BUKU AJAR BAHASA INDONESIA BERBASIS JENDER SEBAGAI MEDIA PENGEMBANGAN KARAKTER SISWA
DOI:
https://doi.org/10.21831/ltr.v14i2.7207Abstract
AbstrakPenelitian pengembangan ini bertujuan menghasilkan buku ajar bahasa Indonesia
berbasis jender yang difokuskan pada: (1) karakter yang dikembangkan dalam buku
ajar bahasa Indonesia berbasis jender, (2) materi pembelajaran bahasa Indonesia berbasis
jender, dan (3) struktur buku ajar bahasa Indonesia berbasis jender. Rancangan penelitian
menggunakan model Dick, Carey, dan Carey yang dimodifikasi berdasarkan keperluan
pengembangan. Hasil penelitian sebagai berikut. Pertama, karakter yang dikembangkan
dalam buku ajar bahasa Indonesia berbasis jender adalah siswa yang mampu mengakses,
berpartisipasi, mengontrol, memanfaatkan praktik kehidupan tanpa membedakan jenis
kelamin. Kedua, materi pembelajaran
bahasa Indonesia berbasis jender dikembangkan
sesuai dengan nilai-nilai jender dan nilai-nilai matapelajaran bahasa Indonesia. Ketiga,
struktur buku ajar bahasa Indonesia berbasis jender harus memperhatikan: (1) struktur
tampilan, (2) struktur bahasa, (3) keterpahaman,
(4) struktur stimulan, (5) struktur teks
(keterbacaan), dan (6) struktur materi instruksional.
Kata kunci: buku ajar, berbasis jender, karakter, materi pembelajaran
Downloads
How to Cite
Wahyuni, L., Sumarti, E., & Rokhyanto, R. (2015). BUKU AJAR BAHASA INDONESIA BERBASIS JENDER SEBAGAI MEDIA PENGEMBANGAN KARAKTER SISWA. LITERA, 14(2). https://doi.org/10.21831/ltr.v14i2.7207
Issue
Section
Articles
License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.