Implementing Studio Habits of Mind in higher education: A study at UNY's art education program

Authors

  • nailah annisa Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia

Abstract

Penelitian ini mengkaji implementasi kerangka kerja Studio Habits of Mind (SHoM) dalam program pendidikan seni rupa di Universitas Negeri Yogyakarta. Dengan pendekatan kualitatif studi kasus intrinsik, penelitian ini mengeksplorasi bagaimana disposisi-disposisi tertentu—terutama Stretch and Explore—diaplikasikan dalam pembelajaran teori dan praktik pada mahasiswa semester empat. Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam dan observasi partisipatif terhadap dosen dan mahasiswa. Temuan menunjukkan bahwa integrasi SHoM, khususnya melalui bimbingan reflektif dan model design thinking, secara signifikan meningkatkan kemampuan berpikir kreatif, eksplorasi visual, dan refleksi kritis mahasiswa. Disposisi seperti Observe, Stretch and Explore, dan Express berkembang secara menonjol, meskipun masih terdapat tantangan dalam menumbuhkan Engage and Persist serta Reflect secara konsisten akibat perbedaan kesiapan mahasiswa dan keterbatasan kontekstual. Studi ini menyimpulkan bahwa SHoM memiliki potensi transformatif dalam membentuk pendidik dan profesional seni rupa yang adaptif, kreatif, dan kontekstual. Rekomendasi mencakup integrasi pedagogi yang sistematis, pelatihan dosen yang intensif, serta desain kurikulum yang lebih kontekstual dan reflektif.

Published

2025-08-28

How to Cite

nailah annisa. (2025). Implementing Studio Habits of Mind in higher education: A study at UNY’s art education program. Sungging: Journal of Innovative, Cultural, Transdisciplinary Art and Kriya Discourse, 4(2). Retrieved from https://journal.uny.ac.id/index.php/sungging/article/view/87566

Citation Check