Kreasi Gantungan Kunci Clay Sebagai Upaya Pemberdayaan Dan Peningkatan Kreativitas Anak-Anak Di Desa Ambalresmi
Kata Kunci:
gantungan kunci, pemberdayaan, kreativitasAbstrak
Artikel ini membahas pelaksanaan program pemberdayaan pembuatan gantungan kunci berbahan clay untuk siswa kelas 4 SD di SD Negeri 1 Ambalresmi. Program ini bertujuan untuk memberdayakan siswa melalui pendekatan kreatif dan partisipatif, dengan fokus pada pengembangan keterampilan teknis dan karakter. Pemberdayaan dilakukan dengan melibatkan siswa secara aktif dalam proses pembuatan gantungan kunci, dari perencanaan hingga evaluasi. Hasil kegiatan menunjukkan peningkatan kreativitas, kemandirian, serta kemampuan bekerja sama di antara siswa. Meskipun terdapat tantangan seperti keterbatasan waktu dan bahan, program ini terbukti efektif dalam mencapai tujuan pemberdayaan. Program ini diharapkan dapat direplikasi dan diperluas, dengan melibatkan orang tua dan masyarakat, untuk memberikan dampak yang lebih luas pada pengembangan keterampilan dan karakter siswa.
Unduhan
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 JURNAL PUNAKAWAN

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.