Senior high school students’ responses to the use of artificial intelligence in implementing the P5 program
Abstract
Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) merupakan inisiatif strategis dalam Kurikulum Merdeka untuk membentuk karakter siswa secara holistik melalui enam dimensi utama. Penelitian ini bertujuan mengevaluasi pelaksanaan P5 di jenjang SMA serta menelaah peran teknologi Artificial Intelligence (AI) dalam mendukung proses evaluasi dan pembelajaran. Metode yang digunakan mencakup studi pustaka dan analisis data dari berbagai penelitian terdahulu. Hasil menunjukkan bahwa pemanfaatan AI mampu memberikan umpan balik personal berbasis data, yang meningkatkan keterlibatan dan pemahaman siswa. Respon siswa terhadap integrasi teknologi ini cenderung positif, meskipun masih terdapat tantangan seperti keterbatasan infrastruktur dan kompetensi guru. Penelitian ini merekomendasikan sinergi antara sekolah, guru, dan pemangku kebijakan untuk mengoptimalkan penggunaan teknologi dalam evaluasi P5, sehingga tujuan pendidikan berbasis nilai-nilai Pancasila dapat tercapai secara maksimal.