Psycho-educational group leaders through the homeroom approach: A systematic literature review
Downloads
Abbas, A. (2020). Efektivitas Layanan Konseling Kelompok dengan Teknik Home Room untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik Kelas VIII MTs Muhammadiyah Sukarame Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2018/2019 (Universitas Islam Negeri (UIN) Raden Intan Lampung). Universitas Islam Negeri (UIN) Raden Intan Lampung. Retrieved from http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/13709.
Asmilasih, N., Rasimin, R., Wahyuni, H., & Lubis, M. A. (2022). Upaya Meningkatkan Self-Disclosure Siswa Melalui Teknik Homeroom dalam Layanan Bimbingan Kelompok. Syifaul Qulub: Jurnal Bimbingan Dan Konseling Islam, 3(2), 70–77. https://doi.org/10.32505/SYIFAULQULUB.V3I2.5241.
Barida, M., Widyastuti, D. A., & Krisphianti, Y. D. (2023). Buku Ajar Konseling Kelompok. (July), 26. Retrieved from https://eprints.uad.ac.id/50735/.
Chen, M., & Rybak, C. (2018). Group Leadership Skills: Interpersonal Process in Group Counseling and Therapy. In SAGE Publication, Inc. (2nd ed.). United State of America: SAGE Publications Ltd. https://doi.org/10.4324/9781315169590-6.
Corey, G. (2013). Teori dan Praktik Konseling dan Psikoterapi (7th ed.). Bandung: PT Refika Aditama.
DeLucia-Wack, J. L. (2006). Leading Psychoeducational Groups for Children and Adolescents. United State of America: SAGE Publications Ltd.
Durrotunnisa, Ni Putu Lianasari, & Diah Utaminingsih. (2022). Home Room Technique Group Guidance to Improve Student's Confidence. Bisma The Journal of Counseling, 6(1), 134–144. https://doi.org/10.23887/bisma.v6i1.48043.
Edmawati, M. D. (2021). Keefektifan Teknik Homeroom Online Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Di Era Pendemi Covid-19. Empati-Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 8(1), 1–19. https://doi.org/10.26877/empati.v8i1.7551.
Erford, B. T. (2019). Group Work: Processes and Applications. In Taylor & Francis Group (2nd ed.). New York: Taylor & Francis, Inc. https://doi.org/10.4324/9781351110679-5.
Fadila Dewi Saputri, N., & Sholihuddin Zuhdi, M. (2022). Efektifitas Bimbingan Kelompok Teknik Homeroom Untuk Mengurangi Perilaku Bullying Pada Remaja. Biblio Couns : Jurnal Kajian Konseling Dan Pendidikan, 5(1), 63–77. https://doi.org/10.30596/bibliocouns.v5i1.6831.
Fiandi, A. (2023). Upaya Wali Kelas Dalam Meningkatkan Kedisiplinan Siswa ( Studi Kasus Pada MTsN 11 Agam ). Madani: Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 1(7), 661–665. https://doi.org/10.5281/zenodo.8344462.
Geroski, A. M., & Kraus, K. L. (2010). Groups in Schools: Preparing, Leading and Responding. Boston, United State of America: Pearson Education Limited.
Handayani, E. (2019). Improving Mathematics Students' Learning Motivation with the Guidelines Method of Household Engineering Techniques in Vocational School. KOLOKIUM Jurnal Pendidikan Luar Sekolah, 7(2), 88–110. https://doi.org/10.24036/kolokium-pls.v7i2.351.
Harahap, A. C. P. (2021). Analisis Keterampilan Dasar Pemimpin Kelompok pada Mahasiswa yang Mengikuti Praktikum Prosedur Kelompok dalam Konseling. Consilium : Berkala Kajian Konseling Dan Ilmu Keagamaan, 8(2), 57. https://doi.org/10.37064/consilium.v8i2.10208.
Hartanti, J. (2022). Tinjauan Teoritis: Bimbingan Kelompok (L. M. Nindi Riandika, Ed.). Tulungagung: UD Duta Sablon: Printing & Advertising. Retrieved from https://repository.unipasby.ac.id/3932/1/BIMBINGAN KELOMPOK Dr. JAHJU HARTANTI%2C M. Psi.pdf.
Hnsa, A. U. R. (2019). Manajemen Kepemimpinan Visioner Kepala Sekolah di SMA Ma'arif NU 5 Purbolinggo Lampung Timur (Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung). Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung. Retrieved from http://repository.radenintan.ac.id/cgi/users/home?screen=EPrint::Edit&eprintid=7626&stage=core#t.
Huda, N. (2023). Pengaruh Layanan Konseling Kelompok Dengan Teknik Home Room Dalam Mengatasi Masalah Religiusitas Siswa Kelas X MA Raudlatut Tholibin Sidomulyo Jekulo Kudus (Institut Agama Islam Negeri Kudus). Institut Agama Islam Negeri Kudus. Retrieved from http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/10529%0Ahttp://repository.iainkudus.ac.id/10529/5/5. BAB II.pdf.
Kuswantoro, K., Sugiharto, D. Y. P., & Purwanto, E. (2020). Efektivitas Bimbingan Kelompok Teknik Homeroom Untuk Meningkatkan Efikasi Akademik Siswa Smp Muhammadiyah Gebang Cirebon. Jurnal Fokus Konseling, 6(2), 102–107. https://doi.org/10.52657/jfk.v6i2.1239.
Lailiyah, S., Faqih, N., & Rahayu, S. (2019). Penerapan Layanan Bimbingan Kelompok Teknik Homeroom Untuk Meningkatkan Pemahaman Bahaya Seks Bebas. Educazione, 7(1), 36–44. Retrieved from https://ejurnal.uij.ac.id/index.php/EDU/article/view/937.
Muslihati, M., Hotifah, Y., Hidayat, W. N., Sobri, A. Y., Valdez, A. V., Ilmi, A. M., & Saputra, N. M. A. (2023). How to Prevent Student Mental Health Problems in Metaverse Era? Jurnal Kajian Bimbingan Dan Konseling, 8(1), 33–46. https://doi.org/10.17977/um001v8i12023p33-46.
Mustika, D., Ridhani, A. R., & Farial, F. (2020). Model Layanan Klasikal Teknik Home Room Berbasis Onlien Mengurangi Fomo Menggunakan Media Sosial. Jurnal Consulenza : Jurnal Bimbingan Konseling Dan Psikologi, 3(2), 47–57. https://doi.org/10.36835/jcbkp.v3i2.823.
Nastiti, A. P., & Gumilang, G. S. (2023). Profil Teknik Homeroom Sebagai Strategi Jitu dalam Bimbingan Kelompok. Seminar Nasional Pendidikan Dan Pembelajaran Ke-6. Retrieved from https://proceeding.unpkediri.ac.id/index.php/semdikjar/article/view/3734.
Noble, L. A., Firth, N., Delgadillo, J., & Kellett, S. (2021). An investigation of the competencies involved in the facilitation of CBT-based group psychoeducational interventions. Behavioural and Cognitive Psychotherapy, 49(6), 732–744. https://doi.org/10.1017/S1352465821000084.
Nuha, M. S., Hidayah, N., & Wahyuni, F. (2024). Model Pelatihan Peer-Counseling Pada Mahasiswa: Tinjauan Literatur Sistematis. G-COUNS: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 8(2). https://doi.org/10.31316/gcouns.v8i2.5695.
Nurhayati, N., Rasimin, R., & Yusra, A. (2022). Persepsi Siswa Terhadap Karakteristik Guru BK Sebagai Pemimpin dalam Konseling Kelompok. Consilium : Berkala Kajian Konseling Dan Ilmu Keagamaan, 9(1), 26. https://doi.org/10.37064/consilium.v9i1.11520.
Ohrt, J. H., Robinson, E. H. M., & Hagedorn, W. B. (2013). Group Leader Development: Effects of Personal Growth and Psychoeducational Groups. The Journal for Specialists in Group Work, 38(1), 30–51. https://doi.org/10.1080/01933922.2012.732982.
Pratika, D. F., & Asni, A. (2023). Efektifitas Bimbingan Kelompok dengan Teknik Homeroom Untuk Meningkatkan Interaksi Sosial Peserta Didik SMPN 231 Jakarta. Research and Development Journal of Education, 9(2), 11–17. Retrieved from https://journal.lppmunindra.ac.id/index.php/RDJE/article/view/19490.
Putriani, L., Neviyarni, N., & Netrawati, N. (2021). Konselor Dalam Bimbingan Dan Konseling Kelompok Dengan Expressive Arts Therapy. Counseling AS SYAMIL: Jurnal Ilmiah Bimbingan Konseling Islam, 1(2), 29–37. https://doi.org/10.24260/as-syamil.v1i2.480.
Rahmania, L., Kasih, F., & Kardo, R. (2021). Model Bimbingan Kelompok dengan Menggunakan Metode Home Room dalam Meningkatkan Kedisiplinan Peserta Didik. JAMBURA Guidance and Counseling Journal, 2(2), 101–107. https://doi.org/10.37411/jgcj.v2i2.924.
Rasyadi, A. F., Muslihati, M., & Rahman, D. H. (2022). Model Layanan Informasi Karir. International Virtual Conference on Islamic Guidance and Counseling, 2(1), 135–150. https://doi.org/10.18326/iciegc.v2i1.366.
Rohmaniah, N., Santosa, H., & Sumiyem, S. (2022). Upaya Meningkatkan Kemandirian Belajar Melalui Bimbingan Kelompok Teknik Home Room Pada Siswa Kelas Vii Di Smp Negeri 1 Boja. Jurnal Konseling Pendidikan Islam, 3(2), 339–349. https://doi.org/10.32806/jkpi.v3i2.150.
Sanyata, S. (2010). Teknik dan Strategi Konseling Kelompok. Jurnal Paradigma, V(09), 105–120. Retrieved from https://journal.uny.ac.id/index.php/paradigma/article/view/5918.
Sapruddin, S. (2023). Meningkatkan Pemahaman Siswa pada Topik Menyontek, Penyebab, dan Solusinya Melalui Bimbingan Klasikal dengan Metode Diskusi Kelompok Homeroom Di SMA Negeri 1 Madapangga Kelas XI IPA-1 Semester 2 Tahun Pelajaran 2021/2021. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Indonesia (JPPI), 3(1), 26–39. https://doi.org/10.53299/jppi.v3i1.282.
Satria, M. (2021). Efektivitas Layanan Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Homeroom Dalam Meningkatkan Kemandirian Belajar Di Smpn 12 Bandar Lampung. Skripsi, 1–39. Retrieved from http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/16178.
Simbolon, J. (2020). Penerapan Metode Layanan Bimbingan Kelompok Untuk Meningkatkan Disiplin Belajar Siswa. Jurnal Teknologi Pendidikan (JTP), 13(1), 77. https://doi.org/10.24114/jtp.v13i1.18002.
Triatmojo, M. O., Hidayati, A., & Faris, Z. (2023). Efektivitas Layanan Bimbingan Kelompok Teknik Home Room untuk Meningkatkan Kemampuan Bijak Bermedia Sosial pada Siswa Kelas XI F SMA N 3 Surakarta. Al-Isyrof: Jurnal Bimbingan Konseling Islam, 5(2), 192–201. https://doi.org/10.51339/isyrof.v5i2.1435
![]() | ProGCouns: Professional Guidance and Counseling Journal is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. |