IMPLEMENTASI KURIKULUM SMK PUSAT KEUNGGULAN PADA KOMPETENSI KEAHLIAN TKRO DI SMK NEGERI 3 YOGYAKARTA

Indonesia, Inggris

Authors

  • Yogi Surya Putra Universitas Negeri Yogyakarta
  • Bambang Sulistyo Universitas Negeri Yogyakarta

Keywords:

SMK Center Of Excellence, Automotive Light Vehicle Engineering, SMK Pusat Keunggulan, Teknik Kendaraan Ringan Otomotif

Abstract

Abstrak

            SMK Pusat Keunggulan merupakan sebuah program yang ditujukan untuk SMK. Program ini bertujuan untuk menghasilkan lulusan yang memiliki kompetensi yang sesuai dengan dunia kerja. Diharapkan setelah lulus peserta didik siap bekerja dalam dunia kerja dan juga berwirausaha. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui implementasi dari kurikulum SMK Pusat Keunggulan yang meliputi proses perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran, dan pelaksanaan penilaian hasil belajar. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif yang dilakukan di kompetensi keahlian TKRO di SMK N 3 Yogyakarta. Subyek penelitian melibatkan 12 guru TKRO dan 123 siswa X TKRO. Teknik pengumpulan data yang digunakan dengan angket, observasi, dan wawancara. Hasil dari analisis data penelitian ini adalah sebagai berikut: (1) perencanaan proses pembelajaran data diperoleh tergolong kategori sangat baik dengan rata-rata skor 108,3; (2) pelaksanaan pembelajaran dengan responden guru tergolong kategori baik dengan rata-rata skor 171,25; (3) pelaksanaan pembelajaran dengan responden siswa tergolong kategori baik dengan rata-rata skor 121,6; (4) pelaksanaan pembelajaran hasil observasi tergolong kategori sangat baik dengan rata-rata skor 156,7; Serta (5) pelaksanaan penilaian hasil belajar siswa tergolong kategori baik dengan rata-rata skor 100,25. Dari seluruh data tersebut menunjukkan bahwa implementasi kurikulum SMK Pusat Keunggulan telah sesuai.

 

Kata kunci : SMK Pusat Keunggulan, Teknik Kendaraan Ringan Otomotif

 

Abstract

SMK Center of Excellence is a program aimed at SMK. This program aims to produce graduates who have competencies appropriate to the world of work. It is expected that after graduating students are ready to work in the world of work and also entrepreneurship. This research was conducted to determine the implementation of the SMK Center of Excellence curriculum which includes the process of planning lessons, implementing learning, and implementing assessment of learning outcomes. This research is a quantitative descriptive study conducted in TKRO expertise competency at SMK N 3 Yogyakarta. The research subjects involved 12 TKRO teachers and 123 TKRO X students. Data collection techniques used by questionnaires, observation, and interviews. The results of the analysis of the research data are as follows: (1) the data learning process planning is classified as very good with an average score of 108.3; (2) the implementation of learning with teacher respondents is in the good category with an average score of 171.25; (3) the implementation of learning with student respondents is in the good category with an average score of 121.6; (4) the implementation of learning from observation results is classified as very good with an average score of 156.7; And (5) the implementation of the assessment of student learning outcomes is classified as good with an average score of 100.25. From all these data it shows that the implementation of the SMK Center of Excellence curriculum is appropriate.

Key word: SMK Center Of Excellence, Automotive Light Vehicle Engineering.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2024-12-30

How to Cite

Surya Putra, Y., & Sulistyo, B. (2024). IMPLEMENTASI KURIKULUM SMK PUSAT KEUNGGULAN PADA KOMPETENSI KEAHLIAN TKRO DI SMK NEGERI 3 YOGYAKARTA: Indonesia, Inggris. Journal of Automotive Technology and Education , 1(3). Retrieved from https://journal.uny.ac.id/publications/jate/article/view/860

Issue

Section

Articles