Pengaruh Model Nested dan Webbed Terhadap Hasil Belajar IPS Terpadu SMP

Authors

  • SEPTI KUNTARI
  • MUHSINATUN SIASAH MASRURI

DOI:

https://doi.org/10.21831/socia.v13i1.9905

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar IPS siswa yang menggunakan model pembelajaran nested dan model pembelajaran webbed. Penelitian eksperimen menggunakan  desain Randomized Posttest-Only Control Group Design. Teknik pengambilan sampel menggunakan multistage random sampling. Validasi instrumen dilakukan dengan validasi logis (expert judgement) dan validasi empiris melalui ujicoba untuk mengukur daya pembeda soal dengan taraf signifikansi 0,05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: rata-rata hasil belajar dengan menggunakan model nested dan dengan menggunakan model webbed dengan nilai t sebesar  0,314 > 0,05, artinya  tidak ada perbedaan yang signifikan. Dengan demikian hasil belajar dengan model nested maupun model webbed tidak berbeda secara signifikan.

Kata Kunci : Pengaruh, Model Nested, Model Webbed

 

Downloads

Published

2016-06-30

How to Cite

KUNTARI, S., & SIASAH MASRURI, M. (2016). Pengaruh Model Nested dan Webbed Terhadap Hasil Belajar IPS Terpadu SMP. SOCIA: Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial, 13(1). https://doi.org/10.21831/socia.v13i1.9905