Hubungan Pemahaman Teori Pemesinan dan Kemampuan Membaca Gambar Kerja dengan Hasil Praktik Pemesinan Bubut

Penulis

  • Risnanto Wibowo Departemen Pendidikan Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Yogyakarta
  • Edy Purnomo Departemen Pendidikan Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Yogyakarta
  • Edi Susilo SMK Negeri 2 Depok, Sleman

Kata Kunci:

gambar kerja, hasil praktik, teori pemesinan, pemesinan bubut

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan: (1) pemahaman teori pemesinan dengan hasil praktik pemesinan bubut; (2) kemampuan membaca gambar kerja dengan hasil praktik pemesinan bubut; (3) pemahaman teori pemesinan dan kemampuan membaca gambar kerja dengan hasil praktik pemesinan bubut. Penelitian ini merupakan penelitian ex post facto. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI Jurusan Teknik Pemesinan SMKN 2 Depok sejumlah 34 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan metode tes dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif dan korelasi product moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat hubungan positif pemahaman teori pemesinan dengan hasil praktik pemesinan bubut  >  sebesar 0,400 > 0,339; (2) terdapat hubungan positif kemampuan membaca gambar kerja dengan hasil praktik pemesinan bubut  >  sebesar 0,523 > 0,339; (3) terdapat hubungan positif pemahaman teori bubut dan kemampuan membaca gambar kerja dengan hasil praktik pemesinan bubut  >  sebesar 0,400 > 0,339.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Adityo. (2016). Pengaruh kemampuan membaca gambar kerja dan pemahaman teori pengukuran terhadap kemampuan membubut. Jurnal Pendidikan Vokasional Teknik Mesin, 4(1), 27–33.

Astowo, D. W., & Setuju. (2016). Hubungan antara pemahaman gambar kerja dan hasil belajar teori teknik pemesinan bubut dengan hasil belajar praktik teknik pemesinan bubut siswa kelas XI SMK Muhammadiyah Prambanan tahun ajaran 2015/2016. Taman Vokasi, 4(2), 177–189.

Choiron, Z. (2020). Pencapaian standar kompetensi lulusan bidang pemesinan di SMK 1 Piri Yogyakarta [Pendidikan Teknik Mesin]. Universitas Negeri Yogyakarta.

Hadimi. (2008). Pengaruh perubahan kecepatan pemakanan terhadap kekasaran permukaan pada proses pembubutan. Ilmiah semesta teknika, 11(1), 18–28.

Hidayat, A., & Kartowagiran, B. (2021). Penilaian hasil belajar praktik pemesinan bubut di SMK N 1 Gombong di masa covid-19. Dinamika Vokasional teknik mesin, 6(2), 174–180.

Lestari, W. D., & Romlie, M. (2013). Kontribusi kompetensi teknik pengukuran dan membaca gambar kerja pada hasil belajar praktikum pemesinan siswa smkn 1 trenggalek. Jurnal teknik mesin, 21(2), 238–246.

Maisaroh, & Rostrieningsih. (2010). Peningkatan hasil belajar siswa dengan menggunakan metode pembelajaran active learning tipe quiz team pada mata pelajaran keterampilan dasar komunikasi di SMK Negeri 1 Bogor. Jurnal ekonomi & pendidikan, 8(2), 157–172.

Nurdjito, & Arifin, A. (2015). Handout pemesinan bubut.

Purnomo, E., & Munadi, S. (2005). Evaluasi hasil belajar dalam implementasi kurikulum berbasis kompetensi di sekolah menengah kejuruan. Cakrawala Pendidikan, 24(2), 259–272.

Unduhan

Diterbitkan

2024-07-30