Pengaruh Model Pembelajaran Think Pair Share (TPS) Terhadap Pemahaman Nilai-Nilai Pancasila di Kelas VI Sekolah Dasar
Muhammad Mutofifin, SD Negeri 2 Blerong, Indonesia
Abstract
Full Text:
PDFReferences
Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Handayani, Riska D., & Yuli Yanti. 2017. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share Terhadap Hasil Belajar PKn Siswa Di Kelas IV MI Terpadu Muhammadiyah Sukarame Bandar Lampung. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar,Vol. 4, No. 2: 107-123.
Husni, M., Lasmawan, W., & Marhaeni, A. A. I. N. (2013). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share terhadap Prestasi Belajar PKN Kelas IV SD Gugus I Selong Ditinjau dari Motivasi Belajar (Doctoral dissertation, Ganesha University of Education).
Ibrahim, dkk. 2011. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Meilana, S. F., Aulia, N., Zulherman, Z., & Aji, G. B. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Think Pair Share (TPS) terhadap Kemampuan Berpikir Kritis di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(1), 218-226.
Komalasari, Kokom. 2011. Pembelajaran Kontekstual, Konsep dan Aplikasi. Bandung: PT Refika Aditama.
Reinita dan Delsa Andrika. 2017. Pengaruh Penggunaan Model Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) dalam Pembelajaran PKn di Sekolah Dasar. Jurnal Inovasi Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar. ISSN 2579-3403. Volume 1, Nomor 2.
Sinaga. 2008. Paradigma Lama Kontra Paradigma Baru Pembelajaran di Sekolah. https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/gk/article/view/6940/5940. Diakses: Tanggal 15 Juli 2022.
Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sulisworo, Dwi dan Suryani. 2014. “The Effect of Cooperative Learning, Motivation and Information Technology Literacy to Achievement”. International Journal of Learning & Development. Vol. 4(2) : 58-64
Sumbung, E. (2020). Meningkatkan hasil belajar PPKN siswa kelas XII IPS 1 SMAN 1 Kuta Selatan tahun pelajaran 2019-2020 menggunakan model think pair share berbantuan kartu masalah. Indonesian Journal of Educational Development, 1(1), 104-111.
Trianto. (2010). Model Pembelajaran Inovatif-Progresif Konsep, Landasan, dan Implementasi Pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Kencana
Tutu, M. (2019). Meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Kewarganegaraan Melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share Siswa Sekolah Menengah Atas Negeri 4 Polewali Mandar Provinsi Sulawesi Barat. JED (Jurnal Etika Demokrasi), 4(2).
Widjaja, H.A.W. 2017. Penerapan Nilai-Nilai Pancasila dan Hak Asasi Manusia di Indonesia. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
DOI: https://doi.org/10.21831/didaktika.v5i2.54077
DOI (PDF): https://doi.org/10.21831/didaktika.v5i2.54077.g18486
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Wawan Shokib Rondli, Muhammad Mutofifin
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
DIDAKTIKA has been abstracted and indexed by