Pengembangan Media Gambar Berseri Tema 4 Subtema 1 Materi Unsur Intrinsik Pada Cerita Anak

Dwi Kartika Yulistanti, Universitas Muhamadiyah Malang, Indonesia
Innany Mukhlishina, Universitas Muhamadiyah Malang, Indonesia

Abstract


Media pembelajaran merupakan salah satu unsur yang memegang peranan penting dalam proses pembelajaran. Media pembelajaran sebagai sumber belajar membantu guru memperkaya wawasan siswanya. Siswa dan guru membutuhkan media pembelajaran untuk memudahkan penyampaian materi pembelajaran agar tujuan pembelajaran yang sudah disusun sebelumnya dapat tercapai. Tujuan dari penelitian ini yaitu menghasilkan media gambar berseri yang layak digunakan dan mendeskripsikan respon siswa terhadap media gambar berseri. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan (Research and Development). Model pengembangan yang digunakan adalah model ADDIE dari Dick and Carey. Ahli materi dan media menyatakan bahwa media ini “layak” untuk disampaikan dan diberikan kepada siswa serta dijadikan media dalam pembelajaran. Hasil analisis pada validasi ahli materi mendapatkan nilai sebesar 92% dan ahli media mendapatkan nilai 94% media gambar berseri dinyatakan layak dengan mendapatkan kategori sangat baik untuk digunakan dalam pembelajaran kelas IV tema 4 subtema 1 pembelajaran 1. Respon siswa terhadap media gambar berseri termasuk dalam kategori sangat baik dengan nilai sebesar 98%, oleh karena itu media gambar berseri ini dapat menarik minat dan membuat siswa lebih mudah dalam mengingat materi

Full Text:

PDF

References


Dwitia, A. (2022). Pengembangan Media Gambar Berseri Untuk Meningkatkan Keterampilan Berbahasa Indonesia Peserta Didik Kelas Ii Sd/Mi [Universitas Islam Negeri Raden Intan]. http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/17762

Hasan, M. (2021). Media Pembelajaran (F. Sukmawati (ed.)). Tahta Media.

Hermawan, dkk. (2019). Pemanfaatan Hasil Analisis Novel Seruni Karya Almas Sufeeya Sebagai Bahan Ajar Sastra Di SMA. Jurnal Bahasa, Sastra Indonesia Dan Pengajarannya, 12(1), 11–20.

Marinda, L. (2020). Piaget dan problematikanya. Jurnal An-Nisa :Jurnal Kajian Perempuan & Keislaman, 13(1), 116–152.

Martani, K. D. (2020). Penerapan Media Pembelajaran Digital Book Menggunakan Aplikasi Anyflip Untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Bahasa Indonesia Dalam Mengidentifikasi Unsur Intrinsik Cerita Siswa Kelas 4 SD N Bagusan Kecamatan Parakan Kabupaten Temanggung. JP3 (Jurnal Pendidikan Dan Profesi Pendidik), 6(1), 65–72. https://doi.org/10.26877/jp3.v6i1.7296

Morissan. (2017). Metode Penelitian Survey (1st ed.). Kencana.

Nurgiyantoro, B. (2018). Sastra Anak : Pengantar Pemahaman Dunia Anak. UGM Press.

Putra, N. A. (2013). Penggunaan Media Gambar Seri untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Narasi pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas IV SDN Moahino Kabupaten Morowali. Kreatif Tadulako Online, 2(4), 230–242. http://jurnal.untad.ac.id/jurnal/index.php/JKTO/article/view/3989

Rayanto, Y. H., & Sugianti. (2020). Penelitian Pengembagan Model Addie dan R2D2 : Teori dan Praktek (T. Rokhmawan (ed.); p. 19). Lembaga Academic & Research Institute. https://books.google.co.id/books?hl=id&lr=&id=pJHcDwAAQBAJ&oi=fnd&pg=PP1&dq=Rayanto,+Y.H.,+dan+Sugianti.+2020.+Penelitian+Pengembagan+Model+Addie+dan+R2D2+:+Teori+dan+Praktek.+Pasuruan:+Lembaga+Academic+%26+Research+Institute&ots=ybpjWzBtFY&sig=ZDObMpNjtv

Riyanto, S., & Hatmawan, A. A. (2020). Metode Riset Penelitian Kuantitatif di Bidang Manajemen, Teknik, Pendidikan, dan Eksperimen (1st ed.). Deepublish.

Sari, A. P. P., Amin, M., & Lukiati, B. (2017). Buku Ajar Bioteknologi Berbasis Bioinformatika Dengan Model ADDIE. Jurnal Pendidikan, 2(6), 768–772. http://journal.um.ac.id/index.php/jptpp/article/view/9334/4482

Shufa, N. K. F. (2018). Pembelajaran Berbasis Kearifan Lokal Di Sekolah Dasar: Sebuah Kerangka Konseptual. INOPENDAS: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 1(1), 48–53. https://jurnal.umk.ac.id/index.php/pendas/article/view/2316

Undang-Undang Republik Indonesia nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, (2003).




DOI: https://doi.org/10.21831/didaktika.v5i2.51881

DOI (PDF): https://doi.org/10.21831/didaktika.v5i2.51881.g18517

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Dwi Kartika Yulistanti

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

DIDAKTIKA has been abstracted and indexed by

View Didaktika Stats