Analisis Karakter Religius Siswa Kelas IV Melalui Budaya Sekolah di SD Al Bayyinah Muhammadiyah
Misriandi Misriandi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Muhammadiyah Jakarta, Indonesia
Abstract
Full Text:
PDFReferences
Atika, Surya. (2011). Pelaksanaan Pendidikan Karakter (Religius, Cinta Tanah Air dan Disiplin) di SLB Al Ishlaah Padang. Jurnal Ilmiah Pendidikan Khusus. 3(3).
Asyari, D., & Dewi, D. A. (2021). Peran Pendidikan Kewarganegaraan bagi Generasi Milenial dalam Menanamkan Jiwa Nasionalisme Di Era Globalisasi. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 3(2), 30-41.
Ayun, Q. (2017). Pola asuh orang tua dan metode pengasuhan dalam membentuk kepribadian anak. ThufuLA: Jurnal Inovasi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal, 5(1), 102-122.
Cahyaningrum, E. S., Sudaryanti, S., & Purwanto, N. A. (2017). Pengembangan nilai-nilai karakter anak usia dini melalui pembiasaan dan keteladanan. Jurnal Pendidikan Anak, 6(2), 203-213.
Hambali dan Yulianti, Muhammad dan eva. (2018). Ekstrakulikuler Keagamaan Terhadap Pembentukan Karakter Religius Peserta Didik Di Kota Majapahit. Jurnal Pedagogik. 5(2).
Jumala, N. (2017). Memahami Tingkatan Spiritual Manusia Dalam Mendeteksi Krisis Nilai Moral. JPPUMA: Jurnal Ilmu Pemerintahan dan Sosial Politik UMA (Journal of Governance and Political Social UMA), 5(1), 42-50.
Khotimah, Khusnul. (2017). Model Manajemen Pendidikan Karakter Religius di SDIT Qurrota A’Yun Ponorogo. Jurnal Model Manajemen pendidikan karakter. 1(2).
Mala, Abdurrahman R. (2015). Membangun Budaya Islami di Sekolah. Jurnal Iain Gorontalo. 11(1).
Margono, S. (2010). Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.
Maryamah, Eva. (2016). Pengembangan Budaya Sekolah. Jurnal Tarbawi. 2(2) .
Muhammaddin, M. (2013). Kebutuhan Manusia Terhadap Agama. Jurnal Ilmu Agama: Mengkaji Doktrin, Pemikiran, Dan Fenomena Agama, 14(1), 99-114.
Oviyanti, F. (2016). Tantangan pengembangan pendidikan keguruan di era global. Nadwa: Jurnal Pendidikan Islam, 7(2), 267-282.
Putra dan Dwilestari, Nusa dan Ninin. (2012). Penelitian Kualitatif Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Rajawali Pers.
Riadi, A. (2016). Pendidikan Karakter Di Madrasah/Sekolah. ITTIHAD, 14(26).
Siregar, Fitri Rayani. (2017). Nilai-nilai Budaya Sekolah dalam Pembinaan Aktivitas Keagamaan Siswa SD IT Bunayya Padangsidimpuan. Jurnal Pusat Studi Gender dan Anak. 1(1).
Sudrajat, A. (2011). Mengapa pendidikan karakter?. Jurnal Pendidikan Karakter, 1(1).
Supriyanto. (2018). Strategi menciptakan budaya religius di sekolah. Jurnal Tawadhu. Vol 2. No1.
Susilowati, E. (2013). Kematangan emosi dengan penyesuaian sosial pada siswa akselerasi tingkat SMP. Jurnal Online Psikologi, 1(1), 101-113.
Wiyono, H. (2012). Pendidikan karakter dalam bingkai pembelajaran di sekolah. CIVIS, 2(2).
Yuristia, A. (2018). Pendidikan sebagai transformasi kebudayaan. IJTIMAIYAH Jurnal Ilmu Sosial Dan Budaya, 2(1).
DOI: https://doi.org/10.21831/didaktika.v5i2.43990
DOI (PDF): https://doi.org/10.21831/didaktika.v5i2.43990.g18522
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Nada Amelia
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
DIDAKTIKA has been abstracted and indexed by