Modifikasi E-Learning UNY (Besmart) Berdasarkan Hasil Analisis Metode WebQual 4.0 dan Importance-Performance Analysis
DOI:
https://doi.org/10.21831/jiety.v1i1.36Keywords:
pengukuran kualitas, e-learning Besmart, WebQual, Importance-Performance Analysis (IPA)Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui nilai perbedaan (gap) antara harapan dengan kinerja dari kualitas e-learning UNY (Besmart); (2) mengetahui indikator apa saja yang perlu dipertahankan dan dilakukan perbaikan dari e-learning UNY (Besmart); (3) merancang modifikasi menu e-learning UNY (Besmart) sesuai dengan harapan pengguna yaitu mahasiswa. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif dengan metode WebQual 4.0. Hasil penelitian (1) Variabel usability memiliki kesenjangan sebesar -0.57, variabel information quality sebesar -0.12, dan variabel service interaction quality sebesar -0.19; (2) Terdapat 4 indikator yang termasuk prioritas untuk dilakukan perbaikan, yaitu mengenai kemudahan dalam memahami navigasi, kemudahan dalam menggunakan, tampilan yang menarik, dan memiliki kesan positif bagi pengguna; (3) Modifikasi menu Besmart dilakukan dengan memfokuskan pada tampilan yang menarik dengan kemudahan dalam memahami navigasi dan menggunakannya serta memberikan kesan positif bagi para pengguna.
Downloads
Downloads
Published
Issue
Section
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.