PENGEMBANGAN KREATIVITAS INTERKULTURAL MELALUI PENDIDIKAN SENI RUPA DI SMP NEGERI 15 YOGYAKARTA
DOI:
https://doi.org/10.21831/sungging.v4i1.87547Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi bagaimana kreativitas antar budaya siswa dapat dikembangkan melalui proses pembelajaran seni rupa di SMP Negeri 15 Yogyakarta yang memiliki keberagaman budaya. Dengan menggunakan pendekatan studi kualitatif kasus dan etnografi pendidikan, penelitian ini menggali secara mendalam pengalaman belajar siswa dan guru dalam konteks interkultural. Teknik pengumpulan data meliputi observasi partisipatif, wawancara terhadap siswa dari luar daerah dan guru seni budaya, serta dokumentasi hasil karya seni siswa. Hasil menunjukkan bahwa model pembelajaran yang diterapkan bersifat adaptif dan partisipatif, memungkinkan siswa untuk aktif dalam proses kreatif. Meskipun demikian, aktualisasi unsur budaya dalam karya seni siswa belum optimal karena motivasi dan pemahaman terhadap budaya asal masih rendah. Peran guru sebagai fasilitator sangat penting dalam mendorong eksplorasi budaya dan mengatasi perbedaan latar belakang siswa. Penelitian ini memberi otorisasi integrasi berbasis proyek seni antarkultural dan pemanfaatan media digital untuk memperkuat kesadaran budaya dan keterlibatan siswa secara kreatif.
Kata kunci: budaya lokal, kreativitas siswa, pendidikan seni, pembelajaran interkultural, sekolah menengah