Implementation of KTSP, 2013, and Merdeka Curricula in developing junior secondary art learning media
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengembangan media pembelajaran dalam implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP), Kurikulum 2013, dan Kurikulum Merdeka pada mata pelajaran Seni Budaya di SMP. Menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan pendekatan studi pustaka dan dokumentasi, penelitian ini menyoroti peran penting media pembelajaran dalam menunjang proses belajar yang kreatif dan kontekstual. Hasil kajian menunjukkan bahwa media pembelajaran mengalami perkembangan signifikan dari masa ke masa, mulai dari alat peraga sederhana pada KTSP, pemanfaatan teknologi digital pada Kurikulum 2013, hingga penggunaan platform digital dan pendekatan berbasis minat siswa dalam Kurikulum Merdeka. Meskipun demikian, penerapannya di SMP Negeri 3 Prambanan masih mengalami kendala akibat keterbatasan sumber daya dan fasilitas. Oleh karena itu, diperlukan strategi adaptif dalam pengembangan media pembelajaran yang sesuai dengan kondisi lokal guna menunjang efektivitas pembelajaran seni di berbagai kurikulum.
Kata Kunci: Media Pembelajaran, Kurikulum, Seni Budaya
References
Alhamuddin, A. (2014). Sejarah Kurikulum di Indonesia (Studi Analisis Kebijakan Pengembangan Kurikulum). Nur El-Islam, 2, 48–58.
Ananda, A. P., & Hudaidah. (2021). Perkembangan Kurikulum Pendidikan Indonesia Dari Masa ke Masa. Sindang. Jurnal Pendidikan Sejarah Dan Kajian Sejarah, 3.
Kristanto, A. (2016). Media Pembelajaran. Penerbit Bintang Sutabaya.
Mulyasa. (2011). Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. PT Remaja Rosdakarya.
Pagarra, H., Syawaluddin, A., Krismanto, W., & Sayidiman. (2022). Media Pembelajaran. Badan Penerbit UNM.
Saleh, M. S., Syahruddin, Saleh, Muh. S., Azis, I., & Sahabuddin. (2023). Media Pembelajaran. Eureka Media Aksara.
Shoffa, S., Subroto, D. E., Nasution, F. S., Astuti, W., Romadi, U., Cholid, F., Azhari, D. S., Hafidz, Kardi, J., Umar, R. H., & Gusmirawati. (2023). Media Pembelajaran. CV. Afasa Pustaka.
Sugiyono, Prof. Dr. (2022). Metode Penelitian Kualitatif Untuk penelitian yang bersifat: Eksploratif, enterpretif, interaktif dan konstruktif. Alfabeta.
Wahyudin, D., Subkhan, E., Malik, A., Hakim, Moh. A., Sudiapermana, E., Alhapip, L., Anggraena, Y., Maisura, R., Amalia, N. R. A. S., Solihin, L., Ali, N. B. V., & Krisna, F. N. (2024). Kajian Akademik Kurikulum Merdeka. Pusat Kurikulum Dan Pembelajaran Badan Standar, Kurikulum, Dan Asesmen Pendidikan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, Dan Teknologi.
Yani, A. (2014). Mindset Kurikulum 2013. Alfabeta.