Lukisan surealis Relief Manohara: penelitian berbasis penciptaan seni

Puput Indah Dwijayanti, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Arsianti Latifah, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui karakteristik relief Manohara Candi Borobudur dan proses kreatif pelukis Subandi sebagai sumber inspirasi penciptaan karya seni lukis surealistik serta konsep dan visualisasinya. Penelitian ini merupakan penelitian Art Practice as Research. Objek penelitian ini adalah konsep, visualisasi, dan hasil penciptaan karya seni lukis berdasarkan inspirasi relief Manohara Candi Borobudur dan proses kreatif pelukis Subandi. Subjek penelitian adalah pelukis Subandi. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Pengumpulan data proses dan hasil penciptaan karya seni lukis dilakukan dengan catatan reflektif. Analisis data dilakukan dengan metode deskriptif kualitatif. Keabsahan datanya dilakukan dengan triangulasi teknik dan triangulasi teori. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) relief Manohara sebagai objek penciptaan seni lukis surealistik meliputi tokoh utama pada kisah relief, adegan cerita yang ditampilkan, objek-objek pendukung di dalam panel relief, serta latar tempat suatu adegan; 2) inspirasi proses kreatif Subandi adalah kajian seni tradisional dan kebebasan berimajinasi; 3) konsep karya seni lukis disusun dengan pencarian ide yang kemudian dikembangkan dalam sketsa, dan; 4) penciptaan karya lukis menghasilkan lukisan surealistik berjudul “Penangkapan sang Kinnari”, “Pembebasan Diri dari Istana”, dan “Pencarian Sudhana”.

Keywords


relief Manohara, pelukis Subandi, proses kreatif, penciptaan seni lukis, surealistik

Full Text:

PDF

References


Bhikkhu, A. (2019). Avadana: Tradisi sang Bodhisattwa. Ehipassiko Foundation.

Dana, I. W. (2020). Strategi Penciptaan Seni Berdasarkan Metode Among Ki Hajar Dewantara. Repository. Institut Seni Indonesia Yogyakarta.

Dewi, D. (2015). Makna Simbolik Motif dan Warna Batik Arum Dalu, Sekar Jagad Jepara, dan Sido Arum Karya Gallery Nalendra Jepara. Skripsi. Universitas Negeri Yogyakarta.

Guntur (2016). Penelitian Artistik: Sebuah Paradigma Alternatif. Repositori. Institut Seni Indonesia Surakarta.

Hidajat, H. (2018). Visualisasi Hewan pada Relief Ramayana. Jurnal Titik Imaji, 1(1), 46-53.

Lestari, D. E. dan Syafiq, M. (2017). Proses Kreatif Seniman Rupa. Jurnal Psikologi Pendidikan, 4(1), 1-16.

Maulina, L. (2022). Proses Kreatif Edial Rusli dalam Karya Fotografi Pameran Malioboro dari Imaji ke Imajinasi. Specta: Journal of Photography, Arts, and Media.

Nastiti, T. S. (2018). Re-Interpretasi Nama Candi Borobudur. Amerta, 36(1), 1-66.

Nugrahani, F. (2014). Metode Penelitian Kualitatif. Solo: Cakra Books.

Permadi, Galih Satria. (2015). Pemanfaatan Candi sebagai Sumber Belajar Sejarah. Skripsi. FKIP Universitas Jember.

Pradita, D dan Nugroho, A. (2020). Relief Candi Borobudur, Prasasti, dan Berita Asing: Visualisasi Perburuan Masa Mataram Kuno. Jurnal Sejarah, 3(2), 63-72.

Rasul. (2018). Tubuh Dialog dalam Lukisan. NARADA: Jurnal Desain & Seni, 5(2), 137-152.

Setyawan, H. dkk. (2020). Interpretasi Relief Gandawyuha di Candi Borobudur (Studi Kasus Relief Gandawyuha Dinding Lorong II). Borobudur, 14(2), 16-41.

Soehardjo, A. J. (2005). Pendidikan Seni.

Malang: Balai Kajian Seni dan Desain.

Soekmono. (1976). Chandi Borobudur. Paris: Pers UNESCO.

Sunarto, B. (2013). Metodologi Penciptaan Seni. Yogyakarta: IDEA Press.

Tim Balai Konservasi Borobudur. (2016). Selayang Pandang Candi Borobudur, Candi Mendut, dan Candi Pawon. Magelang: Balai Konservasi Borobudur.

Utami, R. N. F. dkk. (2020). Etnomatematika: Eksplorasi Candi Borobudur. JP3M, 6(1), 13-26.

Wicaksono, S. H. (2017). Eksotika Lee Man Fong: Sebuah Kolaborasi Apik Seni Rupa Modern dan Seni Lukis Tradisi Cina. Journal of Urban Society’s Arts, 4(2), 123-131.

Yulianto. (2016). Kajian Bentuk Seni Lukis Loro Blonyo Karya Koeboe Sarawan. Brikolase, 8(2), 112-132.

Zulianto, T. (2016). Analisis Formal Karya Lukis Bayu Wardhana. Skripsi. Universitas Negeri Yogyakarta.




DOI (PDF): https://doi.org/10.21831/sungging.v2i1.60464.g20000

Refbacks



Copyright (c) 2023 Puput Indah Dwijayanti, Arsianti Latifah, Arsianti Latifah, Arsianti Latifah, Arsianti Latifah, Arsianti Latifah, Arsianti Latifah, Arsianti Latifah, Arsianti Latifah


Creative Commons License
Jurnal Sungging is published by Fakultas Bahasa, Seni, dan Budaya Universitas Negeri Yogyakarta. It is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. Based on a work at https://journal.uny.ac.id/index.php/sungging

 

Our Journal has been Indexed by: 

 
 

Supervised by: