Visual literacy in STEAM content on the Instagram account @idemain_jab
Literasi visual dalam konten STEAM akun instagram @idemain_jab
DOI:
https://doi.org/10.21831/sungging.v4i1.87387Keywords:
Literasi visual, Visual Literacy, STEAM, Social Media, Media SosialAbstract
Social media has become an essential medium for enhancing literacy. This study examines the role of visual literacy in STEAM (Science, Technology, Engineering, Arts, Mathematics) content on the Instagram account @idemain_jab through a netnographic approach. The analysis reveals that visual elements such as contrasting colours, simple symbols, patterns, and animations are employed to simplify complex STEAM concepts. Each post combines visual aesthetics with simple educational narratives and expressive emojis to enhance understanding. Emerging themes include experimentation, child independence, art integration, visual effects, educational infographics, cultural symbolism, and safety. Active user engagement—through comments, likes, and reposts—demonstrates the effectiveness of visual literacy in fostering participation and knowledge exchange. Visual literacy not only improves comprehension and learning motivation but also strengthens community identity while fostering creativity, critical thinking, and collaborative skills.
_______________________________________________________________________________
Media sosial kini menjadi sarana penting dalam meningkatkan literasi. Penelitian ini mengkaji peran literasi visual dalam konten STEAM (Science, Technology, Engineering, Arts, Mathematics) pada akun Instagram @idemain_jab menggunakan pendekatan netnografi. Analisis menunjukkan bahwa elemen visual seperti warna kontras, simbol sederhana, pola, dan animasi digunakan untuk menyederhanakan konsep STEAM yang kompleks. Setiap unggahan memadukan estetika visual dengan narasi edukatif berbahasa sederhana dan emoji ekspresif guna memperkuat pemahaman. Tema yang diangkat mencakup eksperimen, kemandirian anak, integrasi seni, efek visual, infografis edukatif, simbolisme budaya, dan keamanan. Interaksi aktif pengguna, seperti komentar dan repost, menunjukkan efektivitas visual dalam membangun partisipasi. Literasi visual tidak hanya meningkatkan pemahaman dan motivasi belajar, tetapi juga memperkuat identitas komunitas serta mengembangkan kreativitas, berpikir kritis, dan kolaboratif.
References
Anggreani, C. N., Yamtinah, S., Susilowati, E., Shidiq, A. S., & Widarti, H. R. (2023). Instagram-based Learning Media and Chemistry Practicum Video Projects to Improve Students’ Creative Thinking Skills. JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia), 12(2), 234–244. https://doi.org/https://doi.org/10.23887/jpiundiksha.v12i2.58310
Hapsari, W., Januarsa, A., & Resmisari. (2020). Experiential Learning in Visual Literacy Education Using Instagram (Case Study: Visual Journal Assignment, Visual Literacy Subjects Semester 2017/2018 DKV Itenas). JDI, 2(1), 43–50.
Huri, D. (2023). PELATIHAN LITERASI VISUAL: MENGASAH KETERAMPILAN MEMIRSA BAGI ANAK-ANAK DI KOMPLEKS SARIWANGI CITY VIEW KABUPATEN BANDUNG BARAT. Community Development Journal V Ol. 4, 2, 2053–2058.
Izzania, R., & Yusnia, N. (2024). Penggunaan Pendekatan STEAM dalam Meningkatkan Kemampuan Literasi Sains Siswa Sekolah Dasar. Social, Humanities, and Educational Studies SHEs: Conference Series, 7(3), 2599–2608.
Muamar, J. (2022). Instagram Sebagai Medium Komunikasi Risiko Orang Tua Kepada Anak Selama Pandemi Covid-19: Studi Netnografi Komunitas Pola Asuh Virtual. Jurnal Komunikasi Pembangunan, 20(1), 27–46. https://doi.org/https://doi.org/10.46937/20202238987
Muhaemin, M., Yunus, P., Rupa, P., & Makassar, U. (2020). LITERASI VISUAL SEBAGAI UPAYA PEMAHAMAN PERAN PENDIDIKAN UNTUK SENI RUPA LOKAL DI INDONESIA.
Muntu, S. A. J., Tangkudung, J. P., & Lotulung, L. J. H. (2021). STUDI NETNOGRAFI PADA MEDIA SOSIAL INSTAGRAM. ACTA DIURNA KOMUNIKASI.
Nasution, A. F., Syafi’i, A., Ichtasim, F., Jannah, N. M., Purba, N. L. T. B., & Daulay, V. D. Y. (2024). Pemanfaatan Media Online INSTAGRAM Untuk Meningkatkan Kualitas Literasi Mahasiswa KPI A UINSU Semester 6. Harmoni Pendidikan : Jurnal Ilmu Pendidikan, 1(2), 147–155. https://doi.org/https://doi.org/10.62383/hardik.v1i2.200
Nurfauziyah, S., Nursanti, S., Utamidewi, W., & Singaperbangsa, U. (2023). Penggunaan Instagram sebagai Media Literasi Digital pada Akun @dp3akarawang. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 9. https://doi.org/https://doi.org/10.5281/zenodo.7951736
Putri, N. P. (2022). Media Pembelajaran Digital Berbasis Instagram Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas IV Sekolah Dasar. 6(2). https://doi.org/https://doi.org/10.23887/jipp.v6i2
Wahyuddin, Farid, M., Arianto, Darmadi, & Iskandar. (2025). Pemetaan Aktivisme Digital Studi Netnografi Kampanye #FreePalestine di Media Sosial. Jurnal Ilmu Komunikasi, 12(2), 282–299. https://doi.org/https://doi.org/10.21009/COMM.033.07