Analisis Karakter Religius Siswa Kelas IV Melalui Budaya Sekolah di SD Al Bayyinah Muhammadiyah

Nada Amelia, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Muhammadiyah Jakarta, Indonesia
Misriandi Misriandi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Muhammadiyah Jakarta, Indonesia

Abstract


Sekolah merupakan salah satu sarana belajar yang sangat luas untuk pendidikan karakter. Pendidikan karakter merupakan suatu usaha untuk menanamkan kebiasaan-kebiasaan yang baik sehingga anak mampu bersikap dan bertindak sesuai dengan nilai-nilai yang menjadi kerpibadiannya. Karakter religius merupakan hal penting untuk diterapkan sejak dini kepada para siswa dengan tujuan untuk memperkokoh moral siswa tersebut. Karakter dilandasi oleh nilai-nilai keimanan kepada Tuhan Yang Maha Esa yang disesuaikan dengan aturan serta ajaran yang terdapat dalam Al-Qur’an. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peran budaya dalam menerapkan karakter religius dalam budaya sekolah di SD Al Bayyinah Muhammadiyah. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Hasil penelitian ini ialah untuk mengetahui program-program sekolah untuk meningkatkan karakter religius melalui budaya sekolah di SD Al Bayyinah Muhammadiyah, kemudian metode dalam pembentukan karakter ini diterapkan melalui sosialisasi kegiatan, keteladanan serta pengelolaan lingkungan sekolah, dan peningkatan karakter religius ini melibatkan seluruh komponen dalam sekolah tersebut. Dalam penelitian ini menyatakan bahwa  peran budaya sekolah religius dapat membentuk karakter siswa.

Full Text:

PDF

References


Atika, Surya. (2011). Pelaksanaan Pendidikan Karakter (Religius, Cinta Tanah Air dan Disiplin) di SLB Al Ishlaah Padang. Jurnal Ilmiah Pendidikan Khusus. 3(3).

Asyari, D., & Dewi, D. A. (2021). Peran Pendidikan Kewarganegaraan bagi Generasi Milenial dalam Menanamkan Jiwa Nasionalisme Di Era Globalisasi. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 3(2), 30-41.

Ayun, Q. (2017). Pola asuh orang tua dan metode pengasuhan dalam membentuk kepribadian anak. ThufuLA: Jurnal Inovasi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal, 5(1), 102-122.

Cahyaningrum, E. S., Sudaryanti, S., & Purwanto, N. A. (2017). Pengembangan nilai-nilai karakter anak usia dini melalui pembiasaan dan keteladanan. Jurnal Pendidikan Anak, 6(2), 203-213.

Hambali dan Yulianti, Muhammad dan eva. (2018). Ekstrakulikuler Keagamaan Terhadap Pembentukan Karakter Religius Peserta Didik Di Kota Majapahit. Jurnal Pedagogik. 5(2).

Jumala, N. (2017). Memahami Tingkatan Spiritual Manusia Dalam Mendeteksi Krisis Nilai Moral. JPPUMA: Jurnal Ilmu Pemerintahan dan Sosial Politik UMA (Journal of Governance and Political Social UMA), 5(1), 42-50.

Khotimah, Khusnul. (2017). Model Manajemen Pendidikan Karakter Religius di SDIT Qurrota A’Yun Ponorogo. Jurnal Model Manajemen pendidikan karakter. 1(2).

Mala, Abdurrahman R. (2015). Membangun Budaya Islami di Sekolah. Jurnal Iain Gorontalo. 11(1).

Margono, S. (2010). Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Maryamah, Eva. (2016). Pengembangan Budaya Sekolah. Jurnal Tarbawi. 2(2) .

Muhammaddin, M. (2013). Kebutuhan Manusia Terhadap Agama. Jurnal Ilmu Agama: Mengkaji Doktrin, Pemikiran, Dan Fenomena Agama, 14(1), 99-114.

Oviyanti, F. (2016). Tantangan pengembangan pendidikan keguruan di era global. Nadwa: Jurnal Pendidikan Islam, 7(2), 267-282.

Putra dan Dwilestari, Nusa dan Ninin. (2012). Penelitian Kualitatif Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Rajawali Pers.

Riadi, A. (2016). Pendidikan Karakter Di Madrasah/Sekolah. ITTIHAD, 14(26).

Siregar, Fitri Rayani. (2017). Nilai-nilai Budaya Sekolah dalam Pembinaan Aktivitas Keagamaan Siswa SD IT Bunayya Padangsidimpuan. Jurnal Pusat Studi Gender dan Anak. 1(1).

Sudrajat, A. (2011). Mengapa pendidikan karakter?. Jurnal Pendidikan Karakter, 1(1).

Supriyanto. (2018). Strategi menciptakan budaya religius di sekolah. Jurnal Tawadhu. Vol 2. No1.

Susilowati, E. (2013). Kematangan emosi dengan penyesuaian sosial pada siswa akselerasi tingkat SMP. Jurnal Online Psikologi, 1(1), 101-113.

Wiyono, H. (2012). Pendidikan karakter dalam bingkai pembelajaran di sekolah. CIVIS, 2(2).

Yuristia, A. (2018). Pendidikan sebagai transformasi kebudayaan. IJTIMAIYAH Jurnal Ilmu Sosial Dan Budaya, 2(1).




DOI: https://doi.org/10.21831/didaktika.v5i2.43990

DOI (PDF): https://doi.org/10.21831/didaktika.v5i2.43990.g18522

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Nada Amelia

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

DIDAKTIKA has been abstracted and indexed by

View Didaktika Stats