Developing illustrated textbooks on traditional costumes of Indonesian provinces for year 3 primary pupils

Authors

  • Fatihah Ghoziyatul Jannah Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
  • Najwa Dinara Aprillia Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
  • Lenan Ardilla Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
  • Putri Dera Iklima Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berbentuk buku ilustrasi yang mengangkat tema pakaian adat dari berbagai provinsi di Nusantara untuk siswa SD kelas 3 dengan rentang usia 8-9 tahun. Buku ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman siswa tentang kekayaan budaya bangsa, khususnya pakaian adat sebagai cerminan identitas dan warisan leluhur. Media pembelajaran ini dirancang untuk menarik minat belajar siswa, memberikan pengalaman pembelajaran yang interaktif, serta mendukung guru dalam menyampaikan materi secara lebih efektif melalui visualisasi. Metode penelitian yang digunakan adalah model 4D (Define, Design, Develop, Disseminate). Tahap Define melibatkan analisis kebutuhan, wawancara, dan observasi. Tahap Design mencakup perancangan media pembelajaran dan instrumen evaluasi. Tahap Develop meliputi validasi ahli, uji coba terbatas, dan revisi. Tahap Disseminate dilakukan melalui penyebaran produk ke masyarakat luas. Hasil penelitian berupa media cetak buku ilustrasi yang dilengkapi dengan flashcard, dirancang untuk memudahkan anak-anak memahami keberagaman budaya Indonesia dengan cara yang menyenangkan dan menarik.

Published

2025-08-28

How to Cite

Jannah, F. G., Aprillia, N. D., Ardilla, L., & Iklima, P. D. (2025). Developing illustrated textbooks on traditional costumes of Indonesian provinces for year 3 primary pupils. Sungging: Journal of Innovative, Cultural, Transdisciplinary Art and Kriya Discourse, 4(2). Retrieved from https://journal.uny.ac.id/index.php/sungging/article/view/80816

Citation Check