MENGEFEKTIFKAN PERAN KELUARGA DALAM MENDlDlK ANAK
tidak langsung mempengaruhi perkembangan dan pendidikan
anak. Di satu sisi anak dituntut untuk rnenyesuaikan dengan
kemajuan Hmu pengetahuan dan teknologi serta padasisi lain
anak harus berbenturan dengan aneka ragam nilai budaya
yang satu sarna lain berbeda. Kondisi ini secara bersama
menghantam anak yang pada hakikatnya mereka sedang mencari
!igur yang akan dijadikan sebagai falsafah hidup mereka.
SehinggaJ tak ayal lagi semua itu mernbawa dampak negatif
terhadap pembentukan diri anak dan mempersulit keluarga
dalarn menjalankan kewajibannya mendidik anak.
Namun dernikian, menyalahkan keluarga atas keterbelakangan,
kenakalan dan kesesatan anak bukanlah merupakan
penyelesaian. Sikap yang lebih positif adalah menyiapkan kemampuan
keluarga agar dapat mendidik secara efektif.
Sebagai lembaga informal keluarga perlu dibina agar dapat
menciptakan keharmonisanJ memahami kependidikan, mampu
berkomunikasi, menyampaikan p~san dengan b1aik dan marnpu
mengatasi konflik orang tua-anak.
Suparlan, S., & Hajaroh, M. (2016). MENGEFEKTIFKAN PERAN KELUARGA DALAM MENDlDlK ANAK. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 2(2). https://doi.org/10.21831/cp.v2i2.9119
Jurnal Cakrawala Pendidikan, Jurnal Ilmiah Pendidikan, with ISSN: 0216-1370, is published by the Institute of Education Development and Quality Assurance (LPPMP UNY). Cakrawala Pendidikan has been recently has been re-accredited by Indonesian Ministry of Education and Culture decision Number 51/E/KPT/2017 which is valid for five years since enacted on 4 December 2017.