Pengembangan Chatbot dengan Pendekatan Natural Language Processing sebagai Layanan Informasi tentang Masjid Jogokariyan Yogyakarta
DOI:
https://doi.org/10.21831/jiety.v2i2.267Keywords:
chatbot, natural language processing, waterfall, ISO 25010Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah mengembangkan perangkat lunak berbasis chatbot dengan pendekatan Natural Language Processing sebagai layanan informasi tentang Masjid Jogokariyan Yogyakarta dan menguji kualitas chatbot tersebut. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah research and development (R&D) dengan model pengembangan perangkat lunak waterfall dan pengujian perangkat lunaknya menggunakan ISO 25010. Tempat penelitian di Masjid Jogokariyan Yogyakarta. Subjek penelitian terdiri dari pengurus masjid dan masyarakat untuk pengujian aspek usability, ahli perangkat lunak untuk pengujian aspek functional suitability. Teknik pengumpulan data melalui wawancara dan kuesioner. Instrumen penelitian yaitu dengan menggunakan Matriks Features Completeness (functional suitability), Sistem Usalibity Scale (usability), Time Behavior (performance efficiency), dan Cross-browser Testing (compatibility). Hasil dari penelitian ini adalah (1) perangkat lunak berbasis chatbot berhasil dikembangkan. (2) Kualitas chatbot telah memenuhi standar ISO/IEC 25010 dengan karakteristik functional suitability mendapatkan nilai 100% (Sangat Layak), compatibility mendapatkan nilai 100% (Sangat Layak), usability mendapatkan nilai 83,8% (Sangat Layak), dan performance efficiency mendapatkan nilai 2,89 detik untuk waktu rata-rata respons chatbot.
Downloads
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Journal of Information Engineering and Technology (JIETY)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.