Penggunaan Buku Cerita Bergambar dalam Menumbuhkan Gerakan Literasi sebagai Kesiapan Asesmen Kompetensi Minimum di Sekolah Dasar

Rizky Arianty, Pascasarjana Universitas Negeri Semarang, Indonesia

Abstract


Media pembelajaran buku cerita bergambar dapat dijadikan salah satu sarana untuk menumbuhkan gerakan literasi di sekolah utamanya dalam mempersiapkan Asesmen Kompetensi Minimum. Literasi yang diharapkan bukan hanya sebatas kemampuan membaca dan berhitung saja, namun juga pada penerapannya dalam kehidupan sehari-hari. Perhatian serius terhadap kemampuan literasi ditunjukkan oleh upaya Kemendikbud yang tercantum dalam kebijakan Asesmen Kompetensi Minimum. Review ini mengkaji penggunaan buku cerita bergambar dalam menumbuhkan gerakan literasi untuk mempersiapkan Asesmen Kompetensi Minimum di sekolah dasar. Review dilakukan dengan menganalisis manuskrip hasil riset yang diperoleh dari google scholar yang terindeks secara nasional dan internasional. Review ini melibatkan 20 artikel jurnal hasil riset yang berkaitan dengan buku cerita bergambar, literasi membaca dan literasi berhitung. Artikel disusun dalam bentuk systematic review dengan menggunakan metode prisma. Berdasarkan hasil review didapatkan bahwa media buku cerita bergambar dapat menumbuhkan gerakan literasi siswa di sekolah dasar, sebagai salah satu upaya untuk mempersiapkan siswa dalam menghadapi Asesmen Kompetensi Minimum.


Full Text:

PDF PDF

References


Abad, Mendukung Kecakapan, Enika Wulandari, dan Raekha Azka. 2018. “Menyambut Pisa 2018 : Pengembangan Literasi Matematika Untuk.” De Fermat:Jurnal Pendidikan Matematika 1(1): 31–38. https://jurnal.pmat.uniba-bpn.ac.id/index.php/DEFERMAT/article/download/14/8.

Akbar, Aulia. 2017. “Membudayakan Literasi Dengan Program 6M Di Sekolah Dasar.” Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar 3(1): 42.

Arikan, Serkan, Kasım Yildirim, dan Evrim Erbilgin. 2016. “Exploring the relationship among new literacies, reading, mathematics and science performance of Turkish Students in PISA 2012.” International Electronic Journal of Elementary Education.

Bobby Ojose. 2011. “Mathematics Literacy: Are We Able to Put the Mathematics We Learn into Everyday Use?” Journal of Mathematics Education.

Gunawan, Imam. 2014. “Pengaruh Supervisi Pengajaran dan Kemampuan Guru Mengelola Kelas terhadap Motivasi Belajar Siswa.” ilmu Pendidikan Jurnal Kajian Teori dan Praktik Kependidikan 41: 44–52.

Kemendikbud. 2020a. AKM dan Implikasinya Pada Pembelajaran.

Kemendikbud. 2020b. Asesmen Nasional: Lembar Tanya Jawab.

Koyuncu, İlhan, dan Tahsin Fırat. 2020. “Investigating reading literacy in PISA 2018 assessment.” International Electronic Journal of Elementary Education.

Lange, Jan de. 2015. “Mathemtical literacy for living from OECD-PISA perspective.” Tsukuba journal of educational study in Mathematics: 13–35.

Mahnun, Nunu. 2012. “Media Pembelajaran (Kajian terhadap Langkah-langkah Pemilihan Media dan Implementasinya dalam Pembelajaran).” an-Nida’ 37(1): 27–35.

Montag, Jessica L., Michael N. Jones, dan Linda B. Smith. 2015. “The words children hear: Picture books and the statistics for language learning.” Psychological Science.

Mueller, Stephanie. 2006. Panduan Belajar Membaca dengan Benda-Benda di Sekitar untuk Usia 3-8 Tahun.

Mullis, Ina VS, et al. 2012. PIRLS 2006 International Report. MA: TIMSS and PIRLS International Study Center.

Musfiroh, Tadkiroatun; Listyorini FBS Universitas Negeri Yogyakarta e-mail: tadkiroatun@gmail.com. 2016. (Focus Group Discussion) Litera Volume 15: 2–5.

Nurkamilah, M, M F Nugraha, dan ... 2018. “Mengembangkan Literasi Matematika Siswa Sekolah Dasar melalui Pembelajaran Matematika Realistik Indonesia.” Jurnal THEOREMS (The ….

Oecd. 1999. “Measuring Student Knowledge and Skills: A New Framework for Assessment.” Oecd.

OECD. 2019. “‘PISA 2018 Mathematics Framework’, in PISA 2018 Assessment and Analytical Framework,.” OECD.

Pakpahan. 2016. “Factors Affecting Literacy Mathematics Achievement of Indonesian Student in PISA 2012.” Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan 6: 143–52.

Pratiwi, Sifa, Elsa Komala, dan Erma Monariska. 2020. “Pengembangan bahan ajar berbasis cerita bergambar matematika.” Jurnal Analisa 6(2): 143–52.

Retnowati, Giyati, Rose Mini Agoes Salim, dan Airin Y Saleh. 2018. “Effectiveness of Picture Story Books Reading to Increase Kindness in Children Aged 5-6 Years.” Lingua Cultura.

Ristanto, Rizhal Hendi, Siti Zubaidah, Mohamad Amin, dan Fatchur Rohman. 2017. “Scientific literacy of students learned through guided inquiry.” International Journal of Research & Review 234(5): 23–30. https://www.ijrrjournal.com/IJRR_Vol.4_Issue.5_May2017/IJRR004.pdf.

Stacey, Kaye. 2011. “The PISA view of mathematical literacy in Indonesia.” Journal on Mathematics Education.

Stewig, Jhon Warren. 2013. “Children’s preference in picture book illustration.” Education Leadership Journal.

Sundayana. 2016. Media dan Alat Peraga Dalam Pembelajaran MatematikaNo Title.

Supriyono. 2018. “Pentingnya Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa SD.” Edustream: Jurnal Pendidikan Dasar II(1): 43–48. https://journal.unesa.ac.id/index.php/jpd/article/view/6262/3180.

Tafonao, Talizaro. 2018. “Pernana Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Minat Belajar.” Jurnal Komunikasi Pendidikan 2: 103–14.

Titik, Suyono, Harsiati Ika, dan Sari Wulandari. 2017. “Implementasi Gerakan Literasi Sekolah pada Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar.” Sekolah Dasar: Kajian Teori dan Praktik Pendidikan 26(2): 116–23. http://journal2.um.ac.id/index.php/sd/article/view/3050.

Yavuz, Gunes, Berna Canturk Gunhan, Esen Ersoy, dan Serkan Narli. 2013. “Self-Efficacy Beliefs Of Prospective Primary Mathematics Teachers About Mathematical Literacy.” Journal of College Teaching & Learning (TLC) 10(4): 279–88.

Yuriza, Putri Emilia, Adisyahputra, dan Diana Vivanti Sigit. 2018. “Hubungan antara Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi dan Tingkat Kecerdasan dengan Kemampuan Literasi Sains pada Siswa SMP.” BIOSFER Jurnal Pendidikan Biologi 11(1): 13–20.




DOI: https://doi.org/10.21831/didaktika.v6i1.41475

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Rizky Arianty

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

DIDAKTIKA has been abstracted and indexed by

View Didaktika Stats