Penggunaan Modul “Aksi Sekolah” sebagai Upaya Peningkatan Kemampuan Literasi Baca Tulis Peserta Didik SD

Putri Rizki Utami, Universitas Muria Kudus, Indonesia
Lintang Kironoratri, Universitas Muria Kudus, Indonesia
Much Arsyad Fardani, Universitas Muria Kudus, Indonesia

Abstract


Literasi baca tulis merupakan salah satu literasi dasar yang harus dikuasai peserta didik berdasarkan Gerakan Literasi Nasional (GLN) yang dicanangkan oleh Kemendikbud. Berdasarkan hasil skor AKSI /  INAP tahun 2016 capaian  kemapuan membaca peserta didik jenjang sekolah dasar menunjukkan hasil yang memprihatinkan, yaitu 46,83 % peserta didik memiliki kemampuan membaca dengan kategori kurang. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan modul “Aksi Sekolah” dalam upaya untuk meningkatkan literasi baca tulis peserta didik. Jenis penelitian yaitu, kuantitatif eksperimen dengan desain one group pretest posttest design. Subjek penelitian yaitu peserta didik kelas IV SDN 1 Cepu. Teknik pengumpulan data meliputi teknik observasi, tes, wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan uji V Aiken untuk instrument dan uji N-gain untuk uji data. Hasil rata-rata nilai pretest adalah 61.60 sedangkan nilai posttest adalah 79.20. Hasil analisis hipotesis menggunakan Uji N Gain diperoleh rata–rata N-gain skor sebesar 0,57 termasuk dalam kategori sedang. Dapat disimpulkan penggunaan modul “Aksi Sekolah” membawa pengaruh nyata dan dapat meningkatkan literasi baca tulis peserta didik SDN 1 Cepu dengan kategori sedang.

Full Text:

PDF

References


Adawiyah, R., Isnaini, N. F., Hasanah, U., & Faridah, N. R. (2021). Kesiapan Pelaksanaan Pembelajaran Tatap Muka pada Era New Normal di MI At-Tanwir Bojonegoro. Jurnal Basicedu, 5(5), 3814–3821.

Amalia, R. (2021). Effectiveness of Learning Activities during the Covid- 19 Pandemic [ Efektivitas Kegiatan Pembelajaran di Masa Pandemi Covid-19 ]. Proceedings of The ICERS, 10.

Asih, T. P., Rintayati, P., & Adi, F. P. (2021). Analisis efektivitas pembelajaran tatap muka terbatas dalam mata pelajaran ipa di sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Indonesia, 36.

Azis, R. N. A., Oktaviyanti, I., & ... (2022). Gaya Belajar Visual Anak Selama Pandemi Di Kelurahan Purwodadi. ULIL ALBAB: Jurnal Ilmiah …, 1(4), 601–605. http://ulilalbabinstitute.com/index.php/JIM/article/view/171%0Ahttp://ulilalbabinstitute.com/index.php/JIM/article/download/171/138

Indriyani, V., Asri, Y., & Ramadhan, S. (2018). Learning Module Design Writing Argumentative Text Based Problem-Based Learning. 263(Iclle), 194–200. https://doi.org/10.2991/iclle-18.2018.32

Kemendikbud. (2017). Panduan Gerakan Literasi Nasional. Panduan Gerakan Literasi Nasional, 50.

Kemendikbud. (2020). AKM dan Implikasinya pada Pembelajaran. Pusat Asesmen Dan Pembelajaran Badan Penelitian Dan Pengembangan Dan Perbukuan Kementerian Pendidikan Dan KebudayaanPembelajaran Badan Penelitian Dan Pengembangan Dan Perbukuan Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan, 1–37.

La Ode Onde, M. K., Aswat, H., Sari, E. R., & Meliza, N. (2021). Analisis Pelaksanaan Pembelajaran Tatap Muka Terbatas (TMT) di masa New Normal terhadap Hasil Belajar Matematika di Sekolah Dasar. In Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan (Vol. 3, Issue 6, pp. 4400–4406). https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i6.1449

Latief, H. (2016). Pengaruh Pembelajaran Kontekstual Terhadap Hasil Belajar (Studi Eksperimen Pada Mata Pelajaran Geografi Kelas Vii Di Smpn 4 Padalarang). Jurnal Geografi Gea, 14(2), 14–28. https://doi.org/10.17509/gea.v14i2.3395

Mataya, I. (2020). Pemanfaatan E-Modul Berbasis Smartphone Sebagai Media Literasi Masyakarat. http://ejournal.mandalanursa.org/index.php/JISIP/index

Navida, I., Fakhriyah, F., Kironoratri, L., Universitas, M., Kudus, M., Universitas, D., Kudus, M., Universitas, D., Kudus, M., Lingkar, J., Gondangmanis, U., Bae, K., & Kudus, K. (2021). Pola Asuh Orang Tua Dalam Meningkatkan. 14(1), 11–21.

Nurillatiffah, T., Salsabila, N. A., & Pontoh, R. S. (2021). Pengaruh PTM Terbatas Terhadap Efektivitas Belajar pada Tingkat Menengah Atas Negeri di Kota Bandung. E-Prosiding Nasional| Departemen Statistika FMIPA Universitas Padjadjaran, 10(2), 39.

Pramono, R. S. (2021). The Feasibility Study of Moodle-Based E-Module to Increase The Numeration Literacy of Elementary School Students. DIDAKTIKA: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, December. https://journal.uny.ac.id/index.php/didaktika/article/view/41034

Pusat Penilaian Pendidikan. (2016). Asesmen Kompetensi Siswa Indonesia (AKSI)/Indonesia National Assessment Programme (INAP). 1–2.

Rosita, D. A., & Damayanti, R. (2021). Pelaksanaan Program Kampus Mengajar Perintis Pada Sekolah Dasar Terdampak Pandemi Covid-19. Prima Magistra: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 2(1), 42–49. https://doi.org/10.37478/jpm.v2i1.852

Siswoyo, A. A. (2021). Developing Thematic Learning Module Based on Ethnoscience Oriented Outdoor Learning Strategy To Improve Student’S Learning Outcomes in Primary School. Al-Bidayah : Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 13(1), 237–250. https://doi.org/10.14421/al-bidayah.v13i1.283

Solikhah, I. (2015). Reading and Writing as Academic Literacy in EAP Program of Indonesian Leaners. Dinamika Ilmu, 15(2), 325. https://doi.org/10.21093/di.v15i2.261

Sugiyono, P. D. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta, cv.




DOI: https://doi.org/10.21831/didaktika.v5i2.51693

DOI (PDF): https://doi.org/10.21831/didaktika.v5i2.51693.g18519

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Putri Rizki Utami, Lintang Kironoratri, Much Arsyad Fardani

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

DIDAKTIKA has been abstracted and indexed by

View Didaktika Stats