Mengembangkan ekpresi jiwa anak dengan berseni
DOI:
https://doi.org/10.21831/sungging.v1i1.57555Keywords:
seni, kreativitas, ekspresiAbstract
Tujuan penulisan artikel ini adalah untuk mengetahui pentingnya aktivitas berseni lewat menggambar dan mewarnai sebagai bentuk dari pengembangan ekspresi jiwa anak serta wujud dari pengembangan kreativitas anak dalam pendidikan seni. Kegiatan berseni baik dilakukan sejak dini karena pada usia dini anak memiliki tingkat kreativitas dan rasa keingintahuan yang tinggi. Pada pendidikan seni di TK dapat dilakukan mulai dengan hal yang identik disukai oleh anak-anak yaitu menggambar dan mewarnai sebagai wujud ekpresi jiwa anak yang dituangkan dama berbagai warna dan coretan garis ke dalam kertas. Dalam penelitian diketahui bahwa dengan memadukan kegiatan bermain dan belajar lewat berseni dapat melatih anak untuk menuangkan ekspresi dan ide kreatif lewat arahan pendidik untuk membantu mengarahkan kreativitas anak agar kebih terstruktur. Penelitian ini tergolong ke dalam penelitian deskriptif kualitatif yang dilakukan melalui observasi dan dokumentasi di TK ABA Perumnas.References
Hendri, Z. & Wulandari, D. (2022). Seni Rupa Anak & Pembinaannya Perspektif Wacana Kreativitas dan Pedagogi Kreatif. Yogyakarta: Cantrik Pustaka.
Spada UNS. (2021). Teori Kreativitas Torrance. Diakses pada Minggu
Desember 2022 dari https://spada.uns.ac.id/mod/assign/view.php?id=163656
Ukar, D. S., Taib, B., & Alhadad, B. (2021). Analisis Kreativitas Menggambar Anak Melalui Kegiatan Menggambar. Jurnal Ilmiah Cahaya PAUD, 3(1)
Huliyah, M. (2016). Pengembangan Daya Seni Pada Anak Usia Dini. As-Sibyan: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(02), 149-16
Downloads
Published
2022-06-01
How to Cite
Malika, K. N., & Pamadhi, H. (2022). Mengembangkan ekpresi jiwa anak dengan berseni. Sungging, 1(1), 79–86. https://doi.org/10.21831/sungging.v1i1.57555
Issue
Section
Articles