Mengembangkan ekpresi jiwa anak dengan berseni

Authors

  • Komala Nur Malika Universitas Negeri Yogyakarta
  • Hajar Pamadhi Universitas Negeri Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.21831/sungging.v1i1.57555

Keywords:

seni, kreativitas, ekspresi

Abstract

Tujuan penulisan artikel ini adalah untuk mengetahui pentingnya aktivitas berseni lewat menggambar dan mewarnai sebagai bentuk dari pengembangan ekspresi jiwa anak serta wujud dari pengembangan kreativitas anak dalam pendidikan seni. Kegiatan berseni baik dilakukan sejak dini karena pada usia dini anak memiliki tingkat kreativitas dan rasa keingintahuan yang tinggi. Pada pendidikan seni di TK dapat dilakukan mulai dengan hal yang identik disukai oleh anak-anak yaitu menggambar dan mewarnai sebagai wujud ekpresi jiwa anak yang dituangkan dama berbagai warna dan coretan garis ke dalam kertas. Dalam penelitian diketahui bahwa dengan memadukan kegiatan bermain dan belajar lewat berseni dapat melatih anak untuk menuangkan ekspresi dan ide kreatif lewat arahan pendidik untuk membantu mengarahkan kreativitas anak agar kebih terstruktur. Penelitian ini tergolong ke dalam penelitian deskriptif kualitatif yang dilakukan melalui observasi dan dokumentasi di TK ABA Perumnas.

References

Hendri, Z. & Wulandari, D. (2022). Seni Rupa Anak & Pembinaannya Perspektif Wacana Kreativitas dan Pedagogi Kreatif. Yogyakarta: Cantrik Pustaka.

Spada UNS. (2021). Teori Kreativitas Torrance. Diakses pada Minggu

Desember 2022 dari https://spada.uns.ac.id/mod/assign/view.php?id=163656

Ukar, D. S., Taib, B., & Alhadad, B. (2021). Analisis Kreativitas Menggambar Anak Melalui Kegiatan Menggambar. Jurnal Ilmiah Cahaya PAUD, 3(1)

Huliyah, M. (2016). Pengembangan Daya Seni Pada Anak Usia Dini. As-Sibyan: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(02), 149-16

Downloads

Published

2022-06-01

How to Cite

Malika, K. N., & Pamadhi, H. (2022). Mengembangkan ekpresi jiwa anak dengan berseni. Sungging, 1(1), 79–86. https://doi.org/10.21831/sungging.v1i1.57555