IMPLEMENTASI TEACHING FACTORY KOMPETENSI KEAHLIAN TEKNIK DAN BISNIS SEPEDA MOTOR DI SMK MA'ARIF 1 WATES

Authors

  • Nurdwi Marga Putra Universitas Negeri Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.21831/jpvo.v4i1.46153

Keywords:

Teaching Factory, Perencanaan, Pengorganisasian

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) perencanaan (2) pengorganisasian (3) pelaksanaan  (4) pengawasan teaching factory pada kompetensi keahlian teknik dan bisnis sepeda motor di SMK Ma'arif 1 Wates. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Subyek dalam penelitian adalah guru pengelola, karyawan bengkel teaching factory kompetensi keahlian teknik dan bisnis sepeda motor di SMK Ma'arif 1 Wates dan peserta didik kelas XI dan XII kompetensi keahlian teknik dan bisnis sepeda motor SMK Ma'arif 1 Wates, instrumen penelitian yang digunakan adalah; (1) angket, (2) wawancara dan (3) observasi menggunakan teknik analysis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan pengawasan telah sesuai dengan konsep teaching factory kompetensi keahlian teknik dan bisnis sepeda motor di SMK Ma'arif 1 Wates telah dilaksanakan dengan baik, namun belum maksimal. 65% peserta didik telah dilibatkan pada pengorganisasian dan pelaksanaan, sedangkan untuk merencanakan, mengorganisasi dan evaluasi 100% dilakukan oleh pengurus dan tim pengelola unit teaching factory kompetensi keahlian teknik dan bisnis sepeda motor di SMK Ma'arif 1 Wates.

 

Downloads

Published

2022-03-12

How to Cite

Putra, N. M. (2022). IMPLEMENTASI TEACHING FACTORY KOMPETENSI KEAHLIAN TEKNIK DAN BISNIS SEPEDA MOTOR DI SMK MA’ARIF 1 WATES. Jurnal Pendidikan Vokasi Otomotif, 4(1), 57–68. https://doi.org/10.21831/jpvo.v4i1.46153

Issue

Section

Articles