ANALISIS KESESUAIAN RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN KURIKULUM 2013 PADA KOMPETENSI KEAHLIAN TEKNIK KENDARAAN RINGAN OTOMOTIF SMK PIRI 1 YOGYAKARTA
Keywords:
Conformity, RPP, Curriculum 2013Abstract
Abstrak
Penelitian ini memiliki tujuan untuk menganalisis dan mengetahui kesesuaian Rencana Pelaksanaan Pembelajaran terhadap Kurikulum 2013 pada Kompetensi Keahlian Teknik Kendaraan Ringan Otomotif SMK PIRI 1 Yogyakarta. Jenis penelitian ini adalah deskripsi kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah RPP yang disusun oleh guru Mata Pelajaran PKKR, PMKR dan PSPTKR. Metode yang digunakan adalah metode survey dan menggunakan teknik analisis dokumen atau analisis isi (content analysis). Uji validitas instrumen dilakukan melalui penilaian para ahli (Judgement Expert). Data disajikan berdasarkan hasil analisis dari data hasil penelitian dan dijabarkan sesuai dengan kriteria presentase kesiapan RPP guru. Pada hasil penelitian ini dapat diketahui bahwa kesiapan RPP guru terhadap Kurikulum 2013 pada Mata Pelajaran PKKR dinyatakan siap dengan memiliki kriteria presentase 97% (Amat Baik), Mata Pelajaran PMKR dinyatakan siap dengan memiliki kriteria presentase 72% (Cukup), Mata Pelajaran PSPTKR dinyatakan belum siap dengan memiliki kriteria presentase 68% (Kurang).
Kata Kunci: Kesesuain, RPP, Kurikulum 2013
Abstract
This study aims to analyze and determine the suitability of the Lesson Planned Implementation of the 2013 Curriculum on the Automotive Light Vehicle Engineering Expertise Competence at SMK PIRI 1 Yogyakarta. This type of research is a quantitative description. The population of this research is the lesson plans prepared by the subject teachers of PKKR, PMKR and PSPTKR. The method used is a survey method and uses document analysis techniques or content analysis. The instrument validity test was carried out through the assessment of the experts (Judgement Expert). The data is presented based on the results of the analysis of the research data and is described according to the criteria for the percentage of teachers' lesson plans readiness. In the results of this study, it can be seen that the readiness of the teacher's RPP for the 2013 Curriculum in PKKR Subjects is declared ready by having a percentage criterion of 97% (Very Good), PMKR Subjects are declared ready by having a percentage criterion of 72% (Enough), PSPTKR subjects are declared not yet ready by having a percentage criterion of 68% (Less).
Keywords: Conformity, RPP, Curriculum 2013