Penggunaan Modul "Aksi Sekolah" sebagai Upaya Peningkatan Kemampuan Literasi Baca Tulis Peserta Didik SD
DOI:
https://doi.org/10.21831/didaktika.v5i2.51693Abstract
Literasi baca tulis merupakan salah satu literasi dasar yang harus dikuasai peserta didik berdasarkan Gerakan Literasi Nasional (GLN) yang dicanangkan oleh Kemendikbud. Berdasarkan hasil skor AKSI / INAP tahun 2016 capaian kemapuan membaca peserta didik jenjang sekolah dasar menunjukkan hasil yang memprihatinkan, yaitu 46,83 % peserta didik memiliki kemampuan membaca dengan kategori kurang. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan modul "Aksi Sekolah" dalam upaya untuk meningkatkan literasi baca tulis peserta didik. Jenis penelitian yaitu, kuantitatif eksperimen dengan desain one group pretest posttest design. Subjek penelitian yaitu peserta didik kelas IV SDN 1 Cepu. Teknik pengumpulan data meliputi teknik observasi, tes, wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan uji V Aiken untuk instrument dan uji N-gain untuk uji data. Hasil rata-rata nilai pretest adalah 61.60 sedangkan nilai posttest adalah 79.20. Hasil analisis hipotesis menggunakan Uji N Gain diperoleh rata–rata N-gain skor sebesar 0,57 termasuk dalam kategori sedang. Dapat disimpulkan penggunaan modul "Aksi Sekolah" membawa pengaruh nyata dan dapat meningkatkan literasi baca tulis peserta didik SDN 1 Cepu dengan kategori sedang.References
Adawiyah, R., Isnaini, N. F., Hasanah, U., & Faridah, N. R. (2021). Kesiapan Pelaksanaan Pembelajaran Tatap Muka pada Era New Normal di MI At-Tanwir Bojonegoro. Jurnal Basicedu, 5(5), 3814–3821.
Amalia, R. (2021). Effectiveness of Learning Activities during the Covid- 19 Pandemic [ Efektivitas Kegiatan Pembelajaran di Masa Pandemi Covid-19 ]. Proceedings of The ICERS, 10.
Asih, T. P., Rintayati, P., & Adi, F. P. (2021). Analisis efektivitas pembelajaran tatap muka terbatas dalam mata pelajaran ipa di sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Indonesia, 36.
Azis, R. N. A., Oktaviyanti, I., & ... (2022). Gaya Belajar Visual Anak Selama Pandemi Di Kelurahan Purwodadi. ULIL ALBAB: Jurnal Ilmiah ..., 1(4), 601–605. http://ulilalbabinstitute.com/index.php/JIM/article/view/171%0Ahttp://ulilalbabinstitute.com/index.php/JIM/article/download/171/138
Indriyani, V., Asri, Y., & Ramadhan, S. (2018). Learning Module Design Writing Argumentative Text Based Problem-Based Learning. 263(Iclle), 194–200. https://doi.org/10.2991/iclle-18.2018.32
Kemendikbud. (2017). Panduan Gerakan Literasi Nasional. Panduan Gerakan Literasi Nasional, 50.
Kemendikbud. (2020). AKM dan Implikasinya pada Pembelajaran. Pusat Asesmen Dan Pembelajaran Badan Penelitian Dan Pengembangan Dan Perbukuan Kementerian Pendidikan Dan KebudayaanPembelajaran Badan Penelitian Dan Pengembangan Dan Perbukuan Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan, 1–37.
La Ode Onde, M. K., Aswat, H., Sari, E. R., & Meliza, N. (2021). Analisis Pelaksanaan Pembelajaran Tatap Muka Terbatas (TMT) di masa New Normal terhadap Hasil Belajar Matematika di Sekolah Dasar. In Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan (Vol. 3, Issue 6, pp. 4400–4406). https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i6.1449
Latief, H. (2016). Pengaruh Pembelajaran Kontekstual Terhadap Hasil Belajar (Studi Eksperimen Pada Mata Pelajaran Geografi Kelas Vii Di Smpn 4 Padalarang). Jurnal Geografi Gea, 14(2), 14–28. https://doi.org/10.17509/gea.v14i2.3395
Mataya, I. (2020). Pemanfaatan E-Modul Berbasis Smartphone Sebagai Media Literasi Masyakarat. http://ejournal.mandalanursa.org/index.php/JISIP/index
Navida, I., Fakhriyah, F., Kironoratri, L., Universitas, M., Kudus, M., Universitas, D., Kudus, M., Universitas, D., Kudus, M., Lingkar, J., Gondangmanis, U., Bae, K., & Kudus, K. (2021). Pola Asuh Orang Tua Dalam Meningkatkan. 14(1), 11–21.
Nurillatiffah, T., Salsabila, N. A., & Pontoh, R. S. (2021). Pengaruh PTM Terbatas Terhadap Efektivitas Belajar pada Tingkat Menengah Atas Negeri di Kota Bandung. E-Prosiding Nasional| Departemen Statistika FMIPA Universitas Padjadjaran, 10(2), 39.
Pramono, R. S. (2021). The Feasibility Study of Moodle-Based E-Module to Increase The Numeration Literacy of Elementary School Students. DIDAKTIKA: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, December. https://journal.uny.ac.id/index.php/didaktika/article/view/41034
Pusat Penilaian Pendidikan. (2016). Asesmen Kompetensi Siswa Indonesia (AKSI)/Indonesia National Assessment Programme (INAP). 1–2.
Rosita, D. A., & Damayanti, R. (2021). Pelaksanaan Program Kampus Mengajar Perintis Pada Sekolah Dasar Terdampak Pandemi Covid-19. Prima Magistra: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 2(1), 42–49. https://doi.org/10.37478/jpm.v2i1.852
Siswoyo, A. A. (2021). Developing Thematic Learning Module Based on Ethnoscience Oriented Outdoor Learning Strategy To Improve Student'S Learning Outcomes in Primary School. Al-Bidayah : Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 13(1), 237–250. https://doi.org/10.14421/al-bidayah.v13i1.283
Solikhah, I. (2015). Reading and Writing as Academic Literacy in EAP Program of Indonesian Leaners. Dinamika Ilmu, 15(2), 325. https://doi.org/10.21093/di.v15i2.261
Sugiyono, P. D. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta, cv.
Downloads
Published
Issue
Section
License
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.