Pengaruh Media Pembelajaran E-Learning Terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa Studi Independen PT Stechoq Robotika Indonesia

Penulis

  • Vivy Citra Sari Departemen Pendidikan Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Yogyakarta
  • Paryanto Departemen Pendidikan Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Yogyakarta

Kata Kunci:

e-learning, motivasi belajar, studi independen

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan media pembelajaran, kondisi motivasi mahasiswa, dan pengaruh penggunaan media pembelajaran E-Learning terhadap motivasi belajar mahasiswa Studi Independen Bersertifikat Mechanical Engineering PT Stechoq Robotika Indonesia. Metode dalam penelitian ini yaitu penelitian ex-post facto dengan pendekatan kuantitatif. Subjek dalam penelitian ini yaitu 28 mahasiswa Studi Independen Bersertifikat Mechanical Engineering. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu kuesioner. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media pembelajaran E-Learining Stechoq Training Center sudah baik, hal ini dapat ditunjukkan dari presentase rata-rata sebesar 85,22%, kondisi motivasi mahasiswa juga dalam kategori baik dengan presentase sebesar 81,13 %. Terdapat pengaruh positif dan signifikan penggunaan media pembelajaran E-Learning Stechoq Training Center terhadap motivasi belajar mahasiswa Studi Independen Bersertifikat Mechanical Engineering PT Stechoq Robotika Indonesia sebesar 0,354 yang menunjukkan bahwa media pembelajaran E-Learning Stechoq Training Center memiliki pengaruh sebesar 35,4% terhadap motivasi belajar mahasiswa.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Arsyad, A. (2011). Media Pembelajaran. PT Rajawali Press.

Budiana, I., Haryanto, T., Khakim, A., Nurhidayati, T., Marpaung, T. I., Sinaga, A. R. S., Nashir, M., & Laili, R. N. (2022). Strategi Pembelajaran. CV Literasi Nusantara Abadi.

Goleman, D. (1999). Kecerdasan Emosional: Mengapa EI Lebih Penting daripada IQ. Gramedia Pustaka Utama.

Junaidi, J. (2019). Peran Media Pembelajaran Dalam Proses Belajar Mengajar. Diklat Review: Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Pelatihan, 3(1), 45–56. https://doi.org/10.35446/diklatreview.v3i1.349

Purwanto, N. M. (2002). Prinsip-prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. PT Remaja Rosdakarya.

Tafonao, T. (2018). Peranan Media Pembelajaran dalam Meningkatkan Minat Belajar Mahasiswa. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 2(2), 103. https://doi.org/10.32585/jkp.v2i2.113

Uno, H. B. (2017). Teori Motivasi dan Pengukurannya. PT Bumi Aksara.

Wiratmojo, P., & Sasonohardjo. (2002). Media Pembelajaran Bahan Ajar Diklat Kewidyaiswaraan Berjenjang Tingkat Pertama. Lembaga Administrasi Negara.

Unduhan

Diterbitkan

2024-07-30