Pengembangan Media Gambar Berseri Tema 4 Subtema 1 Materi Unsur Intrinsik Pada Cerita Anak
DOI:
https://doi.org/10.21831/didaktika.v5i2.51881Abstract
Media pembelajaran merupakan salah satu unsur yang memegang peranan penting dalam proses pembelajaran. Media pembelajaran sebagai sumber belajar membantu guru memperkaya wawasan siswanya. Siswa dan guru membutuhkan media pembelajaran untuk memudahkan penyampaian materi pembelajaran agar tujuan pembelajaran yang sudah disusun sebelumnya dapat tercapai. Tujuan dari penelitian ini yaitu menghasilkan media gambar berseri yang layak digunakan dan mendeskripsikan respon siswa terhadap media gambar berseri. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan (Research and Development). Model pengembangan yang digunakan adalah model ADDIE dari Dick and Carey. Ahli materi dan media menyatakan bahwa media ini "layak" untuk disampaikan dan diberikan kepada siswa serta dijadikan media dalam pembelajaran. Hasil analisis pada validasi ahli materi mendapatkan nilai sebesar 92% dan ahli media mendapatkan nilai 94% media gambar berseri dinyatakan layak dengan mendapatkan kategori sangat baik untuk digunakan dalam pembelajaran kelas IV tema 4 subtema 1 pembelajaran 1. Respon siswa terhadap media gambar berseri termasuk dalam kategori sangat baik dengan nilai sebesar 98%, oleh karena itu media gambar berseri ini dapat menarik minat dan membuat siswa lebih mudah dalam mengingat materiReferences
Dwitia, A. (2022). Pengembangan Media Gambar Berseri Untuk Meningkatkan Keterampilan Berbahasa Indonesia Peserta Didik Kelas Ii Sd/Mi [Universitas Islam Negeri Raden Intan]. http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/17762
Hasan, M. (2021). Media Pembelajaran (F. Sukmawati (ed.)). Tahta Media.
Hermawan, dkk. (2019). Pemanfaatan Hasil Analisis Novel Seruni Karya Almas Sufeeya Sebagai Bahan Ajar Sastra Di SMA. Jurnal Bahasa, Sastra Indonesia Dan Pengajarannya, 12(1), 11–20.
Marinda, L. (2020). Piaget dan problematikanya. Jurnal An-Nisa :Jurnal Kajian Perempuan & Keislaman, 13(1), 116–152.
Martani, K. D. (2020). Penerapan Media Pembelajaran Digital Book Menggunakan Aplikasi Anyflip Untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Bahasa Indonesia Dalam Mengidentifikasi Unsur Intrinsik Cerita Siswa Kelas 4 SD N Bagusan Kecamatan Parakan Kabupaten Temanggung. JP3 (Jurnal Pendidikan Dan Profesi Pendidik), 6(1), 65–72. https://doi.org/10.26877/jp3.v6i1.7296
Morissan. (2017). Metode Penelitian Survey (1st ed.). Kencana.
Nurgiyantoro, B. (2018). Sastra Anak : Pengantar Pemahaman Dunia Anak. UGM Press.
Putra, N. A. (2013). Penggunaan Media Gambar Seri untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Narasi pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas IV SDN Moahino Kabupaten Morowali. Kreatif Tadulako Online, 2(4), 230–242. http://jurnal.untad.ac.id/jurnal/index.php/JKTO/article/view/3989
Rayanto, Y. H., & Sugianti. (2020). Penelitian Pengembagan Model Addie dan R2D2 : Teori dan Praktek (T. Rokhmawan (ed.); p. 19). Lembaga Academic & Research Institute. https://books.google.co.id/books?hl=id&lr=&id=pJHcDwAAQBAJ&oi=fnd&pg=PP1&dq=Rayanto,+Y.H.,+dan+Sugianti.+2020.+Penelitian+Pengembagan+Model+Addie+dan+R2D2+:+Teori+dan+Praktek.+Pasuruan:+Lembaga+Academic+%26+Research+Institute&ots=ybpjWzBtFY&sig=ZDObMpNjtv
Riyanto, S., & Hatmawan, A. A. (2020). Metode Riset Penelitian Kuantitatif di Bidang Manajemen, Teknik, Pendidikan, dan Eksperimen (1st ed.). Deepublish.
Sari, A. P. P., Amin, M., & Lukiati, B. (2017). Buku Ajar Bioteknologi Berbasis Bioinformatika Dengan Model ADDIE. Jurnal Pendidikan, 2(6), 768–772. http://journal.um.ac.id/index.php/jptpp/article/view/9334/4482
Shufa, N. K. F. (2018). Pembelajaran Berbasis Kearifan Lokal Di Sekolah Dasar: Sebuah Kerangka Konseptual. INOPENDAS: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 1(1), 48–53. https://jurnal.umk.ac.id/index.php/pendas/article/view/2316
Undang-Undang Republik Indonesia nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, (2003).
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.