Senior high school students’ responses to the use of artificial intelligence in implementing the P5 program

Authors

  • Alvin Anggayana Student, Indonesia
  • Sadam Al Mubarak
  • Andika Zulfikkar Al Hafidh
  • Naufal Udhya Tamimmi

Abstract

Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) merupakan inisiatif strategis dalam Kurikulum Merdeka  untuk  membentuk  karakter  siswa  secara  holistik  melalui  enam  dimensi  utama. Penelitian  ini bertujuan mengevaluasi pelaksanaan P5 di jenjang SMA serta menelaah peran teknologi Artificial Intelligence (AI) dalam mendukung proses evaluasi dan pembelajaran. Metode yang digunakan mencakup studi pustaka dan analisis data dari berbagai penelitian terdahulu. Hasil menunjukkan bahwa pemanfaatan AI mampu memberikan umpan  balik  personal berbasis data, yang meningkatkan keterlibatan dan pemahaman siswa. Respon siswa terhadap integrasi teknologi ini cenderung positif, meskipun masih terdapat tantangan seperti keterbatasan infrastruktur dan kompetensi guru. Penelitian ini merekomendasikan sinergi antara sekolah, guru, dan pemangku kebijakan untuk mengoptimalkan penggunaan teknologi dalam evaluasi P5, sehingga tujuan pendidikan berbasis nilai-nilai Pancasila dapat tercapai secara maksimal.

Published

2025-08-28

How to Cite

Anggayana, A., Sadam Al Mubarak, Andika Zulfikkar Al Hafidh, & Naufal Udhya Tamimmi. (2025). Senior high school students’ responses to the use of artificial intelligence in implementing the P5 program. Sungging: Journal of Innovative, Cultural, Transdisciplinary Art and Kriya Discourse, 4(2). Retrieved from https://journal.uny.ac.id/index.php/sungging/article/view/87585

Citation Check