkuiri


Full Text:

PDF

References


Aldabbas, H., & Oberholzer, N. (2023). The influence of transformational and learning through R&D capabilities on the competitive advantage of firms. Arab Gulf Journal of Scientific Research. https://doi.org/10.1108/AGJSR-08-2022-0141

Abidin, Y. (2012) Pembelajaran Bahasa Berbasis Pendidikan Karakter. Bandung: HSAA Press.

Akhmadan, W. (2017). Pengembangan Bahan Ajar Materi Garis dan Sudut Menggunakan Macromedia Flash dan Moodle Kelas VII Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Gantang, 2(1), 27-40.

Bahri, S., Syamsuri, I., & Mahanal, S. (2016). Pengembangan Modul Keanekaragaman Hayati dan Virus Berbasis Model Inkuiri Terbimbing Untuk Siswa Kelas X MAN 1 Malang. Jurnal Pendidikan : Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 1(2), 127–138. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.17977/jp.v1i2.6113

Cahyadi, R. A. H. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Addie Model. Halaqa: Islamic Education Journal, 3(1), 35–42. https://doi.org/10.21070/halaqa.v3i1.2124

Cris Smaramanik Dwiqi, G., Gde Wawan Sudatha, I., & Studi, P. (2020). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Mata Pelajaran IPA Untuk Siswa SD Kelas V. Dalam Jurnal EDUTECH Universitas Pendidikan Ganesha (Vol. 8, Nomor 2). https://doi.org/https://doi.org/10.23887/jeu.v8i2.28934

Dayanti, Z. R., Respati, R., & Gyartini, R. (2021). Pengembangan Bahan Ajar Elektronik Flipbook Dalam Pembelajaran Seni Rupa Daerah Siswa Kelas V di Sekolah Dasar. Journal of Elementary Education, 04, 5.

Dewanto, I. J., Hidayat, S., Sukmayadi, D., Pendidikan, M., Program, D., & Universitas Terbuka, P. (2021). Pengembangan Pembelajaran Inkuiri Berbantuan Multimedia Interaktif Pada Mata Pelajaran IPA Kelas V SD. Jurnal Muara Pendidikan, 6(1). https://doi.org/https://doi.org/10.52060/mp.v6i1.490

Endris, W. M., & Suhartini, S. (2022). Mengembangkan multimedia pembelajaran pada konsep arthropoda untuk meningkatkan pengaturan diri dan motivasi belajar siswa. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 8(1). https://doi.org/https://doi.org/10.21831/jipi.v8i1.48211

Febriyanti, R. H., Usman, H., Lustyantie, N., Iasha, V., & Setiawan, B. (2022). Utilizing Learning Management System in Online Writing Instruction in Higher Education: Indonesian Faculty Member Perspectives. Journal of Higher Education Theory and Practice, 22(10), 79–96. https://doi.org/10.33423/jhetp.v22i10.5388

Hidayat, A., Suyatna, A., & Suana, W. (2017). Pengembangan Buku Elektronik Interaktif Pada Materi Fisika Kuantum Kelas XII SMA. Jurnal Pendidikan Fisika Universitas Muhammadiyah Metro, V(2), 87–101. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.24127/jpf.v5i2.854

Ika Lestari. (2013). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Kompetensi (Sesuai dengan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan). Padang:Akademia Permata.

Kurniawati, S., Lesmono, ) A Djoko, Wahyuni, S., Program, M., & Fisika, S. P. (2021). Pengembangan Bahan Ajar Interaktif Berbasis IT Pokok Bahasan Getaran dan Gelombang Pada Pembelajaran IPA di SMP. 301–305.

Kwan, T. (2011). Developing Quality Learning Materials for Effective Teaching and Learning in an ODL environment: Making the jump from print modules to online modules. Asian Association of Open Universities Journal, 6(1), 51–58. https://doi.org/https://doi.org/10.1108/AAOUJ-06-01-2011-B006 Penerbit

Maffira Rathika, mYurnetti. (2020). Development E-Book Guided Inkuiri Model Physics Integrating Multimedia for Wave Propagation, Stationery and Sound Wave Leaarning Materials. Pillar Of Physics Education, 15(3), 225–234. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.24036/11867171074

Nafilatul, L., 1, M., Cahyaningtyas, A. P., & Ismiyanti, Y. (2021). Development of Digital Interactive Module “E-MOSI” (Elektronik Modul Puisi) for Grade IV Students of Elementary School of Kemala Bhayangkari 02 Article Info. EduBasic Journal: Jurnal Pendidikan Dasar, 3(2), 137–148. https://doi.org/doi.org/10.17509/ebj.v3i2.32617

Nurhasanah, A. (2017). Pengembangan Bahan Ajar Pendidikan Matematika 1 untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Mahasiswa PGSD Universitas Kuningan. EduHumaniora | Jurnal Pendidikan Dasar Kampus Cibiru, 9(2), 67. https://doi.org/https://doi.org/10.17509/eh.v9i2.7017

Prihatin, I. (2022). Pengembangan Bahan Ajar Interaktif Berbasis Pendekatan Saintifik Menggunakan Ispring Suite Pada Materi Eksponen Dan Logaritma. Journal Evaluation in Education (JEE), 3(1), 24–31. https://doi.org/10.37251/jee.v3i1.214

Rahmawati, F., Usman, H., & Nurhasanah, N. (2022). Pengembangan Digital Book Dalam Pembelajaran Membaca Pemahaman Materi Teks Nonfiksi Kelas IV SD. Wahana Sekolah Dasar, 31(1), 80–91. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.17977/um035v31i12023p80-91

Roro, M., & Wahyulestari, D. (2018). Keterampilan Dasar Mengajar di Skolah Dasar. Universitas Muhammadiyah Jakarta.

Sevilla, C. W., Halidjah, S., Ghasya, D. A. V., Suparjan, S., & Pranata, R. (2023). Pengembangan Bahan Ajar Interaktif IPA Materi Sistem Peredaran Kelas V Sekolah Dasar. FONDATIA, 7(1), 178–190. https://doi.org/10.36088/fondatia.v7i1.3101

Sriyanto, S., Buchori, A., Handayani, A., Nguyen, T., & Usman, H. (2020). Implementation Multi Factor Evaluation Process (MFEP) Decision Support System for Choosing the Best Elementary School Teacher. International Journal of Control and Automation, 13(2), 97–102.

Subandi, S., Choirudin, C., Mahmudi, M., Nizaruddin, N., & Hermanita, H. (2018). Building Interactive Communication with Google Classroom. International Journal of Engineering & Technology, 7(2.13), 460. https://doi.org/10.14419/ijet.v7i2.13.18141




DOI: https://doi.org/10.21831/didaktika.v6i2.60763

DOI (PDF): https://doi.org/10.21831/didaktika.v6i2.60763.g20818

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 sayyidah kaamilah, Herlina Usman, Yofita Sari

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

DIDAKTIKA has been abstracted and indexed by

View Didaktika Stats