Pengembangan modul matematika dengan model pembelajaran berbasis masalah untuk siswa kelas VII SMP

Anjas Setyadi, Abdul Aziz Saefudin

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses pengembangan dan mengasilkan modul matematika dengan model pembelajaran berbasis masalah untuk siswa kelas VII SMP pada materi segiempat, serta mendeskripsikan kualitas modul matematika ditinjau dari kualitas kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang mengacu pada model pengembangan ADDIE dengan tahapan Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Subjek uji coba penelitian adalah siswa kelas VII A SMP Negeri 2 Pajangan, Bantul. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini berupa observasi, angket, dan tes. Observasi dilakukan untuk mengamati keterlaksanaan pembelajaran. Angket digunakan untuk mengetahui penilaian ahli dan respon siswa, sedangkan soal tes digunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa setelah menggunakan modul yang dikembangkan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) kevalidan modul berdasarkan rata-rata penilaian dosen ahli materi adalah 3,36 termasuk kriteria baik dan rata-rata penilaian guru ahli materi adalah 2,88 termasuk kriteria baik sedangkan berdasarkan rata-rata penilaian ahli media adalah 3,08 termasuk kriteria baik, (2) kepraktisan modul berdasarkan rata-rata hasil respon siswa adalah 3,12 termasuk kriteria baik dan rata-rata persentase hasil observasi keterlaksanaan pembelajaran adalah 89,78% termasuk kriteria sangat baik, (3) keefektifan modul berdasarkan tes hasil belajar siswa dengan persentase ketuntasan mencapai KKM adalah 73,33% termasuk kriteria baik.

 

Development of Mathematics Module with Problem Based-Learning Model for 7th Grade of Junior High School Students

Abstract

This research aimed to describe the process of development and to produce mathematics module with problem-based learning model for 7th grade of junior high school students in rectangular material and describe the quality of the mathematics module in terms of the quality of validity, practicality, and effectiveness. This research was development research that referred to the model of ADDIE development with the stages of Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation. The subject of the research involved the students of the 7th grade of SMP Negeri 2 Pajangan, Bantul, Indonesia. The technique data collection used in this research was observation, questionnaire, and test. The observation was used to observing the implementation of learning. The questionnaire was used to know the expert assessment results and student response, while the test questions were used to asses student learning outcomes after using the module. The results showed that (1) validity of module based on the average assessment material experts was 3,36 including good criteria and the average assessment of teachers was 2,88 including good criteria while based on the average assessment of media experts was 3,08 including good criteria, (2) practicality of module based on the average of student response result was 3,12 including good criteria and average of percentage observation result of learning activity was 89,78% including very good criteria, (3) effectiveness of module based on the test student learning outcomes with the percentage of completeness reached the Minimum Completeness Criteria was 73.33% including good criteria.

Keywords


pengembangan; modul matematika; pembelajaran berbasis masalah; segiempat; development; mathematics module; problem-based learning; rectangular

Full Text:

DOWNLOAD PDF

References


Apino, E., & Retnawati, H. (2017). Developing instructional design to improve mathematical higher order thinking skills of students. Journal of Physics: Conference Series, 812(1). 1-7. doi:https://doi.org/10.1088/1742-6596/812/1/012100

Arends, R. I. (2007). Lerning to teach. New York: Mc Graw Hill Companies.

Arikunto, S. (2013). Dasar-dasar evaluasi pendidikan. Jakarta: Bumi Askara.

Bukhori, B. (2018). Pengembangan perangkat pembelajaran dengan pendekatan PBL berorientasi pada penalaran matematis dan rasa ingin tahu. Pythagoras: Jurnal Pendidikan Matematika, 13(2), 133-147. doi:https://doi.org/10.21831/pg.v13i2.21169

Cahyono, A. E. Y. (2017). Pengembangan perangkat pembelajaran dengan model PBL berorientasi pada kemampuan berpikir kreatif dan inisiatif siswa. Pythagoras: Jurnal Pendidikan Matematika, 12(1), 1-11. doi:https://doi.org/10.21831/pg.v12i1.14052

Csíkos, C., Szitányi, J., & Kelemen, R. (2011). The effects of using drawings in developing young children’s mathematical word problem solving: A design experiment with third-grade Hungarian students. Educational Studies in Mathematics, 81(1), 47-65. doi:https://doi.org/10.1007/s10649-011-9360-z

Depdiknas. (2008). Panduan pengembangan bahan ajar. Jakarta: Author.

Firdaus, F., Kailani, I., Bakar, M. N. B., & Bakry, B. (2015). Developing critical thinking skills of students in mathematics learning. Journal of Education and Learning (EduLearn), 9(3), 226-236. doi:http://dx.doi.org/10.11591/edulearn.v9i3.1830

Fitrianawati, M., & Hartono, H. (2016). Perbandingan keefektifan PBL berseting TGT dan GI ditinjau dari prestasi belajar, kemampuan berpikir kreatif dan toleransi. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 3(1), 55-65. doi:https://doi.org/10.21831/jrpm.v3i1.9684

Gazali, R. (2016). Pengembangan bahan ajar matematika untuk siswa SMP berdasarkan teori belajar Ausubel. Pythagoras: Jurnal Pendidikan Matematika, 11(2), 182-192. doi:https://doi.org/10.21831/pg.v11i2.10644

Hmelo-Silver, C. E. (2004). Problem-based learning: What and how do students learn. Educational Psychology Review, 16(3), 235-266. doi:https://doi.org/10.1023/B:EDPR.0000034022.16470.f3

Jailani, J., Sugiman, S., & Apino, E. (2017). Implementing the problem-based learning in order to improve the students’ HOTS and characters. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 4(2), 247-259. doi:https://doi.org/10.21831/jrpm.v4i2.17674

Masitoh, L. F., & Hartono, H. (2017). Pengembangan perangkat pembelajaran matematika dengan pendekatan PBL berorientasi pada kemampuan berpikir kreatif dan self-efficacy. Pythagoras: Jurnal Pendidikan Matematika, 12(2), 220-230. doi:https://doi.org/10.21831/pg.v12i2.15769

Mulyatiningsih, E. (2012). Riset terapan bidang pendidikan dan teknik. Yogyakarta: UNY Press.

NCTM. (2000). Principles and standards for school mathematics. Reston, VA: Author

Özreçberoğlu, N., & Çağanağa, C. K. (2017). Making it count: Strategies for improving problem-solving skills in mathematics for students and teachers’ classroom management. EURASIA Journal of Mathematics, Science and Technology Education, 14(4), 1253-1261. doi:https://doi.org/10.29333/ejmste/82536

Pajares, M. F. (1992). Teachers’ beliefs and educational research: Cleaning up a messy consruct. Review of Educational Research, 62(3), 307-332. doi:https://doi.org/10.3102/00346543062003307

Pangesti, F, T. P., & Retnowati, E. (2017). Pengembangan bahan ajar geometri SMP berbasis cognitive load theory berorientasi pada prestasi belajar siswa. Pythagoras: Jurnal Pendidikan Matematika, 12(1), 33-46. doi:https://doi.org/10.21831/pg.v12i1.14055

Pratama, D. (2016). Pengembangan modul matematika untuk pembelajaran berbasis masalah (problem based learning) pada materi pokok himpunan kelas VII SMP (Skripsi tidak diterbitkan, Universitas Sebelas Maret, Surakarta)

Putra, S. R. (2013). Desain belajar mengajar kreatif berbasis sains. Yogyakarta: DIVA Press.

Riadi, A., & Retnawati, H. (2014). Pengembangan perangkat pembelajaran untuk meningkatkan HOTS pada kompetensi bangun ruang sisi datar. Pythagoras: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(2), 126-135. doi:https://doi.org/10.21831/pg.v9i2.9074

Rochmad, R. (2012). Desain model pengembangan perangkat pembelajaran matematika. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 3(1), 59-72. doi:https://doi.org/10.15294/kreano.v3i1.2613

Rusman, R. (2014). Model-model pembelajaran mengembangkan profesionalisme guru. Jakarta: Rajawali Pers.

Rhosyida, N., & Jailani, J. (2014). Pengembangan modul matematika smk bidang seni, kerajinan, dan pariwisata berbasis open-ended problem sebagai implementasi KTSP. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 1(1), 35-47. doi:https://doi.org/10.21831/jrpm.v1i1.2662

Sanders, S. (2016). Critical and creative thinkers in mathematics classrooms. Journal of Student Engagement: Education Matters, 6(1), 19-27. Retrieved from http://ro.uow.edu.au/jseem/vol6/iss1/4

Sudijono, A. (2007). Pengantar evaluasi pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Sugiyono, S. (2015). Metode penelitian dan pengembangan research and development. Bandung: Alfabeta.

Sukiman, S. (2012). Pengembangan Media Pembelajaran. Yogyakarta: Pedagogia.

Sulistyani, N., & Retnawati, H. (2015). Pengembangan perangkat pembelajaran bangun ruang di SMP dengan pendekatan problem-based learning. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 2(2), 197 - 210. doi:https://doi.org/10.21831/jrpm.v2i2.7334

Sungur, S., & Tekkaya, C. (2006). Effects of problem-based learning and traditional instruction on self-regulated learning. The Journal of Educational Research, 99(5), 307–320. doi: https://doi.org/10.3200/JOER.-99.5.307-320

Susanto, E., & Retnawati, H. (2016). Perangkat pembelajaran matematika bercirikan PBL untuk mengembangkan HOTS siswa SMA. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 3(2), 189-197. doi:https://doi.org/10.21831/jrpm.v3i2.10631

Trisnadati, I. (2018). Komparasi pendekatan matematika realistik dengan model PBL dan PjBL ditinjau dari kemampuan interpersonal, berfikir kritis, dan prestasi belajar. Pythagoras: Jurnal Pendidikan Matematika, 13(1), 99-109. doi:https://doi.org/10.21831/pg.v13i1.21219

Tłuściak-Deliowska, A. (2017). Unity of purpose is not enough? The importance of teachers collaboration in school: Some reflections based on a case study. Journal of Modern Science, 32(1), 45-62. Retrieved from http://cejsh.icm.edu.pl/cejsh/element/bwmeta1.element.desklight-8d60ee46-d807-4edd-9adf-5bd6f25a67e9/c/45_pdfsam_kwartalnik_1_32_2017__5.05.pdf

Widoyoko, E. P. (2009). Evaluasi program pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.




DOI: https://doi.org/10.21831/pg.v14i1.16771

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


PYTHAGORAS: Jurnal Pendidikan Matematika indexed by:


Creative Commons License Pythagoras is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Based on a work at http://journal.uny.ac.id/index.php/pythagoras.

All rights reserved p-ISSN: 1978-4538 | e-ISSN: 2527-421X

Visitor Number:

View Pythagoras Stats